Inilah Tradisi dan Aturan Pemberian Angpau, Jangan Sampai Salah

Perayaan Imlek 2020 akan segera tiba. Biasanya ada tradisi yang ditunggu-tunggu saat perayaan tahun baru Cina ini, yakni pemberian angpau. Menjelang perayaan Imlek, para orang tua akan menyiapkan angpau untuk dibagikan. Mungkin tradisi ini terlihat sederhana, tetapi ternyata ada tradisi dan aturan tertentu dalam pemberian angpau. Apa saja sih yang harus diperhatikan ketika memberi dan menerima angpau? Yuk simak tradisi dan aturan angpau yang kamu perlu tahu berikut ini.

Makna Pemberian Angpau

article image

Image source: herworld.co.id

Angpau merupakan tradisi kebudayaan Tionghoa yang melambangkan semangat, kesejahteraan dan nasib baik. Pemberian angpau saat Tahun Baru Cina bermakna keberuntungan bagi umat manusia. Keberuntungan tidak hanya untuk penerima angpau, tetapi juga untuk pemberi angpau.

Angpau juga memiliki simbol kepedulian dan bentuk saling mengasihi terhadap sesama. Selain itu, pemberian angpau merupakan bentuk harapan dan doa baik untuk mengusir arwah jahat dalam satu tahun ke depan.

Di Tiongkok sendiri angpau disebut yasui qian yang berarti uang yang dapat memberangus hantu. Dengan begitu, tradisi ini dipercaya dapat mendatangkan rasa tenteram bagi penerimanya.

Siapa yang Berhak Menerima Angpau?

article image

Image source: brilio.net

Mungkin banyak yang menduga bahwa penerima angpau ditentukan dari umur. Padahal tradisi dan aturan penerima angpau tidak ditentukan berdasarkan umur, melainkan dari status hubungan.

Orang yang sudah menikah memiliki kewajiban untuk memberi angpau kepada saudara atau kerabat yang belum menikah. Orang yang belum menikah, meski sudah berusia matang sekalipun masih berhak menerima angpau. Menariknya, orang yang belum menikah juga tidak perlu memberi angpau.

Orang tua umumnya tetap memberi angpau kepada anak mereka yang sudah menikah sebagai lambang doa dan restu orang tua kepada anak. Secara lebih luas, tradisi dan aturan angpau juga bisa diberikan untuk generasi muda yang belum berpenghasilan, pegawai di kantor dan untuk anak-anak lain di sekitar kompleks perumahan.

Waktu Membagikan Angpau

article image

Image source: marketing-chine.com

Kita mungkin lebih familier dengan tradisi dan aturan angpau yang diberlakukan saat perayaan Imlek. Namun ternyata pemberian angpau tidak hanya dilakukan saat tahun baru Cina saja.

Pemberian angpau juga umum dilakukan saat hari istimewa lainnya seperti acara pernikahan, hari kelahiran bayi, hari ulang tahun seseorang yang dianggap senior dan hari wisuda. Hal ini dikarenakan pada dasarnya angpau merupakan tradisi untuk mengucapkan selamat dan berbagi keberuntungan.

Nominal Uang Angpau

article image

Image source: mommiesdaily.com

Dalam tradisi dan aturan angpau, nominal uang angpau biasanya disesuaikan dengan budget. Jumlah uang yang diberikan cenderung bebas asalkan tidak mengandung angka 4.

Angka 4 dalam bahasa Mandarin memiliki pelafalan yang sama dengan kata 'mati'. Maka dari itu angka 4 dihindari karena memiliki arti buruk dan dikaitkan dengan ke tidak beruntungan. Kamu bisa menggunakan angka 8 saat mengisi angpau yang dalam bahasa Mandarin memiliki arti keberuntungan atau kekayaan.

Etika Memberi dan Menerima Angpau

article image

Image source: grid.id

Dalam memberi dan menerima angpau ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berdasarkan tradisi dan aturan angpau, sebisa mungkin uang yang dimasukkan ke dalam amplop adalah lembaran uang baru. Lembaran uang lusuh akan mencerminkan selera yang buruk.

Kamu juga sebaiknya menghindari memasukkan uang logam ke dalam angpau karena uang logam identik dengan nilai paling kecil sehingga penerima angpau sudah bisa menerka nominalnya. Dalam tradisi dan aturan angpau, lembaran uang berjumlah genap dianggap lebih baik dibanding berjumlah ganjil.

Selain itu, kamu disarankan membedakan jenis amplop untuk pecahan uang yang berbeda. Tujuannya adalah supaya pemberi bisa membedakan amplop yang akan diberikan untuk sanak saudara, pegawai atau anak-anak. Nominal uang yang ingin kamu berikan untuk mereka tentu berbeda-beda bukan?

Nah, dalam menerima angpau pun ada tradisi dan aturannya. Saat menerima angpau, sebaiknya kamu menggunakan kedua tangan. Ucapkan kalimat terima kasih dan harapan yang baik kepada pemberi angpau. Jangan pernah membuka isi angpau di depan pemberi angpau ya!

Baca juga artikel lainnya terkait Imlek di bawah ini:

Articles

Kalimat Ucapan dalam Angpau

article image

Image source: kumparan.com

Ketika memberikan angpau, alangkah baiknya bila kamu menyisipkan kalimat yang bermakna baik. Misalnya kalimat ucapan yang berisi harapan yang baik dan keberuntungan.
Umumnya kalimat ucapan yang sering digunakan saat perayaan Imlek adalah 'Gong Xi Fa Cai' yang bermakna semoga kamu diberkahi oleh keberuntungan yang melimpah.

Mengapa Harus Amplop Merah?

article image

Image source: cosmopolitanfm.com

Ada alasan di balik amplop angpau yang biasanya berwarna merah. Bagi masyarakat Tionghoa, warna merah dinilai sarat akan keberuntungan. Selain warna merah, ternyata motif pada amplop angpau juga tidak sembarangan.

Motif amplop angpau disesuaikan dengan shio yang menaungi tahun baru Cina. Misalnya tahun 2020 merupakan tahun tikus logam, sehingga amplop angpau akan bermotif gambar tikus.

Jangan Membelanjakan Uang Angpau

article image

Image source: wolipop.detik.com

Ternyata ada tradisi dan aturan angpau kebudayaan Tionghoa yang mengatakan bahwa uang angpau Imlek sebaiknya jangan dibelanjakan. Masyarakat Tionghoa pada zaman dulu meyakini bila uang angpau Imlek dibelanjakan akan membawa kesialan bagi penerima.

Uang angpau yang kamu terima dipercaya sebagai bentuk doa dan berkah yang diberikan Dewa Cai Shen atau Dewa Uang dalam kebudayaan Tionghoa. Maka dari itu, alangkah baiknya bila uang angpau Imlek disimpan atau ditabung. Hal tersebut diyakini akan lebih mendatangkan keberuntungan bagi penerima.


Nah, itu dia tradisi dan aturan angpau yang perlu kamu ketahui sebelum memberi dan menerima angpau saat perayaan Imlek nanti. Jangan sampai keliru dalam menjalankan tradisi kebudayaan Tionghoa ini ya. Selamat menyambut tahun baru Cina. Gong Xi Fa Cai! Cek Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: id.wikipedia.org