7 Tradisi Unik Peringatan Hari Natal di Dunia

Perayaan Natal dan tahun baru akan segera tiba dalam beberapa hari mendatang. Sebelum hari H, orang-orang di seluruh dunia akan menyibukkan diri dengan segala persiapan yang dibutuhkan. Tak lupa menghubungi sanak saudara untuk merayakan Natal bersama-sama.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memeriahkan hari Natal, tidak hanya berkumpul di dalam ruangan untuk sekadar makan-makan atau bertukar hadiah.

Seperti yang dilakukan orang-orang dari 7 negara ini misalnya, mereka memiliki tradisi perayaan Natal yang cukup unik. Mulai dari melompati api unggun hingga menyembunyikan sapu agar nenek sihir tidak berkeliaran!

1. Dongeng Kelahiran Yesus dan Melompati Api Unggun

article image

Image source: stepfeed.com

Umat Kristiani di Irak mempunyai tradisi perayaan Natal yang beda dari yang lain. Ketika malam Natal tiba, orang-orang akan berkumpul untuk mendengar dongeng kelahiran Yesus sambil bergandengan tangan dan menyalakan lilin. Mereka berdiri mengelilingi api unggun hingga padam menjadi abu. Selanjutnya, orang-orang akan melompatinya sebanyak tiga kali dan mengutarakan harapan masing-masing.

2. Ornamen Sarang Laba-Laba

article image

Image source: metro.co.uk

Ornamen pohon Natal umumnya terdiri dari pita, bola gantung warna-warni, lampu hias, dan sebuah pucuk berbentuk bintang. Lain halnya dengan masyarakat Ukraina, mereka selalu menambahkan satu ornamen khusus berupa sarang laba-laba.

Tradisi ini bermula dari legenda setempat tentang seorang janda miskin yang tidak mampu menghias pohon natalnya, dan ia hanya bisa memanfaatkan sarang laba-laba sebagai hiasan. Keesokan harinya, sarang tersebut ternyata berubah menjadi emas dengan kilau keperakan.

3. Mummering, Menyamar Dengan Topeng Kain

article image

Image source: pinterest.com

Perayaan hari Natal di Kanada hampir mirip seperti Halloween, di mana orang-orang akan pergi berkeliling memakai topeng kain berwarna putih untuk menghampiri rumah-rumah tetangga. Kemudian, si tuan rumah akan menebak siapa yang sedang menyamar dibalik topeng tersebut. Jika jawabannya benar, si tuan rumah berhak mendapat traktir makan dan minum dari si penyamar. Tradisi ini disebut Mummering.

4. Pohon Pisang dan Pohon Mangga di Hari Natal

article image

Image source: godworld.com

Setidaknya ada delapan jenis pohon yang umum digunakan sebagai pohon Natal, yaitu cemara douglas fir, pinus putih, white spruce/cemara putih, fraser fir, leyland cypress, Colorado clue spruce, Coloradi blue spruce, concolor fir, dan pinus scotch. Lain halnya dengan umat Kristiani di India, mereka justru menggunakan pohon pisang atau pohon mangga.

5. Puasa di Hari Natal

article image

Image source: merrychristmas.wiki

Siapa bilang kalau tradisi puasa hanya terdapat dalam budaya Islam atau Hindu-Buddha? Ternyata, umat Kristiani di Rusia juga memiliki kebiasaan berpuasa. Sebagian orang tidak akan makan atau minum apa pun selama perayaan Natal hingga bintang pertama muncul di langit.

Jika bintang sudah tampak, mereka disuguhi sochivo atau kutia, bubur yang terbuat dari gandum atau beras yang dihidangkan bersama madu, biji opium, beri dan buah-buahan kering, serta rajangan kenari.

Baca juga artikel tentang natal lainnya di bawah ini:

Articles

6. Sepatu Berisi Hadiah

article image

Image source: gapyear.com

Jerman juga memiliki satu tradisi unik ketika perayaan Natal, yaitu sepatu yang berisi aneka hadiah untuk anak-anak. Sehari sebelum perayaan Natal tiba, anak-anak di Jerman akan meletakkan sepatu mereka di depan pintu rumah, dengan harapan sang malaikat yang mereka sebut ‘Christkind’ akan berbaik hati membagikan hadiahnya. Esoknya, sepatu-sepatu mungil tersebut akan dipenuhi aneka kudapan manis seperti cokelat, permen, dll.

7. Menyembunyikan Sapu

article image

Image source: acis.com

Di Norwegia terdapat suatu mitos yang menyebutkan bahwa hari Natal bertepatan dengan kedatangan roh-roh jahat dan penyihir. Untuk mengantisipasi hal tersebut, orang-orang akan menyembunyikan semua sapu yang ada di rumah mereka sebelum pergi tidur.

Tradisi lain yang cukup populer di Norwegia ketika Natal tiba adalah Julebukking, di mana orang-orang akan mengenakan topeng dan kostum untuk berkeliling ke rumah-rumah tetangga lalu meminta jamuan Natal. Jika si tuan rumah berhasil menebak identitas orang dibalik topeng, mereka akan pergi ke rumah berikutnya.


Itulah 7 tradisi natal paling unik di seluruh dunia, jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan info-info menarik seputar gaya hidup dan hiburan lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar dengan berbagai promo, diskon, dan informasi event di berbagai pusat perbelanjaan terkemuka di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: argos.co.uk