Ini Dia Tren Virtual Photoshoot ala Seleb Indonesia

Pandemi Covid-19 memang berdampak besar pada profesi tertentu, terutama pekerjaan yang memerlukan tatap muka. Salah satunya adalah dunia fotografi yang harus beradaptasi dengan situasi saat ini. Kebijakan WFH dan PSBB (Kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar), tentu membatasi ruang gerak pekerja kreatif seperti fotografer.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut belakangan muncul tren baru di dunia fotografi sebagai solusi. Tren baru itu adalah virtual photoshoot yang sedikit berbeda dengan photoshoot pada umumnya. Buat kamu yang hobi foto bisa mencoba cara ini. Mau tahu info selengkapnya tentang virtual photoshoot? Mari simak ulasan tentang virtual photoshoot berikut ini.

Apa Itu Virtual Photoshoot?

article image

Image source: idntimes.com

Virtual photoshoot merupakan teknik pemotretan jarak jauh melalui aplikasi telekonferensi. Sebenarnya virtual photoshoot tak ubahnya sesi pemotretan biasa, hanya saja media yang digunakan dalam proses photoshoot berbeda. Fotografer dan klien juga tidak harus bertemu langsung.

Fotografer umumnya memakai aplikasi seperti FaceTime untuk mengambil foto. Jadi foto yang diambil sebenarnya adalah tampilan layar dari video call yang dilakukan oleh fotografer dan klien. Fotografer sendiri melakukan video call melalui PC atau laptop.

Perangkat yang Dipakai untuk Photoshoot

article image

Image source: urbanasia.com

Untuk melakukan virtual photoshoot, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama soal perangkat yang digunakan. Umumnya fotografer menggunakan aplikasi FaceTime, MacBook Pro dan iPhone untuk melakukan pemotretan secara terpisah. Pilihan lain untuk melakukan virtual photoshoot adalah menggunakan aplikasi WhatsApp melalui fitur video call dan memotret model melalui screen recorder.

Ada pula fotografer yang lebih memilih menggunakan kamera karena dapat menyetelnya sesuai dengan keperluan. Terkadang hasil kamera smartphone kurang maksimal. Namun apabila kamu ingin melakukan virtual photoshoot secara amatir bersama teman, smartphone tentu bisa dimanfaatkan dengan menggunakan fitur video call pada aplikasi yang disebutkan tadi.

Selain ketersediaan perangkat, hal pentingnya lainnya yang harus siap adalah jaringan internet yang stabil. Jaringan internet akan berpengaruh pada saat pemotretan yang dilakukan melalui sambungan video call. Kalau koneksi tidak bagus, hasil pemotretan pun menjadi tidak maksimal. Buat virtual photoshoot kamu dengan gadget di bawah ini:

Samsung Galaxy S20 Ultra Smartphone

article image

Beli Sekarang

Proses Virtual Photoshoot

article image

Image source: smart-money.co

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, virtual photoshoot sedikit berbeda dengan sesi pemotretan biasa. Dalam virtual photoshoot, fotografer melakukan panggilan video dengan FaceTime dan mengarahkan pose melalui video call. Selama panggilan video fotografer akan memandu model, tidak hanya mengenai pose tetapi juga dalam menemukan cahaya yang baik hingga mengarahkan model cara memegang ponsel yang baik.

Jangan lupa untuk mengatur ponsel untuk mengunggah foto ke iCloud. Perangkat yang digunakan juga harus aktif FaceTime Live Photos. Cara mengaktifkannya adalah dengan membuka pengaturan, kemudian pilih FaceTime, Live Photos dan tekan aktifkan.

Setelah model siap dan mendapatkan pencahayaan yang baik, fotografer akan memotret. Hasil foto umumnya akan disunting terlebih dahulu. Aplikasi untuk menyunting pun beragam seperti Adobe Lightroom. Jika hasil suntingan sudah oke, foto pun akan dikirim ke klien.

Tips Melakukan Virtual Photoshoot

article image

Image source: womantalk.com

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika melakukan virtual photoshoot. Tips pertama ketika melakukannya tentu saja harus menguasai perangkat kamera. Dalam sesi pemotretan jenis apa pun, kamera adalah senjata utama seorang fotografer.

Kamu harus menguasai perangkat yang menjadi alat pengambilan gambar dengan baik. Selain itu, pahami bagaimana cara mengoperasikan perangkat tersebut dan fitur apa saja yang dimiliki perangkat tersebut supaya dapat menunjang hasil gambar yang baik.

Setelah menguasai alat pengambilan gambar baik kamera maupun smartphone, langkah kedua adalah memilih waktu yang tepat untuk pengambilan gambar. Virtual photoshoot memiliki tantangan tersendiri dibanding sesi pemotretan langsung. Kamu harus pintar menentukan cahaya yang pas untuk model supaya bisa memberikan efek pencahayaan yang bagus.

Nah, untuk menentukan waktu yang tepat, kamu harus menentukan konsep foto terlebih dahulu. Kalau kamu menginginkan konsep yang ceria, kamu bisa melakukan virtual photoshoot antara pukul 10 pagi hingga jam 1 siang. Pada jam tersebut kamu akan mendapat lebih banyak sinar matahari yang akan memberi efek lebih terang pada foto kamu.

Selanjutnya adalah memanfaatkan properti rumah. Supaya tidak bosan dengan foto yang itu-itu saja, model bisa memanfaatkan properti yang ada untuk menunjang estetika dan hasil foto yang lebih bervariasi. Properti yang digunakan tidak harus barang-barang yang sulit kok. Kamu bisa menggunakan bunga, buah atau gelas.

Tips lainnya untuk model, sebaiknya menghindari pakaian dan aksesoris yang berwarna terlalu kontras dengan warna kulit. Kamera bisa salah mengukur cahaya dan foto yang dihasilkan pun menjadi tidak konsisten, entah menjadi terlalu gelap atau terlalu terang.

Seleb yang Melakukan Virtual Photoshoot

article image

Image source: parenting.orami.co.id

Tren virtual photoshoot selama pandemi Covid-19 ini mampu mencuri perhatian para selebritas tanah air. Tidak sedikit seleb yang melakukan virtual photoshoot ini dan hasilnya juga keren. Kamu mungkin bisa menyontek gaya selebriti dalam melakukan pose untuk virtual photoshoot ini.
Raisa merupakan artis pertama yang mencoba virtual photoshoot. Ia melakukan sesi pemotretan bersama Michael Cools. Hasilnya sudah bisa ditebak, Raisa tampak elegan dan memesona.

Luna Maya melakukan virtual photoshoot dengan fotografer Aldo Sinarta. Dengan natural look, Luna Maya terlihat memukau. Untuk pose tentu sudah tidak diragukan lagi dong kepiawaian seorang Luna Maya!

Dian Sastrowardoyo tidak ketinggalan tren virtual photoshoot ini. Aktris ini tampak manis berpose dengan aksesori bunga. Ia melakukan sesi pemotretan bersama Ana Octarina.
Seleb lain yang menggunakan properti saat pemotretan adalah Feby Rastanti. Ia memilih gelas yang berisi air putih untuk berpose. Hasil jepretan Aldo Sinarta ini pun menjadi terlihat unik.

Products


Nah, apakah kamu tertarik melakukan virtual photoshoot? Hasil foto dari virtual photoshoot ini tidak kalah keren dengan sesi pemotretan biasa bukan? Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

[[malls

featured image source: brilio.net