Nutrisi Terbaik di Dunia Ternyata Ada di 10 Makanan Ini

Kesehatan adalah aset paling berharga yang bisa dimiliki semua orang. Baik tua maupun muda, siapa pun yang rajin menjaga kesehatan lebih mungkin mendapat kualitas hidup yang lebih baik dibanding mereka yang tidak.

Salah satu fondasi utama untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dengan kandungan nutrisi terbaik di dunia. Apa saja makanan tersebut? Mari kita simak ulasannya di bawah ini!

Kacang Almond

article image

Image source: tribunnews.com

Kacang Almond mengandung protein, antioksidan, lemak tak jenuh, vitamin, serat, serta mineral. Selain itu, dalam setiap 1/4 cangkir almond mengandung 100 mg magnesium yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, ditambah 257 mg kalium untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Apel

article image

Image source: newfoodmagazine.com

Nutrisi terbaik di dunia selanjutnya bisa kita temukan dalam Apel. Buah ini merupakan sumber pektin yang luar biasa. Pektin berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, sedangkan lapisan kulitnya mengandung senyawa asam ursolik. Apel juga memiliki kandungan kuersetin yang bermanfaat sebagai anti inflamasi alami dan mencegah gangguan pernafasan.

Alpukat

article image

Image source: philmaffetone.com

Selain nikmat, buah ini juga kaya akan khasiat kesehatan. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, vitamin E, vitamin C, lutein dan kalium. Alpukat termasuk salah satu makanan yang baik untuk memelihara kesehatan seksual, terutama bagi pria. Dalam sebuah studi, buah ini juga berguna untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Paprika

article image

Image source: food.detik.com

Sayuran ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kendati begitu, paprika tergolong makanan rendah gula dan memiliki serat serta antioksidan dari karotenoid (zeasantin, lutein, likopen, beta-karoten, kriptosantin dan alfa-karoten). Karotenoid sendiri berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan mata, dan sering dihubungkan dengan penurunan risiko kanker dan kematian yang disebabkan masalah kardiovaskular.

Teh Hitam

article image

Image source: exportersindia.com

Tidak hanya teh hijau dan teh putih, teh hitam juga ternyata tinggi akan antioksidan flavonoid. Sebuah studi membuktikan bahwa teh hitam mengandung senyawa anti inflamasi alami, perangsang kekebalan tubuh, anti kanker alami, mencegah gangguan kardiovaskular, sampai mencegah diabetes. Dengan catatan; dikonsumsi tanpa menambahkan gula atau krimer.

Baik teh hijau ataupun teh hitam memiliki jumlah kandungan polifenol yang identik. Keduanya sama-sama bersifat menghambat kerusakan DNA yang sering dikaitkan dengan produk tembakau atau bahan-bahan kimiawi beracun lainnya.

6. Brokoli

article image

Image source: unlockfood.ca

Brokoli sangat tinggi akan kandungan serat, vitamin C, rendah kalori, kaya antioksidan, dan beta-karoten. Tidak hanya itu saja, brokoli juga mengandung vitamin K, E, B dan beberapa mineral seperti selenium, kalium, kalsium, dan zat besi.

Itu artinya brokoli bisa memelihara kesehatan mata sekaligus mencegah degenerasi makula. Bersama zeasantin dan karotenoid lutein sebagai anti kanker, mencegah penyakit jantung, stroke, memperkuat tulang dan sistem imun.

Wanita yang rajin mengonsumsi brokoli akan terhindar dari risiko kanker payudara. Hal ini sudah terbukti melalui sebuah studi di Cina yang menunjukkan bahwa 62% wanita yang memakan sayuran ini cenderung tidak meninggal akibat kanker payudara, sekalipun ia memiliki riwayat kanker payudara turunan. Sementara 35 persen sisanya bahkan cenderung tidak kambuh.

Beras Merah

article image

Image source: m.timessingapore.com

Pernahkah kamu merasa cepat kenyang jika mengonsumsi beras merah? Hal itu disebabkan oleh kandungan serat dan nutrisi dalam beras merah, padahal kadar kalorinya termasuk rendah. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada 2010 silam oleh Harvard University, mengonsumsi dua porsi beras merah atau lebih bisa membantu meminimalisir kemungkinan terserang penyakit diabetes tipe 2.

Baca juga rekomendasi artikel lainnya di bawah ini:

Articles

Ceri

article image

Image source: pinterest.com

Walaupun bentuknya kecil, buah manis yang sering dijadikan toping kue ini sangat tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kalsium rendah lemak. Buah ceri juga termasuk sumber serat tanpa kandungan garam.

Studi lainnya telah membuktikan bahwa mengonsumsi buah ceri bisa meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan toleransi terhadap rasa nyeri, membantu proses recovery setelah berolahraga, serta membantu kita tertidur nyenyak.

Antioksidan dalam buah ceri sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari risiko-risiko berbahaya yang bisa muncul akibat radikal bebas selama tubuh sedang mengolah oksigen dan makanan menjadi energi.

Kopi

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Bukan sekali dua kali penelitian berhasil membuktikan bahwa kopi sangat baik untuk kesehatan. Kopi bisa meminimalisir kemungkinan gagal jantung, mencegah risiko depresi, sebagai anti kanker, anti-diabetes, bahkan bisa memperpanjang harapan hidup. Kandungan antioksidannya pun sangat baik untuk kesehatan otak.

Coklat Hitam

article image

Image source: caloriesecrets.net

Coklat mengandung flavonoid, yang berkhasiat untuk melindungi jantung dari serangan penyakit dan penurunan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Coklat hitam mampu memperlancar peredaran darah dalam tubuh, bahkan bisa merangsang produksi hormon insulin.

Kesehatan sejati tidak bisa didapat hanya melalui makanan bergizi saja. Tubuh kita perlu diolah secara teratur dan memastikan kebutuhan istirahat malam terpenuhi. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan kesehatan fisik dan kesehatan mental secara bersamaan.


Demikianlah ulasan kita mengenai nutrisi terbaik di dunia. Ikuti terus perkembangan informasi terbaru seputar tips kesehatan dan gaya hidup menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: goodhousekeeping.com