Jenis Kamera Analog dan Karakteristiknya

Saat dunia fotografi belum terlalu berkembang seperti sekarang, orang menggunakan kamera analog untuk menghasilkan gambar. Analog yang dimaksud adalah sistem kerja mekanik dari sebuah kamera. Umumnya, masyarakat menggunakan gulungan (roll) film yang lebih dikenal dengan nama klise setelah digunakan. Meski terbilang jadul, kini banyak orang menyenangi fotografi analog atau kegiatan fotografi dengan menggunakan kamera analog. Apa saja jenis kamera analog yang bisa digunakan?

Kamera Box

article image

Image credit: manondamoon

Dalam dunia fotografi, dulu orang mengenal kamera obscura. Selanjutnya, muncul kamera box atau kamera kotak. Jenis kamera analog ini merupakan kamera fotografi yang pertama diciptakan. Bentuknya kotak dan terlihat sangat sederhana.

Bali adalah salah satu tempat yang memiliki banyak spot foto, dari gunung, pantai, laut hinggal mall-mall dengan sunset terbaik. Cek juga list mall rekomendasi kami seputar Bali.

Malls

Kamera Pinhole

article image

Image credit: epic-creativehouse

Sesuai namanya, kamera ini berarti kamera lubang jarum. Jenis kamera ini merupakan satu-satunya kamera yang tidak menggunakan lensa. Gambar dihasilkan dari proyeksi cahaya melalui sebuah lubang kecil. Kamera ini menggunakan prinsip bahwa semakin kecil lubang, maka gambar semakin tajam. Meski terkesan sederhana, kamera ini memerlukan waktu cukup lama untuk menangkap fokus obyek dengan tepat.

Kamera Large Format

article image

Image credit: 500th

Jika biasanya kamera menggunakan film seluloid 35mm, maka berbeda dengan kamera large format. Kamera ini juga disebut sebagai kamera view. Jenis kamera analog ini menggunakan film berukuran 4×5 inci hingga 8-10 inci. Kamu bisa memotret detail arsitektur dengan baik pada jarak dekat tanpa menghasilkan distorsi pada foto.

Kamera Point and Shoot

article image

Image credit: casualphotophile

Kamera point and shoot ini termasuk kamera yang praktis. Beda dengan kamera DSRL yang menuntut penggunanya harus bisa mengatur settingan secara manual. Dengan kamera ini, kamu hanya perlu membidik obyek foto, kemudian menekan tombol shutter. Kamera ini punya depth of field yang lebar. Dengan DOF yang lebar, maka seluruh frame tampak lebih tajam.

Cek juga rekomendasi merchant rekomendasi kami tempat kamu beli Kamera baru kamu.

Brands

Kamera Range Finder

article image

Image credit: saveseva

Jenis kamera analog yang satu ini membidik obyek foto secara langsung tanpa melalui lensa utama. Kamera ini menggunakan dua alat untuk menyatukan gambar yang dilihat. Kamera range finder digemari pecinta forografi analog karena manual focusing-nya lebih cepat dan akurat daripada DSLR. Dengan kamera ini, kamu bisa memfokuskan gambar dengan mudah meski cahaya hanya seadanya. Uniknya, kamera range finder juga dilengkapi dengan pengukur jarak dan bentuknya pun ringkas.

Kamera TLR (Twins Lens Reflex)

article image

Image credit: youtube

Kamera TLR adalah kamera pertama dengan refleks prkatis yang diciptakan oleh Franke dan Heidekee Rolleiflex pada 1928. Kalau kamu lebih suka konsep foto candid, maka kamera yang pas adalah kamera TLR. TLR diartikan sebagai kamera refleksi lensa ganda. Kamera ini punya dua lensa objektif dengan panjang fokus yang sama. Salah satu lensa kamera berfungsi mengambil gambar, sedang lensa lainnya berfungsi sebagai view finder. TLR memberikan gambar secara terus-menerus pada layar finder. Untuk itu, kamera ini juga bisa digunakan untuk memotret dengan waktu yang singkat. Dulu, paparazzi Hollywood kerap menggunakan jenis kamera analog ini.

Baca Juga :

10 Rekomendasi Kamera Vlog Terbaik

5 Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik Pilihan Para Fotografer

Kamera SRL (Single Lens Reflex)

article image

Image credit: wikipedia

Kamera SRL diartikan sebagai kamera refleksi lensa tunggal. SRL menggunakan prinsip bahwa berkas cahaya yang masuk akan menuju ke dua tempat, yaitu focal plane dan view finder. Kamera ini memungkinkan fotografer dapat melihat obyek melalui kamera yang sama persis seperti hasil foto. Dalam menggunakan kamera ini, fotografer harus ahli mengatur settingan pada kameranya secara manual. Ini termasuk bukaan lensa (aperture), kecepatan membidik (shutter speed), maupun fokus saat mengambil gambar. Perkembangan kamera SRL adalah kamera DSRL.

**

Menarik juga ya jenis kamera analog yang digunakan dalam fotografi analog ini. Kalau kamu tertarik menekuni fotografi analog, pilih dulu kamera yang sesuai denganmu. Kamu bisa mengecek kamera di Kodak Express Digital Solution atau kunjungi GoToMalls.com untuk rekomendasi terbaik.

Brands

Malls