Atlet Bulu Tangkis Tersukses

Siapa atlet bulu tangkis yang paling kalian ingat? Greysia Polii, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Anthony Ginting, atau Jonatan Christie? Mereka adalah beberapa atlet bulu tangkis andalan yang berulang kali membawa pulang medali untuk Indonesia.

Namun sebelum mereka, atlet bulu tangkis kawakan Indonesia juga tak kalah hebat. Saking hebatnya mereka sampai masuk sebagai 4 diantara 10 pemain bulu tangkis paling sukses di Dunia.

Berikut ini kami punya daftar 10 atlet bulu tangkis tersukses. 4 diantaranya adalah pemain asal Indonesia.

1. Lin Dan

article image

Image source: pikiranrakyat.com

Lin Dan adalah atlet bulu tangkis asal China. Atlet bulu tangkis ini mulai aktif dalam olahraga netting sejak tahun 2000 hingga 2020.

Dilansir dari platersbio.com, Lin Dan setidaknya sudah 684 kali menang dan 145 kali kalah. Dia begitu terkenal akan kehebatannya sampai-sampai dijuluki pebulutangkis terbaik.

Pada usianya yang menginjak 21 tahun, Lin Dan bahkan sudah berhasil membawa pulang medali emas Olimpiade. Sejak saat itu ia dijuluki “Super Dan”.

Tidak hanya satu kali, Lin Dan tercatat dua kali meraih medali emas Olimpiade, lima kali World Champion, dan 6 kali All England. Tekat kuat itulah yang membawa Lin Dan mampu berjaya hingga dua dekade.

2. Lee Chong Wei

article image

Image source: mediaindonesia.com

Adalah atlet bulu tangkis asal Negeri Jiran, Malaysia. Lee Chong Wei dikenal dalam dunia bulu tangkis sejak tahun 2000 hingga 2019.

Pria kelahiran Malaysia, 21 Oktober 1892 ini tercatat telah memeangkan 741 kali pertandingan. Sungguh capaian yang membanggakan.

Lee Chong Wei adalah satu-satunya pemain bulu tangkis Malaysia yang harus memegang peringkat dunia. Peringkat 1 selama lebih dari setahun, termasuk 199 minggu beruntun dari 21 Agustus 2008 hingga 12 Juni 2012.

Peraih tiga medali perak Olimpiade di nomor tunggal putra tahun 2008, 2012 dan 2016 dan telah mendominasi Kejuaraan Bulu Tangkis Asia pada tahun 2006 dan 2014.

Lee Chong Wei juga dianugerahi gelar “Datuk Wira” dari Gubernur Malaka Moha Khalil Yaakob.

3. Gao Ling

article image

Image source: skor.id

Gao Ling adalah salah satu Juara YONEX All England terhebat di era modern dan salah satu pemain ganda paling sukses dalam sejarah China dan bulu tangkis wanita dengan menorehkan empat medali atas namanya, terbanyak oleh pemain mana pun.

Wanita kelahiran 14 Maret 1979 ini sudah memulai karir dalam olahraga bulu tangkis sejak 1993 hingga 2009. Sepanjang 16 tahun Gao Ling berhasil memenangkan 611 kali pertandingan.

Pasangan Ganda Putri Huang Sue ini menoreh sejarah dengan memenangkan enam kali kejuaraan berturut-turut dari 2001 hingga 2006. Sudah dipastikan atlet bulu tangkis asal China ini patut masuk dalam daftar 10 pemain bulu tangkis tersukses dunia.

4. Taufik Hidayat

article image

Image source: inews.id

Siapa sih yang tidak kenal dengan pemain bulu tangkis asal Indonesia ini? Taufik Hidayat memulai karirnya sebagai atlet bulu tangkis sejak tahun 1996 hingga 2014.

Setidaknya sudah ada 413 kali kemenangan yang berhasil ia bawa pulang. Taufik Hidayat juga memegang rekor smash tercepat hingga 305 km/jam pada gelaran World Champion 2006.

Pria kelahiran 10 Agustus 1981 ini banyak dipuja penggemar karena permainan magisnya. Ia juga dikenal dengan gaya bermain unik dan original. Tidak salah jika banyak fans bulu tangkis menilai Taufik Hidayat sebagai atlet yang paling menarik untuk ditonton selama pertandingan.

Taufik Hidayat bisa dibilang sebagai pebulutangkis terbaik dari beberapa pemain dominan yang berasal dari Indonesia. Ia bermain di era yang sama dengan Lin Dan. Bahkan beberapa kali bertemu dalam pertandingan final di World Champion dengan persaingan ketat.

5. Tony Gunawan

article image

Image source: indosport.com

Masih dari Indonesia, kini ada Tony Gunawan. Ia adalah atlet bulu tangkis tersukses berikutnya yang merupakan keturunan Indonesia - Amerika.

Atlet bulu tangkis ini bisa dibilang senior dari Taufik Hidayat karena telah memulai karirnya sejak 1992 hingga 2001. Dalam kurun waktu tersebut, Tony berhasil memenangkan pertandingan sebanyak 501 kali.

Tony Gunawan dianggap sebagai Pemain Ganda Terbesar dalam sejarah bulu tangkis. Setidaknya Tony pernah membawa 3 medali emas dalam gelar juara Olimpiade pada tahun 2000, 2001, dan 2005 untuk pasangan ganda putra.

6. Rudy Hartono

article image

Image source: beritasatu.com

Namanya sangat besar pada waktu itu. Rudy Hartono 8 kali berturut-turut memenangkan kejuaraan Bulu Tangkis All England pada tahun 1968 hingga 1974. Rudy Hartono hampir menjadi juara di All England 1975 juga, tetapi dia kalah oleh tunggal putra Denmark, Svend Pri, di babak final.

Kemenangan berturut-turut tersebut juga mengantarkan pria kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1949 ini mendapatkan Rekor Dunia yang belum pernah dicapai siapapun. Meski ia sudah bermain sejak 1970-an namun hingga kini Rudy Hartono masih dipandang sebagai atlet bulu tangkis terhebat sepanjang masa.

7. Liem Swie King

article image

Image source: RRI.com

Liem Swie King adalah atlet bulu tangkis Indonesia paling dikenal baik di dalam maupun di luar negeri. Liem memulai karirnya sebagai atlet sejak 1970 hingga akhir 1988an.

Ia termasuk pemain bulu tangkis paling berpengaruh karena pada usia muda Liem Swie King sudah berhasil menembus final pertandingan All England 1974. Sayangnya dia harus kalah dari juniornya, Rudy Hartono.

Tidak berhenti sampai di sana, karir Liem Swie King ternyata benar-benar bersinar kala ia menjuarai banyak turnamen bulu tangkis berikutnya. Ia bahkan 3 kali menjuarai All England pada 1978,1979, dan 1981. Selain itu Liem Swie King juga mendapatkan medali emas pada World Champion pada 1979 dan 1982.

8. Li Lingwei

article image

Image source: wikipedia.com

Berikutnya ada pemeran wanita asal China, Li Lingwei. Wanita kelahiran 4 Januari 1964 ini telah menyabet banyak medali. Ia juga dinyatakan 30 kali menang dalam pertandingan bulu tangkis dan hanya 2 kali saja kalah.

Adapun medali yang pernah dia persembahkan untuk China adalah tiga kali medali emas pada pertandingan World Champion, 7 kali pada World Cup, dua kali Asian Games, dan tiga kali pada Piala Uber.

9. Peter Hoeg Gade

article image

Image source: zimbio.com

Atlet bulu tangkis tersukses berikutnya berasal dari Denmark. Peter Hoeg Gade pensiun pada 2021 setelah menduduki peringkat puncak dunia berturut-turut pada 1998 hingga 2001.

Saat itu Peter dianggap sebagai atlet bulu tangkis paling ikonik karena penampilan lapangannya yang memukau. Ternyata bakat bermain bulu tangkis yang ia miliki menurun dari kedua orangtuanya yang tuja pemain bulut angkis amatir.

10. Han Aiping

article image

Image source: badmintonplanet.com

Terakhir ada pemain asal China, Han Aiping. Atlet wanita kelahiran 22 April 1962 ini merupakan icon bulu tangkis negeri gingseng saat itu.

Ia mulai berkarir dalam olahraga bulu tangkis sejak 1978 hingga 1989 dan mendapatkan peringkat terbaik pada 1980-an. Han Aiping dikenal juga dengan pukulan overhead dan penglihatan yang luar biasa tajam. Tidak banyak pemain yang mampu menandinginya.

Adapun juara yang pernah dia dapatkan adalah 5 kali World Champion, 5 kali World Cup, 2 kali Asian Games, dan memimpin tim China meraih kemenangan di kompetisi Piala Uber.

Jadi dari kesepuluh tadi Indonesia cukup mendominasi berada pada peringkat 4 sampai 7 atlet bulu tangkis tersukses dunia. Bangga banget ya!

Malls

Featured Image Source: megapolitan.kompas.com