Ladies, Kenali Ciri Ciri Kanker Payudara Stadium Awal

Beberapa hari lalu tepatnya tanggal 26 Oktober diperingati sebagai Hari Kanker Payudara Sedunia. Tujuan dari peringatan tahunan adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya kanker payudara.

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakutkan oleh wanita. Penyakit ini memang lebih sering terjadi pada wanita dibanding laki-laki. Seseorang yang menderita kanker payudara akan mengalami pertumbuhan abnormal pada sel-sel payudara berupa benjolan.

Benjolan pada payudara bisa bersifat jinak atau tidak bersifat kanker, bisa pula bersifat ganas atau bersifat kanker. Jika terlambat mendapat penanganan akan berakibat fatal karena sel-sel kanker bisa membelah dengan cepat. Nah ladies, deteksi kanker payudara sangat penting untuk mencegah penyakit semakin parah.

Apa saja tanda-tanda awal kanker payudara? Mari simak penjelasan berikut agar kamu mengenali ciri-ciri kanker payudara sejak stadium awal.

Kanker Payudara Stadium Awal

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling berbahaya bagi wanita setelah kanker serviks. Belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker payudara. Namun diduga penyakit ini muncul karena terdapat kerusakan sel dan perubahan sifat genetik pada jaringan payudara.

Kanker payudara stadium awal merupakan kanker payudara stadium nol dan stadium 1. Saat penyakit kanker masih stadium nol, sel kanker sudah ada dan berkembang di saluran payudara, tetapi belum menyebar. Ketika penyakit kanker sudah menginjak stadium 1, sel kanker berkembang dan membesar di bagian payudara tempat sel tersebut tumbuh, masih belum menyebar dan berukuran kurang dari 5 cm.

Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium Awal

Pentingnya mendeteksi ciri-ciri kanker payudara saat stadium awal menjadi sangat penting karena pada stadium ini sel kanker belum menyebar sehingga kamu dapat melakukan pencegahan yang membuatnya menjadi lebih parah. Pada stadium nol mungkin kamu belum menemukan tanda apa pun. Namun, pada stadium 1 umumnya sudah mulai terlihat tanda-tanda atau gejala awal kanker payudara.

Nah, supaya kamu dapat mendeteksi kanker payudara sejak dini, berikut adalah ciri-ciri kanker payudara stadium awal. Kenali gejala sedini mungkin supaya tidak terlambat untuk mengobatinya.

1. Muncul Benjolan di Payudara

Tanda awal dari kanker payudara adalah adanya benjolan pada payudara. Namun tidak semua benjolan yang muncul pada payudara merupakan tanda kanker. Bisa jadi benjolan tersebut karena faktor hormonal atau jaringan lemak yang rusak.

Supaya tidak keliru, benjolan kanker payudara memiliki ciri tekstur keras dengan batas yang tidak jelas dan permukaan yang tidak rata. Benjolan ini akan menetap selama 8 hingga 10 hari usai menstruasi. Jika benjolan berdekatan dengan puting susu, akan terlihat puting susu seperti tertarik ke dalam dan lengket.

2. Rasa Sakit pada Puting dan Payudara

article image

Image source: thermographycenters.com

Ciri lain dari kanker payudara stadium awal adalah rasa nyeri pada puting. Bentuk puting juga mengalami perubahan menjadi lebih bengkak dan tiba-tiba memerah tanpa diketahui penyebabnya. Rasa sakit pada payudara pun tidak kunjung hilang.

Dalam beberapa kasus, sebagian wanita justru tidak merasa sakit atau nyeri pada payudaranya. Di sisi lain, puting akan mengeluarkan cairan encer atau kental yang tidak biasa, berwarna cokelat, kuning atau bening. Namun, cairan ini tidak selalu menandakan adanya kanker payudara.

Bisa jadi keluarnya cairan tak biasa itu menandakan infeksi, efek samping pil KB, penyakit tiroid atau efek samping obat tertentu. Jika payudara mengeluarkan cairan selain ASI, sebaiknya segera periksakan diri kamu ke dokter.

3. Warna dan Tekstur Kulit Payudara Berubah

Perubahan warna kulit pada payudara tidak selalu disebabkan oleh infeksi lho, ladies!. Selain benjolan pada payudara, perubahan warna kulit payudara sudah cukup memberi tanda supaya kamu mulai waspada. Umumnya kulit payudara akan menjadi kemerahan mirip dengan iritasi dan pembuluh vena akan terlihat pada payudara. Jika mengalami tanda ini, kamu akan bisa melihat urat-urat di bagian payudara dengan jelas.

Perubahan tekstur kulit payudara juga sering terjadi sebagai gejala awal kanker payudara. Sel kanker akan menyerang sel-sel kulit payudara yang sehat sampai meradang dan tekstur asli berubah. Permukaan kulit tampak berlesung seperti kulit jeruk karena ada penumpukan cairan getah bening dan terjadi penebalan kulit di area sekitar payudara.

Selain itu, kulit di sekitar puting dan areola akan bersisik dan sangat kering. Perubahan tekstur kulit payudara tersebut akan menyebabkan rasa gatal.

4. Benjolan pada Ketiak

article image

Image source: aksam.com.tr

Selain benjolan yang muncul pada payudara, kamu juga
harus waspada apabila terdapat benjolan juga pada ketiak. Benjolan di ketiak ini ternyata berhubungan dengan kanker payudara karena jaringan payudara yang meluas hingga ke bawah ketiak.

Bengkak di sekitar ketiak disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening yang ada di area tersebut. Sel kanker pun dapat menyebar melalui kelenjar getah bening tersebut.

Cara Mendeteksi Kanker Payudara Stadium Awal

Selain mengenali ciri-ciri kanker payudara, kamu juga perlu tahu cara mendeteksi kanker payudara sejak dini. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mendeteksi ciri-ciri kanker payudara stadium awal.

1. Memeriksa Payudara Sendiri

article image

Image source: halodoc.com

Cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui tanda awal kanker payudara adalah melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau disebut dengan SADARI. Pemeriksaan payudara merupakan metode pengecekan yang dapat dilakukan di rumah untuk memeriksa apakah ada benjolan pada payudara.

Para wanita disarankan untuk melakukan SADARI secara rutin agar mengenali tekstur jaringan payudara normal, sehingga apabila suatu saat merasakan hal yang tidak biasa pada payudara kita bisa langsung memeriksakannya ke dokter. Lakukan pemeriksaan ini setiap bulan agar dapat mendeteksi tanda-tanda tak biasa sejak dini.

Waktu terbaik untuk melakukan SADARI adalah beberapa hari setelah siklus menstruasi selesai. Pada waktu ini payudara berada pada status normal, tidak seperti saat menstruasi di mana perubahan hormon yang terjadi dapat mempengaruhi bentuk payudara. Sedangkan bagi wanita yang sudah tidak mengalami siklus menstruasi, lakukan SADARI setiap bulan pada tanggal yang sama, misalnya setiap tanggal 1.

2. Mammografi

article image

Image source: doktersehat.com

Cara kedua adalah dengan melakukan pemeriksaan mammografi. Pemeriksaan ini menggunakan teknik memindai gambar dengan sinar rontgen rendah untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker payudara. Biasanya mammogram dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan klinis rutin dan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI setiap bulan.

Wanita berusia 40 tahun atau lebih sangat direkomendasikan untuk menjalani mammogram sekali sampai dua kali dalam sebulan. Apalagi jika kamu memiliki keluarga dengan riwayat kanker payudara, kemungkinan dokter akan memberi rekomendasi untuk melakukan mammogram lebih dini dan lebih sering. Selain itu dokter juga bisa menambahkan alternatif pemindaian yang lain.

Berbeda dengan SADARI yang dilakukan secara manual di rumah, pada prosedur mammografi payudara akan ditempelkan pada layar pemindai rontgen dan ditekan ke bawah untuk meratakan jaringan dengan menggunakan kompresor. Pemeriksaan dengan alat ini akan menunjukkan visualisasi yang lebih jelas dari kondisi payudara kamu.

Hal yang perlu diperhatikan, biasanya dokter akan meminta kamu untuk menahan napas setiap kali proses pengambilan gambar. Jika baru pertama kali melakukan pemeriksaan seperti ini mungkin kamu akan merasa tidak nyaman atau agak nyeri. Namun jangan khawatir ladies, rasa tidak nyaman dan nyeri tersebut tidak akan lama.

Setelah mendapatkan visualisasi yang ditampilkan pada layar pemindai, dokter akan memeriksa hasil gambar tersebut. Apabila hasil gambar kurang jelas atau butuh pemeriksaan lebih lanjut, dokter akan meminta teknisi radiologi untuk mengambil gambar tambahan. Jika berada pada situasi seperti ini, jangan panik ladies karena hal ini lazim dilakukan.


Nah ladies, sangat penting bagi perempuan untuk mengetahui tanda-tanda awal kanker payudara. Lakukan pemeriksaan payudara secara rutin untuk mendeteksi penyakit sejak dini. Apabila kamu menemukan sesuatu yang tidak biasa pada payudara kamu, segera periksakan diri ke dokter.

Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan info-info menarik seputar gaya hidup dan hiburan lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

featured image source: asset.kompas.com