10 Point Guard Terbaik di Kompetisi NBA Musim 2019/2020

Nama-nama bintang muda pada gelaran NBA musim 2019/2020 cukup menarik perhatian dan banyak menjadi topik perbincangan. Sebut saja Trae Young, Collin Sexton, Luka Doncic, dan yang terbaru Ja Morant. Mereka semua mengisi jajaran line up di posisi point guard.

Point guard memegang peran penting untuk keseimbangan permainan tim. Tanpa kehadiran point guard yang mampu mengiringi tempo permainan, mustahil sebuah tim basket bisa mendapat hasil akhir yang memuaskan.

Kira-kira siapa saja point guard terbaik di NBA saat ini? Seperti dilansir dari firmanwinardi.com, berikut Gotomalls rangkum daftar 10 point guard terbaik:

Stephen Curry

article image

Image source: bleacherreport.com

Jika dilihat berdasarkan laporan statistik performa dan riwayat profesional, Stephen Curry layak dikategorikan sebagai salah satu point guard terbaik sepanjang masa. Kehadiran pemain legendaris ini sangat menguntungkan bagi Golden State Warriors. Steph juga merupakan salah satu top scorer terbaik di nomor 1 basketball court. Secara efisiensi dan true shooting, Steph memiliki keunggulan dibandingkan top scorer lainnya.

Damian Lillard

article image

Image source: vegnews.com

Damian Lillard layak menempati urutan ke-2 dalam daftar ini. Ia termasuk salah satu pemain paling underrated dalam kompetisi NBA. Lillard memegang peran penting sebagai jenderal lapangan Portland Trail Blazers. Kepiawaiannya dalam menyeimbangkan serangan sudah tak perlu diragukan lagi, ditambah Lillard juga merupakan pencetak poin paling produktif di Trail Blazers. Rata-rata ia mencetak 25 hingga 40 poin dalam setiap pertandingan.

Russel Westbrook

article image

Image source: fullsports.info

Urutan ke-3 ditempati oleh Russel Westbrook, salah satu point guard dengan skillset dan kualitas fisik terbaik di kompetisi NBA. Westbrook adalah point guard dengan skill assist terbaik dan paling diakui oleh sebagian besar penggemar NBA. Selain itu, Westbrook juga merupakan satu-satunya point guard yang bisa mengoleksi triple-double musiman sebanyak tiga kali berturut-turut sejak musim 2016-2017 hingga 2018-2019.

Kyrie Irving

article image

Image source: basketball.realgm.com

Kepiawaian Irving sebagai point guard sangat tersohor semenjak masih berduet dengan Lebron James di Cleveland Cavaliers. Meski sudah hijrah ke Celtics selama dua musim dan kini menetap di Brooklyn Nets, peran Irving sebagai point guard masih termasuk salah satu yang terbaik di laga NBA.

Apalagi saat ini Irving sedang memasuki usia emas bagi seorang atlet. Irving memiliki kualitas dribble dan passing yang sangat impresif, tak heran jika ia menjadi point guard murni yang masih bertahan hingga sekarang.

Ben Simmons

article image

Image source: bleacherreport.com

Di antara point guard NBA modern yang sebagian besarnya mengandalkan skill shooting dan scoring, Ben Simmons mungkin satu-satunya point guard klasik serba guna yang masih tersisa hingga sekarang. Simmons tidak seperti kebanyakan point guard lainnya, ia memiliki kemampuan defense dalam lima posisi sekaligus. Ini tentu sangat menguntungkan bagi Philadelphia 76ers dalam memburu kemenangan di tiap pertandingan.

Chris Paul

article image

Image source: msn.com

Sebagai salah satu point guard veteran terbaik di abad ke-21, Chris Paul sudah mengumpulkan banyak sekali prestasi membanggakan, di antaranya adalah 9 All Stars, 7 “NBA All Defensive First Team”, 4 Assist leader, 6 Steal leader, dan masih banyak lagi. Chris Paul atau CP3 terkenal dengan skill defense-nya yang luar biasa agresif, padahal ukuran tubuhnya tergolong di bawah standar untuk kompetisi selevel NBA. Selain itu, CP3 memiliki kemampuan handling dan shooting yang sangat mengesankan.

D’Angelo Russell

article image

Image source: nbcsports.com

Urutan ke-7 ditempati oleh D'Angelo Russell, salah satu point guard paling menjanjikan di sepanjang kompetisi NBA musim 2018/2019. DLo termasuk salah satu pemain unik dengan perpaduan gaya bermain modern dan kemampuan point guard klasik untuk tim. DLo sukses menjadi team leader yang mampu membawa angkatan muda Nets ke playoff selama musim kemarin. Walaupun kini DLo bermain untuk Golden State Warriors yang tentunya memiliki chemistry berbeda, DLo tetap menjadi salah satu point guard yang paling diperhitungkan di sepanjang musim 2019/2020 ini.

Kyle Lowry

article image

Image source: cbssports.com

Urutan ke-8 ada Kyle Lowry, salah satu jawara NBA musim 2018/2019 yang menjadi mesin penyerang Toronto Raptors. Lowry memiliki paket skill yang sangat lengkap untuk bisa diandalkan di segala lini permainan. Lowry juga termasuk salah satu pemain jenius, terutama dalam melakukan charge.

Kemba Walker

article image

Image source: liputan6.com

Walker termasuk top point guard dengan catatan statistik yang cukup mengesankan. Walker adalah leader point untuk franchise Charlotte Hornets sekaligus salah satu finisher terbaik di NBA. Walker memiliki karakter permainan yang mirip seperti Kyrie Irving, dengan skill utama pada handling ability dan mendikte permainan tim.

Trae Young

article image

Image source: mainbasket.com

Trae Young merupakan salah satu pemain yang paling menarik perhatian bagi tim-tim yang tergabung di laga NBA musim 2019/2020. Ia memiliki talenta menjanjikan untuk posisi point guard musim ini. Sepanjang rookie season kemarin, Trae Young digadang-gadang menjadi Stephen Curry selanjutnya. Skill utama bintang muda ini adalah ball handling dan finishing yang sangat estetik dan berkelas.


Itulah top 10 point guard terbaik NBA saat ini. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: razorgator.com