7 Alasan Kenapa Kamu Harus Pelihara Hewan di Rumah

Pernahkah kamu terpikirkan untuk memiliki hewan peliharaan di rumah? Kalau iya, sebaiknya kamu mengetahui beberapa manfaat dari memelihara hewan di rumah seperti yang akan kita bahas kali ini. Memiliki hewan peliharaan tidak hanya menyenangkan, selain bisa menjadi teman hidup, kehadiran mereka juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental manusia, terutama untuk menekan stres dan meringankan beban pikiran. Memelihara hewan juga mampu mendatangkan kebaikan bagi pemiliknya, karena jika kita saling mengasihi dengan sesama makhluk tuhan, tingkat kepedulian kita terhadap alam dan lingkungan sekitar otomatis akan ikut bertambah.

1. Gaya Hidup yang Lebih Sehat

article image

image source: boombastis.com

Berdasarkan hasil riset Journal of Physical Activity and Health, gaya hidup seseorang yang memiliki hewan peliharaan cenderung lebih aktif dibanding mereka yang tidak memelihara hewan. Melalui riset ini, para peneliti melakukan pengamatan terhadap 40.000 orang dewasa untuk menentukan seberapa aktif kegiatan fisik yang dilakukan oleh para pemilik hewan peliharaan tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa pemilik anjing peliharaan cenderung lebih aktif berjalan kaki dan jarang menggunakan transportasi dibanding mereka yang tidak memelihara hewan.

2. Meningkatkan Rasa Percaya diri

article image

image source: abcnews.go.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau hewan peliharaan bisa membuat pemiliknya lebih terbuka dan percaya diri. Hal ini juga telah dibuktikan melalui salah satu hasil penelitian Journal of Personality & Social Psychology, disebutkan bahwa jika seseorang memiliki hewan peliharaan, dia akan merasa lebih percaya diri, terutama bagi anak-anak. Memelihara hewan di rumah otomatis akan membuat pemiliknya berusaha membangun rasa saling percaya dengan hewan peliharaannya, dengan begitu, seseorang bisa belajar untuk saling memahami dan mempercayai.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

article image

image source: lifesitenews.com

Buat kamu yang punya hewan peliharaan di rumah, kamu pasti sering melakukan kontak fisik seperti mengelus-elus atau menggendong hewan peliharaan kamu. Berdasarkan hasil riset Mental Health Foundation & Cats Protection, kontak fisik seperti itu ternyata bisa berdampak positif pada kondisi kesehatan mental seseorang. Para peneliti melakukan pengamatan pada 600 orang yang memiliki hewan peliharaan, dan hasilnya menunjukkan bahwa 87% pemelihara kucing memiliki kondisi kesehatan mental yang lebih baik.

4. Sistem Imun yang Lebih Kuat

article image

image source: pinterest.com

Sebuah penelitian dari University of Wisconsins’s School of Medicine and Public Health, memelihara hewan di rumah bisa membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih kuat dibanding dengan yang tidak, khususnya pada anak-anak. Hal ini terjadi karena tubuh seseorang yang sering berdekatan dengan hewan akan menghasilkan lebih banyak sel kekebalan tubuh (imun) sehingga bisa lebih resistensi terhadap alergi dan penyakit pernapasan. Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan rumor yang banyak beredar bahwa hewan peliharaan bisa membuat tubuh seseorang menjadi rentan terhadap penyakit.

5. Melatih Jiwa Kepemimpinan

article image

image source: cottagehomestead.blogspot.com

Kebiasaan merawat hewan peliharaan dapat melatih jiwa kepemimpinan dan profesionalisme. Menurut hasil survei yang dilakukan sekelompok peneliti dari rumah sakit hewan Banfield dan Kelton Research, memelihara hewan di rumah ternyata dapat berpengaruh pada kesuksesan profesional seseorang. Melalui survei tersebut, diketahui bahwa sekitar 86% orang yang memiliki hewan peliharaan memiliki kemampuan manajemen waktu dan kemampuan multitasking yang lebih baik karena mereka sudah terbiasa mengurus segala kebutuhan hewan peliharaan mereka. Survei ini juga menunjukkan bahwa 99% responden mengaku jika anak-anak mereka lebih berhasil di sekolahnya jika mereka mengurus hewan peliharaan.

6. Meningkatkan Ketenangan Diri

article image

image source: americanhumane.org

Dengan memelihara hewan, tingkat ketenangan diri seseorang juga akan lebih baik, sehingga dapat mengatasi rasa stres secara lebih mudah. Hal ini berhasil dibuktikan melalui hasil riset Psychosomatic Medicine. Melalui riset tersebut, para pemilik hewan peliharaan diminta mengerjakan tes matematika bersama peserta lain yang tidak memiliki hewan peliharaan dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Selama menjalani tes tersebut, para peserta yang memiliki hewan peliharaan cenderung lebih tenang dan tidak mengalami peningkatan detak jantung ataupun tekanan darah, terutama ketika hewan peliharaan mereka dihadirkan ke ruangan tes, para peserta yang memiliki hewan peliharaan membuat kesalahan lebih sedikit selama menjalani tes.

7. Tempat Mencurahkan Hati

article image

image source: vetstreet.com

Salah satu keuntungan dari memelihara hewan di rumah adalah kita memiliki tempat untuk mencurahkan hati. Terkadang, para pemilik hewan peliharaan di rumah lebih memilih untuk berkeluh kesah kepada hewan peliharaannya, dan ini adalah sesuatu yang lazim dilakukan. Walaupun hewan tidak mengerti apa yang kita katakan, tapi sebenarnya mereka mampu memahami perasaan dan emosi kita. Entah itu kucing, anjing, atau hewan peliharaan lainnya, jika kita bisa merawat mereka dengan benar, maka mereka bisa menjadi pendengar yang baik untuk pemiliknya.


Itulah 7 alasan kenapa kamu harus pelihara hewan di rumah, selalu diingat bahwa hewan juga memiliki perasaan dan kemampuan untuk memahami sesama makhluk, mereka tidak pernah menyakiti manusia kecuali jika manusianya itu sendiri yang berbuat salah. Hewan bisa menjadi teman hidup atau ancaman, tergantung dari cara kita memperlakukan mereka. Temukan pet shop terbaik yang ada di Gotomalls untuk melengkapi semua kebutuhan hewan peliharaan. Gotomalls adalah aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls