Cara Menghilangkan Milia

Sering menemukan bintik-bintik putih kecil di sekitar mata, hidung, pipi dan dagu? Kondisi ini sering disebut dengan Milia. Gejala kulit yang satu ini disebabkan karena adanya tumpukan protein keratin yang terperangkap di bawah kulit. Atau bisa juga muncul karena terlalu sering terpapar kosmetik yang mengandung kortikosteroid. Milia memang bisa hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkannya dengan lebih cepat. Berikut 10 cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan penampilan kulit seperti yang kamu inginkan. Apa saja? Berikut daftarnya!

Double Cleansing

article image

Image credit: hellosehat.com

Protein yang terperangkap ini sama dengan kotoran yang harus segera dibersihkan. Karena itu, membersihkan wajah secara teratur merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan. Bukan hanya sekadar membersihkan, namun harus juga memperhatikan langkah-langkahnya. Kamu bisa menggunakan susu pembersih, cleansing oil atau cleansing balm ataupun micellar water sebelum mencuci muka untuk hasil maksimal. Setelah mengaplikasikan sabun pencuci muka, jangan lupa untuk melakukan pijatan lembut di sekitar wajah lalu dibersihkan dengan air. Satu lagi yang paling penting adalah memilih pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit kamu.

Gunakan Pembersih Wajah dengan Bahan Khusus

article image

Image credit: hellosehat.com

Jika pembersih wajah yang biasa digunakan tidak mempan, cobalah menggunakan pembersih wajah berbahansalicylic acid, citric acid and glycolic acid. Bahan-bahan ini dipercaya ampuh untuk mengatasi milia karena lebih efektif membersihkan dan menjaga tekstur kulit. Selain itu, bahan tersebut juga bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan pertumbuhan sel yang berlebihan. Ini yang bisa membuat bintik putih di kulit mengecil dan menghilang dengan cepat.

Dapatkan berbagai jenis facial wash di toko-toko kecantikan di bawah ini:

Brands

Buka Pori-Pori dengan Uap

article image

Image credit: blogdokteronline

Setelah dibersihkan dengan bahan dan cara tadi, kamu bisa melanjutkannya dengan memberikan uap pada wajah. Cukup dengan mengisi baskom atau mangkuk dengan air panas, lalu arahkan wajah di atasnya untuk merasakan uap hangatnya. Untuk mencegah uap keluar, kamu bisa menutupi kepala dengan handuk. Tunggu selama 5-10 menit untuk membuat rileks kulit. Cara ini bisa membuka pori-pori wajah serta melepaskan sel kulit mati atau kotoran lainnya yang terperangkap di bawah permukaan kulit.

Eksfoliasi

article image

Image credit: caraalami

Eksfoliasi adalah metode pengelupasan kulit yang berfungsi mengangkat sel kulit mati serta merangsang pembentukan sel kulit baru. Melakukan eksfoliasi secara rutin dapat mendorong pergantian sel kulit untuk mencegah warna kulit tidak merata, menghilangkan noda hitam dan membersihkan kulit dari milia. Produk-produk eksfoliasi sangat beragam, mulai dari berbahan alami dan bisa diracik sendiri hingga produk eksfoliasi kimiawi. Bentuknya biasanya berupa scrub sehingga pengaplikasian eksfoliator harus dilakukan perlahan dan dibantu dengan pijatan yang lembut untuk mencegah iritasi.

Masker Alami

article image

Image credit: food.detik.com

Selain eksfoliasi, kamu juga bisa menggunakan masker untuk menghilangkan milia. Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa kamu racik sendiri di rumah untuk dijadikan masker. Contohnya saja madu, minyak jarak, kentang, lemon dan telur. Bahan-bahan alami ini tidak saja menghilangkan milia tetapi juga menjaga kulit agar tetap lembap, lembut dan bersih.

Retinol

article image

Image credit: rearr

Retinol banyak mengandung vitamin A yang sangat berguna untuk merangsang pergantian sel kulit serta kaya akan kolagen. Produk perawatan wajah dengan retinol sangat ampuh untuk membuat kulit tetap halus dan kenyal tanpa bintik putih. Namun, hindari penggunaan retinol di area kelopak mata karena dapat membuat iritasi dan bahaya jika sampai terkena mata. Pengaplikasiannya pun cukup tipis saja dan langsung pada area di mana milia berada.

Menggunakan Jarum

article image

Image credit: kaltim.tribunnews.com

Milia bisa dibersihkan dengan menusukkan jarum dan mengeluarkan isinya. Namun, bagi sebagian orang cara ini sedikit menakutkan. Oleh karena itu pembersihan dengan cara ini harus dilakukan oleh dokter ahli dermatologi agar tidak menimbulkan luka dan kerusakan jaringan kulit. Jangan sekali pun mencoba metode yang satu ini di rumah apalagi menggunakan jarum yang tidak disterilkan.

Terapi Laser

article image

Image credit: biutiva.com

Cara yang satu ini juga harus ditempuh dengan bantuan spesialis dermatologi dan cukup mahal. Namun menghilangkan milia dengan terapi laser terbilang sangat efektif. Ini dikarenakan perawatan ini bukan saja menghilangkan milia namun juga menghilangkan efek flek hitam setelahnya. Terapi laser menjadi pilihan perawatan untuk kasus milia yang lebih berat.

Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

article image

Image credit: tabloidbintang.com

Selain melakukan beberapa perawatan, tidak lupa untuk menghindari penyebab timbulnya milia untuk hasil yang lebih optimal. Salah satunya adalah menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Selalu gunakan krim tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultra violet yang dapat merusak kulit. Kamu juga bisa menggunakan topi atau masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

Hindari Penggunaan Make Up Tebal

article image

Image credit: cantik.tempo.co

Walaupun kamu merasa tidak percaya diri dengan adanya milia di wajah, jangan sekalipun untuk menutupinya dengan make up tebal. Karena make up tebal bisa menambah tumpukan kotoran di bawah permukaan kulit dan menyebabkan kondisi milia semakin parah.


Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan milia. Semakin rutin dilakukan, semakin efektif juga hasil yang didapatkan. Temukan beberapa produk yang bisa kamu gunakan di berbagai toko-toko kosmetik terdekat. Untuk memudahkanmu mencari berbagai toko dan lokasinya bisa mengakses GoToMalls.com. Di GoToMalls kamu juga bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik serta diskon produk perawatan kulit yang cocok untukmu. Jangan lewatkan juga event menarik di mall-mall di kota Anda hanya di GoToMalls.

Dapatkan semua promo kecantikan di mall-mall terdekat di kotamu:

Malls