Manga dengan Chapter Terbanyak

Komik karya mangaka asal Jepang atau yang lebih akrab dikenal sebagai manga punya jutaan penggemar di seluruh dunia. Kisah-kisah yang tertuang dalam serial manga seringkali menceritakan dunia fantasi dengan karakter-karakter superiornya.

Namun, saat ini sudah banyak pula manga-manga yang menceritakan tema kehidupan pada umumnya, mulai dari kisah kehidupan di sekolah, kisah romantis, petualangan, keluarga, dan masih banyak lagi.

Mengutip CBR, gaya manga yang populer pada saat ini sudah mulai berkembang sekitar 70 tahun silam. Sampai hari ini, ribuan manga telah diproduksi dengan berbagai genre dan tema.

Meski begitu, belum ada yang sanggup mengalahkan 5 manga berikut ini. Selain masih terus diikuti oleh penggemar dari berbagai negara, judul-judul manga di bawah ini memiliki volume/chapter yang sangat panjang.

Berikut 5 manga dengan chapter terbanyak:

1. Dokaben

article image

Image source: Amazon.com

Bagi penggemar lama serial manga Jepang, Dokaben pastinya sudah tidak asing lagi. Manga yang mengangkat tema olahraga baseball ini sudah sangat melegenda. Seri Dokaben terbitkan sejak 46 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1972 silam.

Manga yang mengilhami 205 volume itu menceritakan tentang klub baseball di sekolah menengah. Dokaben pun menginspirasi lahirnya manga lain seperti Dokaben Pro Yakyu-hen atau Pro Baseball Arc, Dokaben Superstars-hen, dan Dokaben: Dream Tournament-hen.

2. Golgo 13

article image

Image source: Amazon.com

Golgo 13 adalah karya fenomenal dari mangaka veteran Takao Saito yang sudah diproduksi sejak tahun 1968. Manga ini menceritakan sepak terjang Golgo 13 alias Duke Togo, seorang pembunuh bayaran profesional yang menerima tugas apapun selama klien-nya mampu membayar.

Golgo 13 sempat menyabet rekor Guinness World Record untuk “Judul Manga dengan Volume Terbanyak yang Pernah Terbit.” Manga ini sudah terbit lebih dari 200 volume di pasaran.

3. Kochikame

article image

Image source: Liputan6.com

Kochira Katsushika-ku Kamearikouen-mae Hashutsujo (Kochikame) karangan Osamu Akimoto merupakan salah satu manga terpanjang yang pernah ada. Perjalanannya pun sudah lebih dari 40 tahun dan sempat dirayakan dengan sebuah pentas khusus di Jepang.

Osamu Akimoto pertama kali meluncurkan manga Kochira Katsushika-ku Kamearikouen-mae Hashutsujo pada tahun 1976. Karyanya itu sukses menjadi seri manga terpanjang di majalah Weekly Shonen Jump. Secara total, manga ini telah terbit sebanyak 200 volume dan ribuan chapter.

4. Cooking Papa

article image

Image source: mangayeh.com

Cooking Papa adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tochi Ueyama. Manga ini telah dirilis di majalah antologi seinen Kodansha Morning sejak 1985. Cooking Papa menjadi salah satu seri manga terpanjang berdasarkan jumlah volume, yaitu 151 volume dengan 1,478 chapter.

Ceritanya berkisar pada seorang papa berusia 30 tahunan yang sehar-hari bekerja sebagai pegawai kantoran biasa namun diam-diam hobi masak. Masakannya sangat disukai orang-orang baik di rumah maupun di tempat kerjanya.

5. Grappler Baki

article image

Image source: KASKUS

Grappler Baki adalah serial manga Jepang karya Keisuke Itagaki. Manga ini awalnya diserialkan di Weekly Shonen Champion dari tahun 1991 hingga 1999 dan telah dikumpulkan menjadi 42 volume tankōbon oleh Akita Shoten. Sampai saat ini, Grappler Baki sudah terbit sebanyak 1,194 chapter dalam 136 volume.

Ceritanya adalah tentang Baki Hanma saat ia melatih dan menguji keterampilan bertarungnya melawan berbagai lawan yang berbeda dalam pertarungan tangan kosong yang mematikan.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: The Jakarta Post