Sederet Transportasi Umum Unik dari Berbagai Negara, Ada Bus Air

Transportasi umum hadir untuk memudahkan mobilitas masyarakat dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis transportasi umum yang bisa dijumpai, mulai dari transportasi tradisional seperti delman dan becak hingga transportasi modern.

Demi memanjakan penumpang, tak jarang kendaraan-kendaraan tersebut dimodifikasi dengan berbagai desain unik. Seperti 7 transportasi di bawah ini misalnya!

Shinkansen Hello Kitty (Jepang)

article image

Image source: dotadot.com

Bukan Jepang namanya kalau tidak menghadirkan inovasi unik dalam bidang teknologi. Pada tahun 2018 lalu, West Japan Railway Co. Ltd meluncurkan Shinkansen atau bullet train bertema Hello Kitty. Kereta super cepat ini beroperasi di setiap stasiun Shin-Osaka dan Hakata di kawasan prefektur Fukuoka, Jepang barat.

Mulai dari desain interior hingga eksteriornya dipenuhi dengan dekorasi Hello Kitty bernuansa merah muda dan putih. Ada dua gerbong kereta yang didekorasi dengan motif Hello Kitty. Gerbang satu bernama Hello, areanya digunakan sebagai spot pameran untuk menampilkan berbagai produk dan promosi wisata.

Sementara gerbong dua diberi nama Kawaii, yang menjadi tempat duduk penumpang dengan seluruh ruangan dilapisi motif Hello Kitty. Uniknya lagi, jingle Shinkansen yang biasa turut diganti dengan nada tema Hello Kitty saat kereta mendekati stasiun. Inovasi ini merupakan salah satu upaya Jepang agar terpilih menjadi tuan rumah World Exposition tahun 2025 mendatang.

Hafencity Riverbus (Jerman)

article image

Image source: klikmania.net

Hafencity Riverbus, sebuah konsep bus pariwisata yang beroperasi di Hamburg, Jerman, sempat menarik perhatian dunia beberapa tahun lalu. Pasalnya, bus yang berukuran panjang sekitar 12 meter, lebar 2.54 meter, dan menjulang setinggi 3.75 meter ini bisa beroperasi di darat ataupun di air.

Hafencity Riverbus melayani tur wisata selama 70 menit mengarungi daerah persimpangan distrik Hafencity dan Rothenburgsort menuju pelabuhan Elbe Hamburg.

Bus amfibi ini sudah beroperasi sejak akhir tahun 2016 di distrik Hafencity. Kendati begitu, proyek pembuatannya sendiri sudah diselesaikan sejak 18 tahun sebelumnya. Bus ini sempat tersandung masalah perizinan mengingat saat itu pemerintah Eropa belum menerbitkan regulasi lalu lintas untuk transportasi amfibi.

Carmelit (Israel)

article image

Image source: mako.co.il

Carmelit adalah sistem kereta bawah tanah terkecil di dunia yang beroperasi di Haifa, Israel. Kereta yang digerakkan dengan kabel ini terdiri dari empat gerbong, enam stasiun, dan meluncur di terowongan sepanjang 1.8 km. Kereta Carmelit menghubungkan pusat kota menuju Carmel Center.

Carmelit mempunyai bentuk yang unik dan berbeda dengan kereta bawah tanah pada umumnya. Kereta ini berbentuk miring dengan susunan menyerupai anak tangga di dalam gerbongnya. Kereta ini tidak bergerak lurus, melainkan naik-turun mengikuti jalur yang dilaluinya.

Coco Taxi (Kuba)

article image

Image source: arah.com

Taxi umumnya berupa kendaraan roda empat, tapi di Kuba ada taxi unik yang memiliki tiga roda dengan bentuk bundar mirip buah kelapa, yaitu Coco Taxi. Kamu bisa menemukan Coco Taxi berlalu-lalang di jalanan kota Havana, dengan bentuknya yang seperti itu, transportasi umum ini terlihat lucu.

Coco Taxi lebih banyak digunakan sebagai transportasi wisata. Selain bentuk yang unik, ciri khas lainnya adalah warna kuning dengan aksen hijau, tapi ada pula Coco Taxi berwarna hitam yang biasa digunakan warga lokal.

Barco de Totora (Peru)

article image

Image source: holidayme.com

Transportasi wisata berupa kendaraan air tidak cuma ditemukan di Venice, Thailand, atau di Indonesia saja. Di Peru, tepatnya di Kepulauan Terapung Danau Titicaca, ada sebuah perahu wisata dengan bentuk yang sangat unik, yaitu Barco de Totora.

Perahu ini memiliki dua buah cadik yang juga berfungsi sebagai tempat mendayung perahu. Sebagian besarnya terbuat dari lalang dengan sebuah kabin terbuka untuk tempat duduk penumpang. Barco de Totora adalah angkutan umum tradisional yang biasa digunakan wisatawan.

Suroboyo Bus (Indonesia)

article image

Image source: jawapos.com

Di Surabaya terdapat sebuah transportasi publik yang sempat menarik perhatian masyarakat lokal hingga mancanegara, yaitu Suroboyo Bus. Sekilas bus ini tampak biasa saja, tidak ada yang terlalu mencolok dari penampilannya. Yang membuatnya unik adalah sistem pembayaran menggunakan sampah plastik!

Cukup membawa tiga botol plastik berukuran besar atau lima botol plastik berukuran sedang, atau bisa juga gelas plastik bekas sebanyak sepuluh buah, kamu sudah bisa keliling Surabaya selama dua jam menggunakan Suroboyo Bus. Inovasi ini sempat membawa Surabaya mendapatkan penghargaan Guangzhou Award 2018 sebagai kota terbaik di dunia!

Vélotaxis (Jerman/Perancis)

article image

Image source: top10berlin.de

Yang terakhir adalah Vélotaxis, sebuah taxi manual yang digerakkan oleh kemudi sepeda. Vélotaxis bisa ditemukan di sekitaran Menara Eiffel di Kota Paris dan di Berlin, Jerman. Vélotaxis biasa digunakan wisatawan untuk berkeliling kota.
Ya, transportasi umum ini memang lebih banyak digunakan sebagai transportasi wisata lokal ramah lingkungan. Umumnya sebuah Vélotaxis hanya berkapasitas untuk dua orang saja.


Demikianlah 7 transportasi umum unik dari berbagai negara. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang lebih menyenangkan!

Malls

featured image source: travelingyuk.com