Urutan Pemakaian Skincare

Melakukan perawatan wajah memang bukan perkara sederhana. Kita tidak boleh sembarangan mengaplikasikan produk perawatan karena masing-masing ada aturan pakainya, termasuk juga urutan pemakaian skincare.

Masalahnya, rangkaian penggunaan ini terkadang membingungkan. Mengingat cukup banyak jenis produk yang perlu digunakan, seperti mosturizer, serum, toner, sunscreen, dan sebagainya.

Belum lagi produk tersebut bisa memiliki tekstur yang berbeda-beda, ada yang berupa krim, gel, hingga tekstur cair. Nah, biar kamu enggak salah pakai, sebaiknya simak urutan pemakaian skincare yang benar berikut ini:

1. Micellar Water/Makeup Remover

article image

Image source: khoobsuratworld.com

Jika kamu baru selesai beraktivitas dan masih menggunakan riasan, pastikan untuk membersihkan wajah dengan micellar water atau makeup remover terlebih dahulu.

Langsung membilas wajah dengan sabun face wash kurang efektif untuk mengangkat kotoran-kotoran sisa makeup yang menempel di wajah. Jika dibiarkan, lama-lama bisa membuat pori-pori tersumbat dan berpotensi menjadi jerawat.

2. Face Wash

article image

Image source: orami.co.id

Barulah setelah wajah bersih dari kotoran dan sisa-sisa makeup, cuci wajah dengan sabun face wash. Tujuannya agar kulit wajah bersih merata dan kotoran terangkat sepenuhnya. Membilas wajah juga akan membuat kulit lebih segar dan siap menyerap nutrisi dari produk perawatan.

3. Eksfoliasi

article image

Image source: journal.sociolla.com

Urutan pemakaian skincare berikutnya adalah eksfoliasi. Perlu diingat juga bahwa langkah ini sebaiknya hanya dilakukan 2-3 minggu sekali. Hindari mengeksfoliasi wajah setiap hari karena berpotensi menimbulkan kerusakan pada lapisan pelembap alami kulit.

4. Toner

article image

Image source: klubwanita.com

Urutan pemakaian skincare ini sering diabaikan karena dianggap tidak penting. Padahal, toner sangat bermanfaat untuk tipikal kulit yang mudah berminyak dan berjerawat. Toner dapat berperan sebagai menyeimbangkan pH kulit sekaligus memberikan sensasi menyegarkan sehabis membersihkan wajah.

5. Essence

article image

Image source: Dreamstime.com

Setelah menggunakan toner, langkah berikutnya adalah essence. Penggunaan essence bertujuan agar kulit siap menerima rangkaian skincare selanjutnya. Tekstur essence pada umumnya agak kental jika dibandingkan toner.

6. Serum

article image

Image source: Dermstore.com

Urutan pemakaian skincare berikutnya adalah penggunaan serum. Nah, skincare ini adalah salah satu kunci utama untuk merawat kecantikan kulit wajah, karena di dalamnya terdapat nutrisi-nutrisi penting berbentuk konsentrat. Bahan-bahan yang terkandung di dalam serum mampu menyerap ke lapisan terdalam kulit.

7. Moisturizer

article image

Image source: self.com

Rangkaian terakhir ditutup dengan penggunaan moisturizer. Skincare ini berfungsi sebagai pengikat nutrisi yang sudah kamu terapkan dari rangkaian sebelumnya. Selain itu, moisturizer juga akan menjaga kelembaban kulit tetap seimbang.

Tapi, pastikan pelembab yang kamu pakai sesuai dengan jenisnya (pagi/malam), karena masing-masing memiliki kandungan dan manfaat yang tidak sama.

Demikianlah urutan pemakaian skincare yang bisa kamu terapkan.


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: happyskincare.com.au