Team Esport dari Indonesia yang Mendunia

Potensi industri gaming belum pernah meningkat sepesat ini sebelumnya. Di berbagai belahan dunia, termasuk juga di Indonesia, minat gaming penduduk dunia terus meningkat signifikan.

Indonesia Esports Premier League (IESPL) pernah merilis data laporan yang cukup mengesankan pada tahun 2019 silam. Disebutkan terdapat sekitar 62,1 juta orang yang aktif bermain game di Indonesia.

Jumlah tersebut lantas membawa Indonesia menduduki peringkat 12 di pasar game dengan jumlah pemain terbanyak.

Berbanding lurus dengan pamor esport di Indonesia. Enggak main-main, pemerintah sendiri sampai memberikan perhatian khusus pada bidang ini.

Dari segi prestasi, team esport dari Indonesia pun sudah berulang kali menorehkan prestasi di kancah internasional. Oleh karenanya, berbagai manajemen esport Indonesia akhirnya berekspansi ke luar negeri.

Berikut 5 team esport dari Indonesia yang sudah mendunia:

1. Rex Regum Qeon (RRQ)

article image

Image source: ONE Esports

Lemon, R7, Albert, Vyn, adalah beberapa nama populer yang memperkuat Rex Regum Qeon (RRQ), salah satu klub e-sports terbaik dari Indonesia yang cukup disegani di regional Asia Tenggara.

Team esport ini menaungi 6 divisi game, yaitu Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, Valorant, FIFA, dan Fortnite. RRQ tidak cuma ada di Indonesia, tapi juga sudah hadir di Thailand.

Team RRQ berulang kali menjuarai liga-liga domestik dan internasional, mulai dari GESC Indonesia Dota 2 Minor- Indonesia Qualifier, AOV Tournamen Tour Surabaya, Liga IESPL TBOF, Mobile Legend Celebration Cup 2018, Ghost Alliance Squad Cup, dan masih banyak lagi.

2. EVOS Esports

article image

Image source: indosport.com

Rival abadi dari Team RRQ ini juga punya pamor yang enggak kalah sangar di kawasan Asia Tenggara. EVOS Esports juga memiliki berbagai divisi game seperti Mobile Legends, Free Fire, Arena of Valor, Realm of Valor, PUBG Mobile, dan Point Blank.

Untuk divisi Mobile Legends, EVOS merupakan tim yang sangat tangguh di panggung Asia Tenggara, bahkan mereka juga berhasil menjuarai Mobile Legends World Championship M1 pada 2019 lalu.

EVOS juga baru saja mengukir prestasi baru setelah menjuarai Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring dan menjadi wakil Indonesia di Free Fire World Series (FFWS) 2021 Singapura.

3. ONIC ESports

article image

Image source: jurnalmakassar.pikiran-rakyat.com

Meskipun usianya baru 3 tahun sejak didirikan pada 2018, ONIC ESports mampu tampil menjadi salah satu tim ESports yang paling mendominasi di panggung Mobile Legends.

ONIC juga sudah berkiprah di turnamen-turnamen internasional setahun pasca dibentuk. Hebatnya lagi, ONIC juga sudah berekspansi dalam divisi Mobile Legends di Filipina.

Selain Mobile Legends, ONIC juga menaungi divisi untuk game PUBG Mobile, Free Fire, PES, dan FIFA.

4. Bigetron Esports

article image

Image source: serangnews.pikiran-rakyat.com

Bigetron Esport memulai skema kompetitifnya di League of Legends (LOL). Seiring perkembangannya, Bigetron Esports lantas membuka divisi Mobile Legends.

Meskipun belum sempat mencicipi 'mahkota' di gelaran MPL, performa Bigetron Esports tidak bisa dianggap sepele. Terbukti di MPL Season 4 lalu mereka sampai membuat tim-tim besar seperti ONIC, RRQ, dan EVOS, kerepotan.

Di samping itu, divisi PUBG Mobile (Bigetron RA) berhasil menjadi yang terkuat di dunia dengan meraih gelar juara di turnamen yang diselenggarakan langsung oleh pihak Tencent.

5. BOOM Esports

article image

Image source: Esportsnesia.com

Lain halnya dengan team esport Indonesia sebelumnya, BOOM ID justru tetap fokus berkiprah di game PC, yaitu Dota 2. Boom Esport adalah salah satu team esport Indonesia pertama yang berhasil masuk ke babak kualifikasi The International 2019.

Selain itu, BOOM Esports juga pernah menduduki posisi runner up di perhelatan Asia Pacific Predator League 2019 yang merupakan turnamen minor Dota Pro Circuit. Posisi yang sama juga diraih pada ajang ESL Clash Nations 2019 .

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: indoesports.com