Oleh-Oleh Wajib Khas Bali

Saat kita berkunjung ke daerah tertentu, terutama dalam rangka kunjungan wisata, oleh-oleh tak pernah luput dari perhatian kita.

Sudah menjadi kebiasaan tersendiri di tengah masyarakat untuk membawa pulang produk-produk khas dari tempat wisata sebelum pulang ke kota asal.

Bali, selayaknya ia dikenal sebagai destinasi wisata terpopuler di Indonesia, punya segudang pilihan produk oleh-oleh khas yang unik. Mulai dari oleh-oleh khas tradisional hingga produk-produk kekinian.

Berikut oleh-oleh wajib khas Bali:

1. Pie Susu

article image

Image source: Kintamani.id

Tanpa membeli sekotak pie susu khas Bali, oleh-oleh yang kamu bawa pulang tidak akan terasa lengkap. Pie susu khas Bali termasuk oleh-oleh paling ikonik yang kini sudah diproduksi oleh berbagai merek dengan aneka kombinasi rasa.

Beberapa produk pie susu populer yang bisa kamu coba yaitu Pie Susu Bli Man, Pie Susu Sari, atau Pie Susu Dhian.

2. Pia Kukus

article image

Image source: 3835.info

Oleh-oleh ini awalnya diproduksi oleh toko Pia Kukus Made Bali. Seiring waktu, pia kukus kian populer dan semakin tersebar ke seluruh outlet besar di Bali. Selain di Mall Bali Galeria, pia kukus juga bisa ditemukan di Krisna, Agung Bali, The Keranjang, dll.

3. Arak Bali

article image

Image source: kompas.com

Arak Bali merupakan minuman alkohol tradisional yang terbuat dari fermentasi beras atau nira kelapa. Lebih dari sekadar oleh-oleh, minuman ini juga sudah menjadi bagian dari tradisi lokal masyarakat Bali. Salah satu merek yang paling populer adalah Dewi Sri. Merek ini bisa ditemukan di seluruh penjuru Bali.

4. Kopi Kintamani

article image

Image source: kintamani.id

Komoditas kopi di Bali juga tak kalah pamor dengan kopi jawa, seperti kopi Kintamani misalnya. Kopi ini punya ciri khas jejak aroma jeruk yang membuatnya beda dari yang lain. Produk ini cukup mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh.

5. Pia Legong

article image

Image source: Blibli

Cari oleh-oleh istimewa? Pia Legong bisa jadi pilihan yang cocok! Oleh-oleh khas Bali ini hanya tersedia di Toko Pia Legong, Ruko Kuta Megah No. 15, Jalan Bypass Ngurah Rai. Produk kuliner ini diproses secara tradisional tanpa bantuan mesin. Oleh karenanya, kualitas rasanya pun tidak main-main.

6. Kacang Disco

article image

Image source: pesonanusantara.co.id

Oleh-oleh berikutnya ada kacang disco yang tak kalah populer. Kudapan ini cukup mudah ditemukan dan tersedia di toko oleh-oleh. Pilihan rasanya meliputi pedas, keju, hingga campuran pedas manis. Selain itu, ada juga kacang disco dengan varian rasa unik, seperti kacang disco rasa ayam taliwang, soto ayam, rumput laut, udang, dan sebagainya.

7. Kerajinan Perhiasan Perak

article image

Image source: Kintamani.id

Kerajinan perihasan perak banyak diincar oleh wisatawan asing di Bali. Kamu bisa menemukan pengrajin-pengrajin terbaiknya di Kawasan Celuk. Di sana, kamu bisa pesan berbagai jenis perhiasan dengan aneka bentuk dan desain sesuai selera, cocok untuk suvenir istimewa!

8. Joger

article image

Image source: Tokopedia

Kalau ingin belanja oleh-oleh pakaian di satu tempat dengan pilihan yang lengkap, sebaiknya jangan lewatkan Joger. Salah satu oleh-oleh andalan khas Bali ini menyediakan produk pakaian hingga aksesori, meliputi kaos, sweater, sandal, kerajinan patung, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Tokonya bisa dijumpai di Jalan Raya Kuta.

9. Kerajinan Tangan Pasar Seni

article image

Image source: Shopee

Selain makanan, produk kerajinan tangan juga sering diburu wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Mulai dari kain, kebaya, topeng ukir, patung pajangan, ornamen-ornamen unik, aksesori penampilan, tas rotan, topi, sandal, lukisan, hingga instalasi seni.

Tempat terbaik untuk berburu produk-produk ini di antaranya Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Ubud, Pasar Seni Guwang, Pasar Seni Kuta, atau Pasar Seni Kumbasari.

10. Produk Spa/Kecantikan Alami

article image

Image source: IDN Times Bali

Cari oleh-oleh untuk perempuan? Yang satu ini bisa jadi pilihan yang cocok! Sebagai destinasi wisata yang menyimpan segudang layanan spa dan perawatan kecantikan kelas dunia, produk-produknya sudah jelas tak perlu diragukan lagi.

Berbagai macam produk seperti body scrub, lotion, sabun, parfum, sampai formula herbal untuk perawatan tertentu sudah banyak dikemas sebagai produk terpisah.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: Jombang Update - Pikiran Rakyat