Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Mengonsumsi Sayur Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang paling mudah dijumpai di pasar maupun supermarket. Sayur bayam mungkin juga mengingatkan kamu pada Popeye si Pelaut, karakter kartun yang gemar makan bayam dan menjadikan tubuhnya lebih kuat.

Tidak salah bila Popeye digambarkan menyukai sayur bayam. Faktanya, sayur bayam memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari sayur bayam? Mari simak deretan manfaat sayur bayam berikut ini yang wajib kamu ketahui.

Mencegah Kanker

article image

Image source: health.detik.com

Sayur bayam memiliki berperan dalam mencegah kanker. Hal itu disebabkan kandungan klorofil pada bayam efektif sebagai penahan efek karsinogenik dari amina heterosiklik. Selain itu manfaat sayur bayam ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan sudah dibuktikan melalui penelitian pada seorang wanita yang memiliki tumor serviks.

Baik untuk Kesehatan Mata

article image

Image source: journal.sociolla.com

Sayur bayam mengandung beta-karoten, lutein dan xanthene yang baik untuk penglihatan. Sayur bayam kaya akan vitamin A dan dapat memenuhi kebutuhan harian kamu. Makan sayur bayam secara rutin juga dapat mengurangi rasa gatal di mata, dapat membantu mengobati ulkus mata dan gangguan mata yang lain.

Kandungan karotenoid pada sayur bayam dapat melindungi kamu dari penyakit penglihatan yang biasa menyerang orang usia lanjut, seperti rabun senja. Manfaat sayur bayam lainnya dipengaruhi oleh kandungan xanthene dan lutein yang berperan sebagai antioksidan dalam mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak.

Memperkuat Otot

article image

Image source: runtastic.com

Nah ini dia manfaat sayur bayam yang dirasakan oleh Popeye si Pelaut. Sayur bayam diketahui dapat memperkuat otot dan mengencangkan otot, terutama otot jantung.

Sayur bayam memiliki koenzim Q-10 yang berperan sebagai antioksidan yang membantu memompa darah ke seluruh tubuh sebagai dampak positif dari otot jantung yang lebih kuat. Tidak hanya itu, koenzim juga dapat mencegah risiko penyakit gagal jantung, hipertensi dan penyakit jantung koroner.
Selain itu, sayur bayam juga kaya akan kandungan protein yang mudah dipecah oleh enzim menjadi asam amino. Itulah sebabnya sayur bayam dapat membantu perkembangan otot sekaligus menguatkan otot.

Menjaga Tekanan Darah

article image

Image source: lifestyle.kompas.com

Manfaat sayur bayam juga dapat dirasakan oleh penderita hipertensi. Sayur bayam dapat menjadi alternatif untuk menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dikarenakan sayur bayam memiliki kandungan potasium yang dapat mengurangi risiko terkena hipertensi.

Kandungan folat pada sayur bayam juga dapat menenangkan pembuluh darah. Jika tekanan darah kamu stabil, otomatis kamu akan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular dan tubuh bisa mendapatkan oksigen yang baik.

Baik untuk Ibu Hamil

article image

Image source: tuasaudee.com

Manfaat sayur bayam ternyata berpengaruh besar bagi janin yang sedang tumbuh. Itulah sebabnya ibu hamil disarankan mengonsumsi sayur bayam karena mengandung folat yang dibutuhkan oleh janin.
Kandungan sayur bayam akan mengembangkan sistem saraf janin secara tepat sehingga calon bayi dapat terhindar dari cacat seperti bibir sumbing atau spina bifida (celah pada tulang belakang dan saraf tulang belakang).

Vitamin A yang terkandung pada sayur bayam juga diperlukan untuk perkembangan paru-paru janin. Sayur bayam juga baik dikonsumsi untuk ibu menyusui karena kandungan sayur bayam dapat disalurkan ke bayi selama menyusui.

Mengendalikan Kadar Gula

article image

Image source: hellosehat.com

Sayur bayam mengandung antioksidan atau asam alfa-lipoat yang dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah perubahan oksidatif yang dipicu oleh stres yang dialami penderita diabetes. Kandungan asam alfa-lipoat pada sayur bayam ternyata dapat menurunkan risiko neuropati perifer dan otonom pada penyandang diabetes.

Menyehatkan Tulang

article image

Image source: hellosehat.com

Sayur bayam mengandung vitamin K yang dapat membantu kamu dalam penyerapan kalsium oleh tulang dan menjadikan tulang lebih kuat. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Jadi jangan lupa untuk mengonsumsi sayur bayam untuk kesehatan tulang kamu.
Mengonsumsi sayur bayam juga dapat memberi manfaat sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh melalui urine. Dengan meningkatnya penyerapan kalsium, tentu dapat mencegah osteoporosis bagi mereka yang sudah berusia lanjut.

Mencegah Asma

article image

Image source: halodoc.com

Sayur bayam ternyata dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit asma. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sering mengonsumsi sayur bayam cenderung memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena asma dibanding anak-anak yang jarang makan sayur bayam. Manfaat sayur bayam dalam pencegahan penyakit asma ini disebabkan oleh kandungan beta-karoten yang mampu menurunkan risiko penyakit asma.

Meningkatkan Metabolisme

article image

Image source: styleofthecitymag.co.uk

Manfaat sayur bayam berikutnya adalah dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Tidak heran bila sayur bayam kerap kali disarankan sebagai menu sehari-hari karena sayur bayam memiliki jumlah protein yang tinggi. Kandungan protein pada sayur bayam mudah dipecah oleh enzim menjadi asam amino.

Sayur bayam juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyembuhkan luka dan mendorong metabolisme tubuh agar organ-organ tubuh dapat berfungsi secara optimal. Fakta menariknya lainnya, ternyata sayur bayam mengandung thilakoid yang dapat menunda rasa lapar sehingga dapat membantu kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Meningkatkan Kesehatan Otak

article image

Image source: brainblogger.com

Sayur bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang penting bagi kesehatan otak. Hal itu disebabkan sayur bayam memiliki kandungan mineral seperti asal folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan antioksidan yang dapat mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak.


Itu dia 10 manfaat sayur bayam yang sangat penting bagi tubuh. Dengan mengonsumsi sayur bayam secara rutin, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat yang akan meningkatkan kesehatan tubuh. Namun kamu harus tetap memperhatikan asupan sayur bayam jangan sampai berlebihan. Cek Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: stylecraze.com