Cara Ampuh Untuk Mengobati Sakit Gigi Dengan Bahan Di Dapur

Setidaknya dalam satu kali seumur hidup, semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Rasa sakit dan nyeri di gigi memang sangat mengganggu, dan bisa membuat seseorang menjadi sensitif dengan kebisingan. Bahkan bisa sampai menimbulkan sakit kepala, demam dan meriang.

Sakit gigi terkadang bisa terjadi pada waktu-waktu tertentu di mana kita tidak mungkin pergi berobat ke dokter, dan mau tidak mau kita harus melakukan pengobatan sendiri di rumah. Tapi, bagaimana caranya? Tenang saja! Kamu bisa mencoba cara-cara ampuh berikut ini!

Berkumur Dengan Air Garam

article image

Image source: naroaudiology.com

Salah satu cara mudah dan cepat untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan melarutkan sedikit garam dengan air, lalu gunakan sebagai obat kumur. Kamu hanya perlu melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat (240 ml). Kumur dalam mulut, pusatkan pada area yang sakit selama beberapa saat lalu buang bekas air kumur tersebut.
Garam bisa menyerap kelembapan dalam mulut untuk membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga dapat mengurangi peradangan yang disebabkan infeksi. Sebelum berkumur, sebaiknya kamu melakukan flossing terlebih dahulu untuk membuang sisa-sisa makanan dan plak yang terselip di sela-sela gigi.

Menggunakan Kompres Es

article image

Image source: mackenziedentalcentre.com

Cara mengatasi sakit gigi lainnya adalah dengan menggunakan kompres es. Ambil beberapa bongkah es dan masukan ke dalam plastik lalu balut dengan waslap tipis. Tempelkan kompres di bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Kamu juga bisa menempelkan kompres secara langsung pada permukaan gigi yang sakit. Trik ini akan membuat saraf gigi kebas sehingga rasa ngilu tak lagi terasa.

Mengunyah Bawang Mentah

article image

Image source: winsightmedia.com

Bawang merah dan bawang putih bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami, terutama untuk mengatasi sakit gigi ringan. Kedua jenis bawang ini memiliki sifat antiseptik dan anti mikroba yang ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi. Kamu hanya perlu mengunyah bawang tersebut mentah-mentah selama beberapa menit di area gigi yang terasa nyeri.

Berkumur Dengan Cuka

article image

Image source: resepkoki.id

Selain garam, cuka dapur dan cuka apel juga bisa digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati sakit gigi. Kedua cuka tersebut mengandung sifat antibakteri dan anti mikroba yang ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi. Caranya, larutkan setengah sendok teh cuka ke dalam satu gelas air hangat. Kumur dan tahan di area yang terasa sakit selama sekitar 30 detik.

Minyak Cengkeh

article image

Image source: medicalnewstoday.com

Minyak cengkeh merupakan obat alami yang sudah lama dikenal sebagai obat sakit gigi yang ampuh. Minyak cengkeh memiliki kandungan senyawa eugenol yang berperan sebagai zat anestesi alami yang bisa “mematikan saraf” sementara. Namun, sebaiknya kamu tidak meneteskan minyak cengkeh ke lidah atau gusi yang sensitif, karena berisiko membuat sakit gigi semakin parah. Tuang dua tetes minyak cengkeh pada sepotong kapas, lalu tempelkan di gigi yang sakit. Tahan sampai rasa sakitnya berangsur mereda. Selain minyak cengkeh, kamu juga bisa menggunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh.

Daun Jambu

article image

Image source: merdeka.com

Daun jambu merah memiliki sifat anti radang, anti mikroba, sekaligus analgesik (pereda nyeri) yang bisa jadi cara ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melipat atau menggulung satu-dua lembar daun jambu, kemudian kunyah sampai mengeluarkan air selama beberapa menit. Selain dengan mengunyah, kamu juga bisa merebus 4-5 lembar daun jambu dan tambahkan sedikit garam. Dinginkan sejenak lalu gunakan larutan tersebut sebagai obat kumur.

Baca juga artikel lainnya tentang gigi di bawah ini.

Articles

Mengobati Sakit Gigi Dengan Obat

Kalau obat alami tidak mempan untuk meredakan sakit gigi yang kamu alami, kamu bisa menggunakan obat-obatan yang tersedia di warung atau apotek terdekat. Obat sakit gigi juga umumnya bisa dibeli tanpa harus menggunakan resep dokter. Tapi sebaiknya kamu tetap mengikuti aturan pakai yang tertera dalam kemasannya.

Hidrogen Peroksida 3%

article image

Image source: mitalom.com

Hidrogen peroksida merupakan cairan antiseptik yang berfungsi sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri penyebab peradangan gusi. Larutkan hidrogen peroksida dengan air lalu kumur selama 30 detik. Lalu buang dan kumur lagi dengan air bersih. Cairan hidrogen peroksida sebaiknya tidak dikumur tanpa campuran air karena dapat melukai mulut dan gusi.

Paracetamol

article image

Image source: nrc.nl

Paracetamol adalah obat-obatan golongan NSAID yang berfungsi sebagai pereda nyeri akibat peradangan. Paracetamol juga bisa menurunkan demam dan meredakan sakit kepala yang sering muncul akibat sakit gigi.

Ibuprofen

article image

Image source: New York Post

Sama halnya seperti acetaminophen, ibuprofen juga termasuk golongan NSAID yang dapat mengatasi sakit gigi beserta masalah-masalah lainnya. Tetapi, hindari mengonsumsi ibuprofen saat perut kosong karena berisiko melukai lambung.

Naproxen

article image

Image source: Halodoc

Naproxen merupakan obat pereda nyeri yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Obat sakit gigi ini tersedia dalam kemasan tablet 220 mg. Salah satu merek dagang dari obat naproxen adalah Xenifar.

Products


Dapatkan obat-obat sakit gigi di apotek atau drug store terdekat.

Brands

Itulah beberapa cara ampuh untuk mengobati sakit gigi dengan bahan rumahan atau obat dokter. Ikuti terus perkembangan info menarik seputar tips dan trik lainnya hanya di GoToMalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: philnews.ph