Urutan Pemakaian Skincare Malam

Pemakaian skincare sudah menjadi ritual wajib bagi perempuan masa kini. Akan tetapi, penerapan skincare harus dilakukan sesuai aturan, loh!

Hasil kulit wajah yang sehat dan terawat hanya bisa kamu dapatkan jika cara dan urutan pemakaiannya tepat, terutama urutan pemakaian skincare malam.

Saat beristirahat pada malam hari, tubuh akan menjalankan rangkaian proses perbaikan dan pemeliharaan. Tingkat metabolisme kulit akan dipercepat, sel-sel baru diproduksi, begitu pula dengan hormon-hormon penting yang berkaitan dengan peremajaan dan kesuburan. Dalam proses-proses ini, skincare berperan sebagai stimulus sekaligus menutrisi kulit agar prosesnya berjalan lebih maksimal.

Urutan Pemakaian Skincare Malam yang Benar

Skincare malam biasanya terdiri dari toner, pembersih, serum wajah, face oil, dan produk-produk perawatan lainnya. Beberapa orang juga sering melengkapinya dengan krim mata. Berikut urutan pemakaiannya:

1. Makeup Remover

article image

Image source: Byrdie

Pertama-tama, bersihkan kulit wajah dari sisa-sisa riasan menggunakan makeup remover.

Setelah beraktivitas seharian dengan makeup yang saling tumpang tindih, kulit wajah harus kembali “netral”. Hal ini bertujuan untuk memelihara kesehatan kulit dan mencegah efek samping produk makeup yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan kerusakan.

Kamu bisa pilih make up remover yang terbuat dari bahan dasar minyak untuk menghapus riasan yang mengandung minyak. Tapi, untuk tipikal kulit yang mudah berminyak sebaiknya pakai make up remover berbahan dasar air saja.

2. Pembersih

article image

Image source: Glamour

Setelah bersih dari make up, selanjutnya gunakan produk pembersih wajah. Hal ini bertujuan mengangkat kotoran dan sisa-sisa make up yang menyelinap di dalam pori-pori. Kamu bisa menggunakan micellar water, cleansing oil, atau cleansing milk. Pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit. Setelah menerapkan pembersih, bilas wajah dengan air.

3. Scrub wajah (eksfoliasi)

article image

Image source: Active Spectrum

Urutan pemakaian skincare malam hari berikutnya adalah melakukan eksfoliasi atau scrubbing. Langkah ini bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Perlu dicatat bahwa eksfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari karena bisa merusak kulit wajah, cukup 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu.

4. Toner

article image

Image source: Botanica Day Spa

Toner tidak cuma dianjurkan untuk ritual skincare pagi, kamu juga bisa menggunakannya setelah cuci muka sebagai skincare malam hari. Sebaiknya gunakan toner wajah yang mengandung asam hialuronat, asam laktat, dan gliserin supaya kelembaban kulit tetap terjaga sepanjang malam.

5. Serum dan essence

article image

Image source: Into The Gloss

Urutan pemakaian skincare malam berikutnya adalah penerapan serum wajah dan essence. Kedua produk kecantikan ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Gunakan essence terlebih dahulu sampai meresap sempurna, kemudian lanjutkan dengan serum wajah.

6. Krim mata

article image

Image source: Vivantskincare.com

Pemakaian krim mata atau eye cream semakin banyak diminati kaum perempuan untuk melengkapi ritual skincare malam mereka. Produk perawatan ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki masalah mata panda atau kantung mata, hingga kerutan di area sekitar mata. Pilih eye cream dengan kandungan konsentrat tinggi, seperti antioksidan dan peptida.

7. Krim malam dan sleeping mask

article image

Image source: Morethanglam.com

Urutan berikutnya adalah penggunaan krim malam. Krim malam berfungsi sebagai pengganti produk pelembab yang biasa kamu gunakan pada pagi hari. Krim malam biasanya memiliki kandungan yang berfungsi khusus untuk melembabkan, menyamarkan kerutan, hingga menghilangkan noda hitam. Setelah itu, gunakan sleeping mask agar krim malam dapat bekerja lebih optimal.


Nah, begitulah urutan pemakaian skincare malam yang benar! Bagaimana? Apakah ritual skincare yang kamu lakukan selama ini sudah tepat sesuai aturan? Simak juga tips kecantikan lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

*featured image source: The Mirror UK