Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Gratis untuk Pencinta Buku

Di era digital seperti sekarang kamu tidak harus pergi ke toko buku untuk membeli buku. Kamu juga tidak harus pergi ke perpustakaan untuk meminjam buku. Kabar baiknya, kamu bisa membaca buku secara gratis dengan aplikasi yang bisa diunduh di smartphone kamu.

Saat ini sudah banyak aplikasi di Google PlayStore yang menyediakan ribuan buku gratis untuk dibaca. Kamu bisa membaca buku baik fiksi maupun nonfiksi melalui aplikasi baca buku gratis tersebut. Tidak hanya gratis, kamu pun bisa membacanya kapan dan di mana saja hanya melalui smartphone atau tablet.

Nah, berikut ini Gotomalls rekomendasikan beberapa aplikasi baca buku gratis untuk para pencinta buku milenial. Yuk disimak!

iPusnas

article image

Image source: nextren.grid.id

Dengan aplikasi baca buku gratis iPusnas, kamu tidak perlu datang ke perpustakaan untuk meminjam buku. Aplikasi buatan Perpustakaan Nasional ini menyediakan banyak koleksi buku seperti halnya di perpustakaan. Jadi kalau kamu lagi mager, bisa banget nih berkunjung ke perpustakaan digital ini.

Ada berbagai kategori buku yang bisa kamu temukan di iPusnas, mulai dari budaya, kesehatan, kuliner, pendidikan hingga buku motivasi. Selain itu, iPusnas juga menyediakan novel-novel dari penulis ternama seperti Tere Liye. Untuk dapat membaca buku-buku tersebut, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.

Setelah melakukan registrasi, kamu pun bisa meminjam
buku dari perpustakaan digital ini. Gunakan fitur e-reader pada aplikasi untuk membacanya. Setiap hari kamu dapat meminjam maksimal 3 judul buku. Menariknya lagi, kamu bisa baca buku secara offline dengan aplikasi ini.

iJakarta

article image

Image source: id.techinasia.com

Selain iPusnas, ada perpustakaan digital lainnya yakni iJakarta. Perpustakaan digital ini diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan berbasis media sosial pada Oktober 2015 lalu. Peluncuran iJakarta mendapat banyak dukungan dari berbagai penerbit seperti Gramedia, Erlangga, Mizan dan lainnya.

Sekilas tampilan iJakarta mirip dengan iPusnas. Cara meminjam bukunya pun sama, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Kamu bisa meminjam buku dengan batas waktu selama empat hari. Setelah masa peminjaman habis, buku pun secara otomatis akan dikembalikan.

Wattpad

article image

Image source: inet.detik.com

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi buatan Kanada ini memang populer di kalangan pencinta buku. Di Wattpad kamu pun bisa membaca novel dengan berbagai genre, seperti romance, chicklit, komedi, horor hingga fan fiction.

Untuk pilihan novelnya sendiri Wattpad menyediakan novel dalam negeri dan mancanegara. Kamu juga bisa menemukan buku genre lain di aplikasi baca buku gratis ini. Kamu bisa memasukkan judul buku favoritmu ke dalam reading list.

Tidak hanya membaca novel saja, kamu pun bisa mengunggah karyamu melalui aplikasi Wattpad. Aplikasi ini memiliki fitur create yang memungkinkan kamu untuk membagikan tulisan ke sesama pengguna. Tidak jarang penulis terkenal pada mulanya mempublikasikan tulisannya di Wattpad. Penerbit juga sesekali mencari novel-novel berkualitas di Wattpad untuk diterbitkan.

Novel Nusantara

article image

Image source: thegorbalsla.com

Aplikasi baca buku gratis berikutnya adalah Novel Nusantara. Aplikasi ini wajib banget kamu unduh karena memiliki tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Kamu pun dapat menjumpai koleksi novel dari penulis lokal dengan beragam genre.

Aplikasi Novel Nusantara memiliki fitur menarik yakni menerapkan sistem level untuk pembaca yang sudah membaca banyak novel. Apabila kamu sudah mencapai level tertentu, kamu akan mendapatkan 'martabak'. Jangan salah sangka dulu ya, martabak yang dimaksud adalah alat yang dapat kamu gunakan untuk memberikan rating kepada penulis yang kamu sukai.

Baca juga rekomendasi novel-novel di bawah ini:

Articles

Amazon Kindle

article image

Image source: techgiri.com

Amazon Kindle merupakan salah satu aplikasi baca buku yang populer. Tidak hanya menyediakan buku, aplikasi ini juga menyediakan majalah seperti New York Times Magazine dan koran. Jadi kamu tidak perlu membeli koran, cukup dengan Amazon Kindle kamu bisa membaca koran digital.

Amazon Kindle juga terkoneksi dengan perpustakaan terdekat yang ada di daerah kamu. Melalui fitur ini kamu dapat mengunduh e-book yang tersedia di perpustakaan. Aplikasi baca buku ini juga cocok untuk kamu yang menyukai novel-novel klasik seperti Pride and Prejudice.

Untuk memudahkan pembaca, Amazon Kindle juga menyediakan kamus, Google serta Wikipedia Kindle untuk membantu pembaca mencari kosakata yang sulit dimengerti. Dengan menekan dan menahan kata yang dipilih selama beberapa saat, maka aplikasi akan memunculkan definisi dari kata tersebut atau penjelasan dari Google maupun Wikipedia. Menarik banget kan?

Google Play Books

article image

Image source: makeoverarena.com

Aplikasi baca buku yang bisa digunakan secara gratis berikutnya adalah Google Play Books. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi kumpulan e-book yang sangat populer di kalangan pengguna Android, terutama penggemar buku.

Google Play Books menyediakan novel dengan berbagai genre dan bermacam-macam buku yang bisa kamu download secara gratis. Hanya saja tidak semua e-book bisa kamu unduh secara gratis karena ada pula yang berbayar. Selain buku dan novel, kamu juga bisa membaca komik digital melalui aplikasi baca buku ini.

Google Play Books memiliki fitur menarik di mana kamu tidak perlu membaca buku melainkan bisa mendengarkannya. Jadi kalau kamu lagi malas membaca, kamu bisa menggunakan fitur mendengar buku ini.

Free Books

article image

Image source: igeeksblog.com

Free Books merupakan aplikasi baca buku gratis yang bisa kamu gunakan untuk membaca e-book dengan bonus audiobook. Free Books menyediakan beragam jenis e-book termasuk buku-buku klasik seperti novel zaman Victoria sampai sejarah tentang manusia.

Aplikasi baca buku gratis ini menyediakan lebih dari 20.000 judul e-book dengan bonus lebih dari 50.000 audiobook. Dengan banyaknya e-book yang tersedia, tentu kamu jadi punya banyak pilihan bahan bacaan.


Nah itu dia beberapa pilihan aplikasi baca buku gratis yang bisa kamu coba. Dengan aplikasi-aplikasi tadi, kamu tidak harus pergi ke toko buku atau perpustakaan. Jangan lupa ikuti terus update informasi terbaru hanya di Gotomalls.com!

Malls

featured image source: okezone.com