Bingung Baru Mulai Nonton Star Wars? Ini Dia Urutan yang Benar untuk Nonton Saga Star Wars

Pada 18 Desember 2019 lalu akhirnya film terakhir dari Saga Star Wars rilis. Kalau dihitung-hitung, Star Wars sudah ada sejak 43 tahun lalu dan Disney telah merilis sebanyak 11 film. Nah, buat yang belum pernah menonton Star Wars pasti sering bingung nih, mau mulai mengikuti filmnya dari mana.

Tidak semua film Star Wars bisa kamu tonton secara berurutan. Akhirnya kamu jadi pusing sendiri dengan urutan filmnya. Sebenarnya ada beberapa cara atau urutan yang bisa kamu ikuti. Beberapa orang menyarankan untuk menontonnya berdasarkan tahun rilis, yakni mulai dari episode IV yang rilis pada 1977 hingga episode IX yang rilis pada 2019.

Ada pula yang menyarankan untuk menonton film Star Wars berdasarkan urutan episodenya mulai dari episode I hingga episode IX. Nah, ada satu cara lagi yang bisa kamu ikuti, yakni berdasarkan rekomendasi Ernest Ringster, salah seorang penggemar berat film Star Wars.

Cara yang direkomendasikan oleh Ernest Ringster ini diklaim lebih efektif supaya penonton baru lebih memahami jalan cerita Star Wars. Penasaran dengan urutan filmnya? Yuk simak urutan film Saga Star Wars berikut ini.

Episode IV - A New Hope (1977) dan Episode V - The Empire Strikes Back (1980)

Dari kedua episode ini, kamu bisa mempelajari berbagai hal berdasarkan The Force. Episode IV merupakan episode pembuka yang sulit dilupakan oleh fans Star Wars. Episode IV mengisahkan Leia Organa yang terdampar di sebuah planet karena pesawat yang ditumpanginya ditembak oleh Darth Vader dan para Storm Trooper.

Di episode IV pula diceritakan awal mula Darth Vader menjadi begitu melekat pada Star Wars. Karakter-karakter ikonik yang tidak kalah penting pun diperkenalkan di sini dan masih berkaitan dengan episode terakhir Star Wars, seperti Luke Skywalker, Han Solo dan Chewbacca.

Kemudian kamu bisa lanjut ke episode V yang mengisahkan kehidupan setelah Darth Vader goyah akibat salah satu senjata tempurnya dihancurkan. Diceritakan Luke Skywalker berusaha menemukan Jedi Master, akan tetapi usahanya dihalang-halangi oleh Darth Vader dengan menjebak teman Luke, Han dan Leia. Kamu akan menemukan kejutan demi kejutan yang menjadi ciri khas Star Wars di episode ini.

Episode I - The Phantom Menace (1999), Episode II - Attack of the Clones (2002) dan Episode III - Revenge of Sith (2005)

Dengan menonton ketiga episode Star Wars ini, kamu akan merasa seperti menonton flash back. Dari episode ini kamu akan mengetahui perjalanan Anakin Skywalker sebelum menjadi Darth Vader dan alasan kenapa dia membela Dark Side dan menjadi Sith.

Episode I menceritakan dua Jedi yang menjadi mata-mata Republic karena Trade Federation sedang mencoba untuk menguasai planet bernama Naboo. Senator Palpatine ditunjuk Trade Federation untuk mengendalikan planet Naboo. Namun para Jedi Qui-Gon Jinn dan Obi-Wan Kenobi tidak menerima Naboo dikuasai oleh kekuasaan gelap.

Mereka menghadapi Palpatine dan berusaha mencari petunjuk tentang seorang anak yang diperebutkan oleh kedua kubu. Anak itu adalah Anakin Skywalker.

Lanjut ke episode II, peperangan di Planet Naboo pun pecah dan tak dapat dihindari. Jedi Obi-Wan yang akhirnya berpasangan dengan Anakin ditugaskan untuk melindungi dan mempertahankan Planet Naboo. Namun pengkhianatan membuat Obi-Wan, Anakin dan pemimpin Planet Naboo yakni Ratu Padme yang terjebak dalam suasana perang membuat mereka berada di pusat Resistance dan menjadi awal ancaman baru terhadap galaksi.

Di episode III, ketegangan terus berlanjut dan membuat para Jedi tersebar ke seluruh galaksi. Obi-Wan pun berpisah dengan Anakin Skywalker, di mana Obi-Wan memimpin Resistance sementara Anakin dekat dengan kegelapan yang dipimpin oleh Senator Palpatine.

Anakin mengalami perubahan yang drastis dan justru berapa pada pihak yang berseberangan dengan Resistance. Di episode inilah kejutan demi kejutan muncul kembali dan menimbulkan berbagai teori dari para penggemar Star Wars.

Episode VI - Return of the Jedi (1983) dan Episode VII - The Force Awakens (2015)

Di episode VI kamu akan melihat pertempuran sengit antara Luke dan Darth Vader dan tentunya scene yang disebut-sebut sebagai scene paling legendaris di Star Wars. Demi mengalahkan Darth Vader, Luke bekerja sama dengan Leia dan Lando. Mereka juga melakukan misi penyelamatan terhadap Han Solo.

Masalah lainnya, Luke juga menyadari bahwa Jedi Master Yoga dalam keadaan sekarat. Warisan seorang Jedi pun harus diturunkan dan Luke menjadi salah satu kandidat. Di episode ini, Luke kesulitan mengalahkan Darth Vader.
Kemudian di episode VII menggambarkan Death Star yang sudah hancur dan menjadi First Order. Namun mereka tetap ingin menghancurkan Resistance yang kini dipimpin oleh Princess Leia dan tentu saja musuh bebuyutan mereka, yakni Luke Skywalker.

Di episode ini juga akan muncul beberapa karakter baru seperti Poe Dameron dan Kylo Ren. Salah satu kejutan yang ada di episode ini adalah kehadiran Han Solo dan Chewbacca yang ingin merampas kembali pesawat Falcon mereka. Di episode ini pula kamu akan melihat pertanda bahwa Star Wars memang harus berakhir.


Nah, cara yang direkomendasikan oleh Ernest Ringster ini akan bikin kamu lebih paham tentang perjalanan Luke Skywalker dan segala hal yang menghubungkan karakter tersebut dengan Anakin Skywalker. Kamu juga akan memahami masa lalu Darth Vader yang dulunya merupakan seorang pria baik, tetapi kemudian malah berubah kejam.

Kalau kamu sudah menonton sesuai urutan tadi, kamu bisa lanjut ke Episode VIII - The Last Jedi (2017) dan Episode IX - The Rise of Skywalker. Selamat menonton Saga Star Wars, semoga urutan tadi bisa membantu kamu supaya tidak bingung lagi. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Malls

featured image source: aminoapps.com