Aplikasi Baca Novel Gratis

Perkembangan dunia digital telah mengubah banyak hal dalam gaya hidup kita, tak terkecuali dalam tren membaca sekalipun. Dari tahun ke tahun, penggunaan media digital kian mempengaruhi perubahan pola pembaca di sekeliling kita.

Salah satu perubahan ini bisa kita lihat dari maraknya penggunaan aplikasi baca novel gratis yang bisa diunduh di perangkat mobile. Fasilitas yang ditawarkan melalui aplikasi-aplikasi ini tidak cuma menguntungkan bagi para pembaca, namun juga penulis-penulis yang ingin menyebarkan karya mereka.

Kalau kamu ingin membaca novel secara gratis dengan koleksi cerita-cerita seru, kamu bisa coba unduh 6 aplikasi berikut ini.

1. Aplikasi Baca Novel Gratis Wattpad

article image

Image source: Theverge.com

Siapapun yang hobi membaca novel fiksi pasti sudah sangat familiar dengan aplikasi baca novel gratis yang satu ini. Wattpad termasuk salah satu pelopor sekaligus key player di industri ini.

Sebagai layanan dan aplikasi yang sudah berdiri sejak tahun 2006, Wattpad telah berhasil mengumpulkan banyak sekali cerita-cerita fiksi menarik dalam berbagai kategori dan genre. Jumlah pembacanya pun sudah mencapai jutaan orang di seluruh dunia.

Karya-karya yang pernah terbit di Wattpad juga sudah berulang kali diangkat ke layar lebar, termasuk di Indonesia.

2. Storial.co

article image

Image source: InfoKomputer - Grid.ID

Selanjutnya ada platform online berbagi cerita dari Indonesia, yaitu Storial.co. Aplikasi ini sudah sangat populer di kalangan penulis fiksi dan para pembaca setianya. Terdapat koleksi-koleksi cerita seru dari berbagai genre, mulai dari novel fantasi, teenlit, novel horor, novel anak, dan masih banyak lagi.

Selain tersedia novel-novel gratis, Storial.co juga menyediakan novel Premium yang bisa dibaca setelah membayar sejumlah koin. Untuk mengisi koin di akun Storial, kita bisa melakukan top-up dengan harga yang terbilang cukup murah.

3. NovelPlus

article image

Image source: Youtube/NovelPlus

Aplikasi baca novel gratis berikutnya adalah NovelPlus yang enggak kalah populer di Android. Secara umum, NovelPlus mengusung konsep yang serupa dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, dimana penulis bisa bebas menerbitkan karya-karyanya kepada pembaca.

Jika karyamu berhasil menarik banyak pembaca, tulisan kamu berpotensi terpilih sebagai rekomendasi pilihan editor yang akan ditampilkan di halaman utama. Sedangkan untuk pembaca, kamu bisa memiliki akses penuh untuk membaca berbagai novel dari berbagai genre.

4. NovelToon

article image

Image source: Pohonketelamenulis.com

NovelToon sangat cocok untuk pembaca remaja. Sebab, aplikasi ini bisa merekomendasikan jenis-jenis bacaan yang disesuaikan dengan penggunanya saat pertama kali membuat akun.

Selain akses ke novel-novel gratis, kita juga bisa membuat daftar bacaan sendiri dengan cara mengunduh novel untuk dibaca secara offline kapanpun dan dimanapun.

Selain karya-karya fiksi dalam bentuk tulisan, NovelToon juga menawarkan fitur Podcast dan AudioBooks kalau kamu lebih suka mendengarkan cerita.

5. Innovel

article image

Image source: facebook.com/Innovelofficial

Nah, buat penggemar novel-novel chicklit dengan kisah percintaan yang romantis, Innovel adalah rekomendasi yang tepat. Aplikasi ini secara khusus dibuat untuk pembaca perempuan yang punya preferensi spesifik, seperti drama, romance, hingga novel-novel dengan tema werewolf atau vampir yang sangat populer itu.

Menariknya, pihak developer Innovel sendiri mengklaim bahwa setiap hari selalu ada posting-an cerita baru. Dengan begitu, kamu bisa memilih lebih banyak bacaan setiap harinya.

Khusus bagi penulis, Innovel menyediakan wadah khusus untuk melakukan promosi dan seminar supaya karya-karyamu bisa lebih berkembang!

6. GoodReads

article image

Image source: medium.muz.li

Cari ebook yang menarik dan berkualitas? Kamu harus coba unduh aplikasi baca novel gratis yang satu ini. GoodReads menawarkan sesuatu yang beda dari platform membaca online lainnya. Pengguna bisa mencari berbagai koleksi buku melalui katalog yang tersusun dalam database.

Kita juga bisa saling bertukar insight tentang suatu buku dengan sesama pembaca. Supaya pengguna bisa lebih mudah mendapatkan bacaan yang sesuai selera, Goodreads akan merekomendasikan judul-judul menarik berdasarkan kebiasaan membaca kita.

Pilihan buku novel yang tersedia pun tidak cuma novel fiksi saja, ada berbagai buku sains, self help atau motivasi, sejarah, dan masih banyak lagi. Hanya saja sebagian besar koleksinya belum menyediakan versi bahasa Indonesia.


Demikianlah aplikasi baca novel gratis dengan koleksi cerita-cerita terbaik. Jangan lupa simak terus update info dan tips yang tidak kalah menarik lainnya di Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: TBR News Media