Makanan dengan Nama Aneh Khas Indonesia

Keragaman kuliner di Indonesia memang terkenal unik. Selain soal cita rasa dan cara penyajiannya, nama makanan yang disematkan masyarakat pun tidak kalah unik.

Mungkin kamu sudah mengenal beberapa jajanan tradisional yang punya sebutan unik, seperti "rambut nenek", "es teler", "kerupuk melarat", dan sebagainya.

Tapi, apa kamu tahu kalau ada juga makanan lain yang disebut "nasi kentut" dan "kupat jembut"? Nama makanan ini mungkin terdengar basurd, tapi begitulah orang-orang menyebutnya.

Mau tahu makanan khas Indonesia yang punya nama aneh? Simak infonya berikut ini:

1. Kupat Jembut

article image

Image source: IDN Times

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar nama makanan ini? Kupat jembut adalah makanan khas Semarang yang diolah bersama aneka sayuran sehingga teksturnya tidak halus seperti kupat atau ketupat biasanya. Kupat jembut biasanya disajikan sebagai hidangan lebaran.

2. Nasi Kentut

article image

Image source: travel.tempo.co

Tidak kalah absurd dari kupat jembut, ada pula kuliner dari Medan bernama nasi kentut. Orang-orang mungkin akan membayangkan bau busuk yang melekat di nasi tersebut. Tapi, embel-embel "kentut" di situ sebetulnya adalah nama tumbuhan yang disebut daun kentut, karena nasi ini memang disajikan bersama daun kentut.

3. Sate Lalat

article image

Image source: jalanbareng.com

Jangan tertipu nama, karena meskipun disebut "sate lalat", makanan ini sama sekali tidak mengandung lalat. Sate lalat adalah kuliner khas Madura yang terbuat dari daging ayam atau kambing, hanya saja potongan dagingnya berukuran kecil sehingga dianggap menyerupai lalat.

4. Sate Kalong

article image

Image source: IDN Times Jabar

Tidak kalah dengan sate lalat, di Cirebon juga ada kuliner sate dengan nama aneh yaitu sate kalong. Meskipun ada istilah "kalong", sate ini sama sekali tidak mengandung daging kelelawar, melainkan karena aktivitas si pedagang sate kalong yang hanya berjualan pada malam hari.

5. Oseng Mercon

article image

Image source: suara.com

Mendengar kata mercon, biasanya yang terlintas di benak orang-orang adalah bunyi ledakan dengan percikan api warna-warni. Nah, kuliner kekinian yang satu ini terkenal dengan cita rasa pedasnya yang "meledak-ledak" seperti mercon.

Dalam satu porsi oseng mercon, biasanya terdapat potongan daging sapi, tetelan, dan dilengkapi sambal tradisional yang super pedas.

6. Tahu Gimbal

article image

Image source: tribunnewswiki.com

Kuliner unik ini berasal dari kota Semarang, berupa campuran tahu, toge, telur, dan lontong. Rasanya pun tak kalah unik, terdapat siraman bumbu petis udang yang menggugah selera.

Istilah "gimbal" disini merujuk pada gorengan yang terbuat dari udang goreng tepung yang terlihat garing.

7. Memek

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Di antara sekian banyak makanan-makanan dengan nama aneh di Indonesia, yang satu ini mungkin akan membuat orang kaget mendengarnya.

Memek berasal dari istilah mamemek dalam tradisi masyarakat Aceh. Mamemek sendiri berarti mengunyah beras yang sering dilakukan para tetua di Aceh, mirip seperti kebiasaan nginang di Sumatera, Sulawesi, dan Papua.

Nah, mereka biasanya mengunyah beras ketan dengan campuran pisang. Kini, memek sudah menjadi salah satu Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI).

Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: grab.com