Tradisi Imlek

Tepat pada tanggal 1 Februari 2022 lalu, seluruh masyarakat di dunia merayakan Tahun Baru China atau Imlek. Sayangnya perayaan Imlek tahun ini memang tidak bisa semeriah tahun-tahun sebelumnya lantaran pandemi Covid-19.

Namun tahukah kamu jika tradisi Imlek sebenarnya sudah dilakukan turun-temurun sejak dahulu kala. Bahkan antar daerah pun memiliki tradisi Imlek yang cukup unik.

Tradisi perayaan Tahun Baru Imlek dimaksudkan dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran pada tahun setelahnya. Tradisi tersebut biasanya berupa ibadah bersama, jamuan makan, perjamuan keluarga, menyalakan kembang api dan petasan, hingga berbagai angpao.

Lantas seperti apa ya kira-kira tradisi Imlek lainnya yang mungkin belum kamu ketahui?

1. Membersihkan Rumah

article image

Image source: greenqueen.com.hk

Seperti halnya saat Hari Raya Idul Fitri, ketika perayaan Imlek masyarakat Tionghoa akan disibukkan dengan beberes rumah. Bersih-bersih rumah biasa dilakukan sehari sebelum Imlek. Dengan membersihkan rumah mereka percaya hal ini dapat membuang segala keburukan di rumah selama setahun terakhir.

Sebaliknya saat Imlek, masyarakat Tionghoa justri pantang membersihkan rumah. Hal tersebut dipercaya dapat membuang rezeki yang akan masuk ke penghuni rumah.

2. Mendekor Rumah

article image

Image source: thatsbeijing.com

Selesai membersihkan rumah, tradisi yang biasanya juga dilakukan menjelang Imlek adalah mendekor rumah. Rumah akan dihiasi dengan berbagai pernak-pernik bernuansa Imlek biasanya dominan warna merah.

3. Sembahyang

article image

Image source: tempo.co

Untuk menghormati para leluhur, masyarakat Tionghoa juga biasa melakukan sembahyangan di klenteng jelang Imlek dan Cap Go Meh. Di sinilah mereka memiliki kesempatan yang sangat banyak untuk mendoakan arwah leluhur.

Sembahyangan ini juga bisa dilakukan di rumah tepat sebelum perayaan Imlek. Biasanya akan dilengkapi dengan persembahan makanan dan menyalakan lilin serta dupa.

4. Menyiapkan Makanan Khas Imlek

article image

Image source: istock.com

Rasanya kurang lengkap jika tidak menyiapkan makanan khasnya. Biasanya masyarakat Tionghoa akan menyajikan makanan istimewa untuk keluarga dan kerabat yang datang.

Ada pangsit, dumpling, siu mie, lumpia, sup. ikan bandeng, dan makanan laut lainnya. Selain makanan berat, ada juga jajanan seperti kue keranjang, kue mangkok, manisan, dan camilan lainnya.

Semua makanan yang disediakan memiliki arti yang dipercaya akan melimpahkan keberuntungan, kekayaan, dan kesehatan pada tahun yang baru tersebut.

5. Berkumpul Bersama Keluarga

article image

Image source: vulcantpost.com

Tradisi Imlek lain yang juga dilakukan turun-temurun di Indonesia adalah berkumpul bersama keluarga dengan balutan busana serba merah. Momen ini akan sangat berarti karena dapat mempererat tali persaudaraan.

6. Menyalakan Kembang Api

article image

Image source: chinatoday.com.cn

Kembang api dan petasan juga merupakan salah satu tradisi khas yang dilakukan saat perayaan Imlek. Suara keras yang dihasilkan petasan dan kembang api dapat menakuti Nian. Nian adalah makhluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung.

7. Berbagi Angpao

article image

Image source: thehoneycombers.com

Tradisi Imlek berbagi angpao adalah satu yang paling ditunggu-tunggu. Terutama bagi mereka yang masih single. Angpao biasanya berisi sejumlah uang yang dimasukan dalam amplop berwarna merah.

Tradisi ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah menikah dan memiliki rezeki lebih. Jadi yang belum menikah atau single dilarang memberi angpao pada sanak saudara karena dikhawatirkan pria atau wanita lajang yang memberi angpao akan kesulitan menemukan jodoh.

8. Barongsai

article image

Image source: elitetravel.com

Perayaan Imlek tidak akan lebih meriah jika tidak menampilkan pertunjukan barongsai. Atraksi barongsai menjadi sangat populer dan banyak dinanti bukan hanya masyarakat Tionghoa naun juga semua kalangan.

Menurut kepercayaan, barongsai merupakan lambang kebahagiaan yang dapat membawa keberuntungan dan mengusir roh-roh jahat.

9. Berharap Turun Hujan

article image

Image source: tribunpontianak.com

Sudah sewajarnya saat Imlek tiba, masyarakat Tionghoa berharap hujan turun. Mereka percaya ketika hujan turun maka di tahun yang baru ini mereka akan mendapatkan rezeki dan juga berkah.

Itu dia 9 tradisi Imlek yang selalu dilakukan turun temurun oleh masyarakat Tionghoa. Selamat Tahun Baru Imlek!

Malls

Articles

Fetured Image Source: www.visitmanchester.com