Inilah Prediksi Tren Smartphone Yang Bakal Booming Tahun 2020

Dari tahun ke tahun teknologi smartphone terus mengalami perkembangan. Brand-brand smartphone ternama pun berlomba untuk menghadirkan teknologi canggih pada fitur smartphone. Masing-masing brand juga bersaing dengan melakukan penyempurnaan fitur.

Di tahun 2019, brand Samsung menghadirkan smartphone dengan tiga kamera depan yang menyediakan fitur ultra wide. Kemudian iPhone 11 menawarkan desain unik dengan tiga kamera belakang ikonik.

Nah, kira-kira di tahun 2020 kira-kira keunikan dan kecanggihan apa lagi yang akan dihadirkan oleh smartphone terbaru? Berikut ini Gotomalls telah rangkum beberapa prediksi tren fitur smartphone terbaru yang akan hadir di tahun 2020.

Teknologi 5G

article image

Image source: slashgear.com

Munculnya produk baru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 865 tentu akan memberi ide untuk para produsen smartphone dalam menghadirkan sesuatu yang lebih baru di tahun 2020. Teknologi 5G seharusnya sudah siap dijalankan oleh chip ini.

Produsen smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Sony, LG, OnePlus dan Motorola sudah berencana memasangkan chip ini dan bersiap menghadirkan teknologi 5G yang dapat mendukung kecepatan hingga 7,5 Gbps. Di Indonesia sendiri masih ada kendala terkait teknologi 5G ini.

Pemerintah dan perusahaan telekomunikasi di Indonesia belum 100% dapat memenuhi perkembangan yang sudah dilakukan oleh smartphone. Semoga saja ketika waktunya tiba, lembaga terkait bisa segera merealisasikan teknologi 5G ini.

Meningkatnya Layanan Pelanggan

article image

Image source: bgr.com

Kehadiran Apple TV+ menjadi preseden baru bagi produsen di seluruh dunia. Mungkin sulit membayangkan untuk bersaing dengan layanan streaming seperti Netflix dan HBO. Namun Apple memberikan layanan baru kepada pelanggan dengan memberikan keleluasaan menggunakan perangkat Apple secara gratis selama setahun.

Apple menghadirkan pula Apple Arcade yang ditawarkan untuk para gamer dengan biaya $4,99 atau setara Rp70.000 per bulan setelah uji coba gratis. Bukan hal aneh apabila produsen lain akan meluncurkan fitur serupa dan memeriahkan persaingan. Di tahun 2020 smartphone terbaru diprediksi akan menghadirkan berbagai layanan untuk menarik perhatian pelanggan.

Teknologi Kesehatan Mental

article image

Image source: slate.com

Belakangan ini sedang ramai dibicarakan isu mengenai kesehatan mental yang berujung pada kasus bunuh diri. Kekhawatiran akan kesehatan mental diprediksi akan memunculkan tren baru dalam pengembangan aplikasi dan telepon seluler di masa mendatang.

Misalnya saja aplikasi Instagram yang bereksperimen untuk menghilangkan fitur like dengan tujuan menghilangkan kecemasan dan menekan persaingan atau kompetisi di Instagram. Contoh lain adalah Android menjadikan mode screen-off sebagai fitur wajib saat pembaruan perangkat lunak terbaru untuk membantu pengguna dalam mengontrol penggunaan smartphone.

Diperkirakan di tahun 2020 akan muncul fitur baru lainnya yang lebih sadar akan kesehatan mental. Pastinya hal tersebut akan mempengaruhi aplikasi untuk membangun lingkungan yang positif di media sosial sehingga pengguna menjadi lebih nyaman dalam berekspresi.

AR dan AI

article image

Image source: archipreneur.com

Teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR) akhir-akhir ini sedang berkembang dan diperkirakan akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Pada dasarnya, AR dan AI merupakan teknologi yang kita gunakan saat memakai filter kamera yang ada pada Instagram maupun Snapchat.

AR berfungsi menangkap realitas di depan smartphone, sedangkan AI berperan sebagai otak yang menerjemahkan realita tersebut. Diprediksi pada tahun 2020 mendatang, fungsi AR akan meningkat dalam menangkap objek dengan lebih detail ketika memotret, voice assistant yang lebih baik, slow motion video yang lebih lamat dan tajam, hingga radar gesture Google Pixel 4 yang bisa membaca perintah smartphone dengan gerakan tangan atau mata tanpa harus menyentuh layar.

Di sisi lain, AI membuat kamera ponsel memiliki kemampuan mendeteksi objek yang lebih baik. AI bisa hadir dalam kamera dengan fitur pendeteksi wajah dan memberi efek foto atau filter. Selain itu, AI juga hadir dalam bentuk asisten pribadi seperti Samsung Bixby. Dalam perkembangannya, Samsung Galaxy Note 10 pun menghadirkan Bixby yang memiliki fitur baru yang semakin mendukung peran Bixby sebagai asisten digital.

Tidak menutup kemungkinan fitur AI akan terus dikembangkan, tidak hanya sebatas pendukung kinerja aplikasi saja. Ke depannya, smartphone tidak harus bergantung pada hardware yang canggih, tetapi kecerdasan buatan seperti AI akan membuat lebih banyak terobosan dan simplifikasi dan penggunaan hardware yang rumit.

Layar Ganda atau Lipat

article image

Image source: pocket-lint.com

Samsung dan Motorola telah meluncurkan smartphone terbaru dengan layar lipat. Samsung telah resmi merilis ponsel dengan layar lipat pertama, yakni Galaxy Fold. Sedangkan smartphone legendaris Motorola memunculkan kembali Motorola Razr dengan model ponsel lipat.

Inovasi yang dilakukan oleh dua produsen smartphone tersebut menghasilkan berbagai respons positif maupun negatif. Meski menimbulkan pro-kontra, banyak produsen yang ingin mengikuti jejak mereka dalam mengembangkan layar lipat. Diprediksi di tahun 2020, akan ada lagi produsen smartphone yang meluncurkan ponsel lipat.

Fitur Flagship Murah

article image

Image source: techjuice.pk

One Plus boleh dikatakan menjadi trendsetter dalam mengembangkan flagship ramah anggaran yang dijadwalkan akan diperbarui pada 2020. One Plus memiliki cara tersendiri dengan menggabungkan spesifikasi unggulan dengan harga yang terjangkau tetapi memiliki teknologi sekelas produsen besar. Langkah One Plus ini pun diikuti oleh brand lain seperti Redmi K20 Pro, Pocophone F1, Asus ZanFone 6 hingga Iphone SE 2.

Tentunya metode ini merupakan sebuah langkah cerdas dalam perkembangan teknologi smartphone terbaru. Diperkirakan di tahun mendatang, para produsen smartphone ini akan berlomba dalam menghadirkan fitur flagship murah.


Itulah beberapa tren smartphone terbaru yang diprediksi akan berkembang di tahun 2020. Dari tren-tren yang disebutkan tadi, rasanya sudah terbayang bagaimana persaingan para produsen smartphone dalam menghadirkan fitur-fitur canggih. Berminat untuk memperbarui smartphone kamu tahun depan? Sebelum membeli cek dulu Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: itp.live