5 Komik Indonesia Hasil Karya Anak Bangsa

Doraemon, Shinchan, Dragon Ball, dan Marvel adalah beberapa judul komik buatan Jepang dan Amerika yang telah mendunia. Jalan ceritanya memang menarik dan digemari banyak orang dari seluruh dunia. Bagaimana dengan komik Indonesia? Apakah kamu juga menyukainya? Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu atau sudah tahu tapi belum ikut membacanya. Eits jangan salah! Komik karya anak bangsa juga sudah banyak yang mendunia, lho. Beberapa bahkan sudah ada yang diterjemahkan ke dalam bahasa asing karena kepopulerannya. Jadi penasaran, kan? Ini nih 5 komik buatan Indonesia yang wajib kamu baca:

Sebelum lanjut, ada baiknya kamu cek rekomendasi kupon menarik yang bakal bikin kamu makin irit!

Dan jangan lupa, di Gotomalls kamu juga bisa isi pulsa kapan dan dimana saja. Klik link di bawah ini untuk isi pulsa instant!

Tahilalat

article image

image credit: IG@tahilalats

Pernah baca komik Kariage-Kun atau Kobo-Chan? Komik strip asal Jepang dengan cerita kocak yang menghibur ini dikenal khas dengan gaya empat panelnya. Sama dengan kedua komik tersebut, komik buatan Indonesia yang berjudul Tahilalat juga mengambil konsep empat panel. Nurfadli Mursyid, sang komikus, mengangkat cerita tentang kehidupan sehari-hari yang ada di Indonesia dan dituangkan dalam ilustrasi sederhana. Berbeda dari komik lainnya yang dibuat seapik mungkin, komik ini dibuat sangat sederhana tapi selalu bisa mengundang gelak tawa pembacanya.

Komik Tahilalat pertama kali diterbitkan lewat akun Instagram @tahilalats pada 2014. Ceritanya yang sangat khas tentang Indonesia, membuatnya digemari banyak orang sehingga juga diterbitkan di Line Webtoon, Twitter, dan Facebook. Komik ini bahkan dikatakan merupakan komik daring dengan penggemar terbanyak di Indonesia. Tak hanya itu, Tahilalat juga sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris, lho! Apa kamu juga salah satu penggemarnya?

Baca juga artikel-artikel lainnya berikut ini:

Articles

My Pre-Wedding

article image

image credit: ziliun.com

Kalau komik yang ini sih pasti jadi kegemaran para cewek karena memiliki genre romance. My Pre-Wedding adalah komik karya Annisa Nisfihani yang sudah mendunia dan diterjemahkan ke beberapa bahasa, seperti bahasa Korea, Perancis, dan Inggris. Annisa pada saat itu mendaftarkan karyanya di Webtoon Challenge yang diselenggarakan oleh aplikasi Line. Karyanya pertama kali diterbitkan online pada 5 Desember 2015 dan pada episode 9 menduduki posisi pertama di Webtoon Indonesia.

Ceritanya mengisahkan Adelia dan Adimas, PNS yang sama-sama bekerja di sebuah kantor kelurahan. Meski satu kantor, tapi mereka berdua nyaris tidak saling mengenal. Suatu hari tiba-tiba saja Adimas melamar Adelia hingga membuatnya kaget dan tidak bisa berkata apa-apa. Adimas pun berjuang untuk meyakinkan Adelia bahwa niatnya ini sangat serius. Kira-kira Adimas berhasil tidak ya meyakinkan Adelia untuk menikah dengannya? Baca saja sendiri komik My Pre-Wedding buat tahu akhir ceritanya.

Nusantara Droid War

article image

image credit: IG@nusantaradroidwar

Nusantara Droid War (NDW) merupakan komik serial bergenre science-fiction dan permainan karya Vega Mandalika Jhauhary. Tokoh utama di dalamnya adalah seorang cewek bernama Sagriya yang menjadi pemain dalam sebuah permainan yang sedang tren di Indonesia, Nusantara Droid War. Konsep dari komik ini adalah menggabungkan seluruh budaya Indonesia dalam satu cerita. Kamu akan menemukan banyak tokoh legenda Nusantara di dalamnya, mulai dari Gatotkaca, Arjuna, Nyi Roro Kidul, Malin Kundang, dan masih banyak lagi.

Tokoh-tokoh tersebut akan bertanding dalam sebuah permainan yang konsepnya juga mengambil dari kebudayaan Indonesia. Melalui komik ini, Vega memang ingin mengenalkan keragaman budaya Indonesia menjadi sebuah cerita yang menarik dan anti-mainstream. Idenya terinspirasi dari Pokemon di mana terdapat tokoh-tokoh yang bertanding. Pastinya juga bikin kamu makin bangga dengan kekayaan Nusantara yang makin dikenal hingga mancanegara. Baca sekarang juga, ya!

Flawless

article image

image credit: IG@flawlesswebtoon25

Berikutnya ada komik Indonesia hasil karya Shinshinhye berjudul Flawless yang mendapatkan juara 2 dalam lomba Line Webtoon. Hingga kini, komik Flawless sudah diterbitkan sebanyak 49 episode dan berhasil meraih rating hingga 9.65 dengan total 2.6M likes. Penggemar komik ini juga datang dari mancanegara sehingga sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan Perancis.

Komik Flawless juga merupakan komik bergenre romance yang mengisahkan tentang seorang cewek bernama Sarah. Ia adalah cewek yang tangguh, tomboi, dan suka berkelahi. Suatu hari ia bertemu dengan seorang cowok tuna netra bernama Elios yang memiliki sifat agak misterius. Hal ini membuat Sarah penasaran dan ingin mengenal Elios lebih dekat. Siapa sangka mereka kemudian satu sekolah dan menjadi teman dekat. Setelahnya, kehidupan Sarah pun mulai berubah.

Terlalu Tampan

article image

image credit: Pinterest

Membaca judulnya saja orang-orang pasti sudah bisa menyimpulkan kalau ini adalah komik bergenre komedi. Memang benar, sang konseptor M. Ahmes Avisiena ingin memberikan hiburan kepada para penggemar komik di Indonesia melalui komik komedi. Komik Terlalu Tampan mengisahkan tentang sebuah keluarga yang memiliki ketampanan berlebih. Seluruh anggota keluarga tersebut tampan, mulai dari kakek, ayah, para putra, hingga ibunya pun tampan. Selain tampan, mereka adalah keluarga dengan kebiasaan yang berbeda dari orang lainnya. Berbagai cerita yang kocak dalam komik ini dijamin bisa membuatmu tertawa terbahak-bahak.

Inspirasi untuk membuat komik ini sebenarnya datang secara tak sengaja. Saat itu, Avis iseng-iseng membuka Instagram dan menemukan sebuah gambar yang sangat tampan. Lalu ia mencoba melihat sosok tampan dari sudut pandang berbeda. Bekerja sama dengan Savenia Melinda Sutrisno sebagai sang ilustrator, mereka pun menciptakan komik ini dan mendaftarkannya di Line Webtoon. Tak disangka komik Terlalu Tampan mendapat sambutan hangat pembaca Tanah Air hingga Thailand. Kesuksesannya membuat komik ini diterbitkan juga di Thailand dan Jepang. Sukses terus buat Avis dan Savenia!

Nah, itulah beberaapa komik Indonesia yang sudah mendunia. Jangan hanya baca komik Jepang dan Amerika saja, komik buatan Indonesia juga tak kalah bagus. Dengan membaca komik karya anak bangsa, kamu akan turut melambungkan nama Indonesia di dunia Internasional. Buat kamu para penggemar komik, Gramedia selalu memiliki komik dan buku terbaru yang kamu cari. Toko buku terbesar di Indonesia ini juga mudah ditemukan di mall atau pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia. Gramedia juga sering mengadakan promo dan diskon besar yang pastinya sangat menguntungkan. Kamu bisa cari infonya hanya di GoToMalls.com!

Malls


Brands


Articles