Begini Urutan Skin Care yang Benar Untuk Menjaga Kecantikan Kulit Wajah

Untuk menjaga kulit wajah supaya tetap cantik, halus, dan sehat, tidak ada yang lebih diandalkan wanita modern dari pada produk-produk skin care. Tetapi, memilih produk skin care terbaik yang sesuai dengan tipikal kulit saja tidak cukup. Kamu juga perlu menerapkan urutan skin care yang benar.

Kenapa harus menggunakan skin care sesuai urutan? Tentu saja agar masing-masing produk dapat berfungsi lebih optimal. Masalahnya, produk skin care di zaman sekarang sudah semakin banyak jenisnya. Mulai dari serum, booster, sunscreen, hingga spot treatment untuk menutupi noda wajah. Maka tak heran kalau penggunaan skin care jadi semakin membingungkan.

Lalu, seperti apa urutan skin care yang benar untuk digunakan sehari-hari? Berikut ulasannya!

Cleanser

article image

Image source: mamamia.com.au

Sebelum mengaplikasikan berbagai jenis skin care, bersihkan dulu wajahmu dari kotoran yang menempel dengan cleanser. Penumpukan minyak dan debu bisa membuat produk perawatan yang kamu gunakan tidak terserap optimal oleh kulit. Pemakaian cleanser sebaiknya tetap dilakukan baik pada pagi atau malam hari sepulang beraktivitas.

Exfoliating Toner

article image

Image source: cosmo.ph

Setelah membersihkan wajah dengan cleanser, selanjutnya gunakan exfoliating toner untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori agar tidak menimbulkan jerawat. Selain itu, penggunaan exfoliating toner juga akan memperjelas garis-garis halus pada kulit wajah. Hasilnya, wajah akan tampak segar dan cerah. Tapi, untuk kamu yang punya tipikal kulit wajah sensitif, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan exfoliating toner.

Hydrating Toner

article image

Image source: beautymnl.com

Untuk menjaga keseimbangan pH kulit dan mengembalikan kelembapan, selanjutnya gunakan hydrating toner. Kulit wajah biasanya akan terasa kering dan kaku sesaat setelah memakai exfoliating toner. Untuk mengatasinya, tuangkan hydrating toner di telapak tangan secukupnya sambil ditepuk perlahan, lalu ratakan pada wajah hingga terserap sempurna.

Spot Treatment

article image

Image source: verywellhealth.com

Untuk menutup noda hitam atau noda bercak bekas jerawat di kulit wajah, gunakan spot treatment setelah mengaplikasikan toner. Produk ini akan membuat noda di wajah tersamarkan.

Booster

article image

Image source: womensok.com

Booster tersedia dalam berbagai jenis, ada yang bertekstur kental, cair, dan gel. Pemakaian booster berguna untuk memberi nutrisi tambahan pada kulit. Cara penggunaannya sama seperti hydrating toner, oleskan di telapak tangan kemudian tepuk perlahan pada permukaan wajah hingga meresap.

Pelembap

article image

Image source: womensweekly.com.sg

Pelembap atau moisturizer berfungsi menjaga kulit wajah tetap lembap dan halus. Gunakan pelembap bertekstur gel untuk kamu yang memiliki kulit mudah berminyak, sedangkan untuk kulit kering gunakanlah pelembap krim. Oleskan secukupnya secara merata di seluruh permukaan wajah.

Kamu juga bisa mencoba produk yang satu ini sebagai pelembap:

Laneige Power Skin Refiner Moisture

article image

Beli Sekarang

Baca juga artikel lainnya di bawah ini:

Artikel

Sunscreen

article image

Image source: forbes.com

Untuk kamu yang lebih aktif di luar ruangan, gunakan sunscreen setelah mengaplikasikan moisturizer. Sunscreen berguna untuk melindungi kulit wajah dari paparan radiasi sinar UV dan menjaga kesehatan kulit.

Urutan penggunaan skin care ini bisa kamu terapkan pada pagi atau malam hari sepulang beraktivitas. Tapi, untuk penggunaan malam hari sebaiknya diawali dengan makeup remover. Tambahkan juga serum wajah di urutan terakhir menggantikan sunscreen.

Produk


Itulah urutan skin care yang benar untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan informasi terbaru seputar tips menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

featured image source: vinytattoolv.com