Tradisi Valentine

Hari Valentine dirayakan sebagai hari kasih sayang. Peringatan biasanya diperingati setiap tanggal 14 Februari. Kamu pernah merayakan enggak?

Umumnya pada hari spesial ini, seorang akan memberi hadiah pada pasangan atau orang yang spesial. Misalkan dengan memberinya coklat, bunga atau kado lainnya.

Nah tahukah kamu jika ada perayaan unik di Hari Valentine seperti yang dilakukan pada beberapa negara ini.

1. Korea Selatan

article image

Image source: kompas.com

Masyarakat Korea Selatan merayakan Hari Valentine setiap tanggal 14 pada setiap bulan dalam setahun, namun bulan Februari dan Maret adalah perayaan terbesar dan termewah nya. Pada hari tersebut banyak wanita lajang yang akan memberikan coklat pada pria. Alih-alih langsung mendapatkan balasan, pria biasanya akan memberikan coklat pada bulan berikutnya (14 Maret).

Lalu sebulan kemudian ada Black Day untuk para lajang. Mereka yang tidak mendapatkan balasan coklat dari pria akan berkumpul dan makan jajangmyeon atau mie hitam bersama teman lajangnya.

2. Norwegia

article image

Image source: littlescandinavia.com

Hari Valentine di Norwegia cukup berbeda. Para pengagum rahasia akan mengirimkan sepucuk surat berisi puisi. Tanpa nama dan tanpa alamat. Mereka hanya akan meninggalkan inisial di pucuk surat.

Jika penerima berhasil menebak siapa pengirim suratnya, mereka akan mendapatkan telur pada perayaan Paskah berikutnya. Namun jika sang wanita gagal, maka pria tersebut akan memberitahu identitasnya. Sebagai ganti, si wanita harus memberinya telur.

3. Estonia

article image

Image source: identity-mag.com

Di Estonia Hari Valentine dikenal dengan sebutan Sōbrapäev yang artinya Hari Persahabatan. Pada hari tersebut orang-orang akan berkumpul dan saling bertukar kartu dan hadiah di antara teman-teman lainnya.

4. Wales

article image

Image source: newsfeed.com

Kalau kita merayakan pada 14 Februari, di Wales agak lebih maju yakni pada 25 Januari. Masyarakat Wales biasanya akan merayakan hari kasih sayang ini dengan memberikan sendok cinta.

Sendok adalah tradisi kuno, di mana pria Wales akan dengan hati-hati mengukir sendok cinta dan menyajikannya untuk wanita yang mereka suka. Biasanya desain yang mereka buat bersifat lebih simbolis dan tersembunyi.

5. Perancis

article image

Image source: afrenchcollection.com

Para lajang di Perancis merayakan hari Valentine dengan memanggil para lajang lain yang tinggal di seberang jalan. Mereka saling memanggil sampa mendapatkan pasangan.

Apabila pria tidak menyukai pasangannya, mereka bisa meninggalkan wanita itu untuk menelepon pria lain. Perayaan unik ini disebut une loterie d'amour, tradisi ini membuat wanita tak tertandingi.

Namun menurut aturan tradisi, saat perayaan hari kasih sayang mereka bisa juga menyambutnya dengan berkumpul dan menyalakan api unggun serta saling melempar foto dan barang milik orang yang menolaknya. Sayang acara ini telah dilarang oleh pemerintah.

6. Slovenia

article image

Image source: fnp.com

Pada Hari Valentine di Slovenia bertepatan dengan awal perayaan musim semi. Ketika bunga-bunga mulai bermekaran dan burung-burung berkicau, para wanita didorong untuk pergi ke luar dan melihat ke langit untuk mencari jawaban.

Burung pertama yang mereka lihat akan memberi tahu akan seperti apa calon suami mereka nantinya.

7. Irak

article image

Image source: newsfeed.com

Perayaan Hari Valentine di Irak biasanya dimulai dengan "pesta cinta". Masyarakat di sana akan mendokor apel merah sebagai lambang kisah cinta sejatu antara Adam dan Hawa.

Ini memang sedikit menyimpang dari kitab suci, karena meyakini apel sebagai lambang kemakmuran dan cinta, bukan akhir dari surga duniawi.

8. Jerman

article image

Image source: goaboard.com

Di Jerman, roti jahe bukan hanya untuk Natal. Bahkan saat Hari Valentine pun roti jahe dianggap sebagai lambang cinta terbaik.

Untuk hari kasih sayang, biskuit ini akan dilengkapi dengan pita sehingga dapat disampirkan di bahu penerima yang beruntung.

Wah unik juga ya perayaan Hari Valentine di berbagai negara ini. Kalau di Indonesia sendiri mungkin Hari Valentine tidak begitu dirayakan besar-besaran. Namun beberapa pasangan biasanya akan memberikan kejutan untuk pujaan hatinya saat Hari Valentine tiba.

Malls

[[artcles]]

Fetured image source: foxnews.com