8 Cara Hemat Uang Belanja Mingguan Yang Efektif

Salah satu tugas terberat dari seorang ibu rumah tangga ialah mengatur seberapa besar pengeluaran kebutuhan rumah tangga. Ibu harus bisa memilah dan memilih manakah kebutuhan yang wajib ataupun tidak dibeli. Dengan begitu pengeluaran bisa lebih terkontrol dan tidak boros. Lalu bagaimana jika mengalami pemborosan dalam uang belanja? Jika begitu, maka kamu perlu mempelajari bagaimana cara hemat uang belanja yang baik dan efektif. Disadari atau tidak, pengeluaran dalam rumah tangga terkadang dipengaruhi besar oleh gaya hidup yang berlebihan sehingga menyebabkan pengeluaran boros dan bisa berakhir dengan berhutang. Nah pada kesempatan kali ini, kamu bisa mempelajari bagaimana cara menghemat uang belanja mingguan yang efektif sehingga kamu tak mudah boros lagi.

Catat Rencana Pengeluaran

article image

Image source: komunitas.bukalapak.com

Hal pertama yang perlu dilakukan ibu rumah tangga untuk mengurangi keborosan saat belanja adalah dengan mencatat rencana pengeluaran yang akan dikeluarkan, baik mingguan ataupun bulanan. Mulai dari membayar tagihan, dana darurat, hingga membeli kebutuhan sehari-hari. Catatan ini mungkin terlihat simpel, namun ini bisa mencegah kamu mengeluarkan dana untuk hal-hal yang tidak penting. Pastikan catatan tersebut memang berisikan daftar kebutuhan yang memang harus dibayar atau dibeli. Rencana pengeluaran ini juga kamu dapat jadikan pengingat sehingga tidak membeli barang yang tidak tepat. Dan yang terpenting adalah patuhi rencana pengeluaran tersebut, sehingga pengeluaranmu bisa tertata lebih baik.

Mengelompokkan Uang Sesuai Kebutuhan

article image

Image source: bacaterus.com

Cara lainnya yang bisa buat kamu lebih mengontrol dan menghemat uang belanjaan adalah dengan mengelompokkan uang ke dalam amplop. Kamu bisa menyiapkan beberapa amplop sesuai dengan kebutuhan sehari hari. Misalnya saja, untuk tagihan listrik dan air, perlengkapan rumah tangga, bahan makanan, dan lainnya. Dengan memisahkan uang belanja mingguan sesuai kebutuhan, kamu bisa lebih hemat. Setidaknya semua kebutuhan penting dalam rumah tangga bisa terpenuhi dan jika ada uang belanja yang lebih, sebaiknya simpan dalam amplop tersendiri. Kamu bisa menggunakannya untuk dana darurat saat ada kondisi mendesak.

Rencanakan Menu Mingguan Dengan Baik

article image

Image source: keluargakamil.com

Satu lagi cara hemat uang belanja mingguan yang bisa kamu lakukan adalah merencanakan menu mingguan untuk keluarga dengan baik. Tak hanya catatan rencana pengeluaran, kamu juga perlu membuat rencana untuk menu makan dalam seminggu. Buatlah menu makan dengan menggunakan kombinasi bahan-bahan makanan yang telah kamu beli setiap minggunya. Atur bahan makanan tersebut agar cukup untuk kebutuhan 1 minggu. Jangan membiasakan diri membuang sisa bahan makanan yang sebenarnya mungkin bisa diolah kembali dan di sinilah pentingnya untuk berpikir kreatif.

Mencari Promo dan Diskon

article image

Image source: happyfresh.id

Sebagai ibu rumah tangga, wajib rasanya untuk mencari promo dan diskon saat berbelanja. Namun pastikan promo dan diskon tersebut memang sesuatu yang kamu butuh kan. Jangan hanya tertarik dengan diskon yang ada membuat kamu malah membeli kebutuhan yang tidak perlu. Meskipun promo dan diskon adalah hal yang cukup menggiurkan, namun kamu harus tetap bijaksana ketika mengatur pengeluaran belanja mingguan.

Bandingkan Sebelum Membeli

article image

Image source: ohayo.co.id

Tak hanya asal berbelanja kebutuhan rumah tangga saja, kamu juga harus pandai membandingkan dengan baik sebelum membelinya. Kebiasaan ibu rumah tangga sering kali tidak ingin repot saat berbelanja dan segera membeli barang yang dibutuhkan tanpa melihat-lihat terlebih dahulu. Padahal jika mau membandingkan dengan merek atau bahkan di tempat lainnya, mungkin saja kamu bisa membeli barang yang sama dengan harga yang jauh lebih murah ataupun mendapatkan barang yang kualitasnya lebih baik dengan harga yang sama.

Gunakan Cash Bukan Kartu Kredit

article image

Image source: kreditgogo.com

Penggunaan kartu kredit saat ini memang memudahkan untuk pembayaran, mulai dari membayar belanja hingga tagihan listrik dan air. Namun sayangnya kemudahan dalam kartu kredit nyatanya malah membuat pengeluaran kamu menjadi boros. Cara hemat uang belanja adalah membayar menggunakan uang tunai. Kartu kredit bisa memberikan efek psikologis di mana pemakainya serasa menjadi kaya mendadak, padahal sedang menumpuk hutang. Namun jika kamu terlanjur mempunyai kartu kredit, akan lebih baik untuk menggunakan seperlunya saja yang memang bermanfaat.

Selalu Simpan Uang Sisa Belanja

article image

Image source: sunlight.co.id

Jangan lupa untuk selalu menyimpan sisa uang belanja mingguan kamu. Mungkin sisa uang belanja ini hanya berupa recehan yang kamu anggap tidak berguna, namun jika rutin mengumpulkannya maka mungkin saja jika uang tersebut nantinya akan terkumpul banyak. Karena itu berkomitmenlah untuk selalu rutin menyimpan sisa uang belanja mingguanmu.

Ajak Keluarga Juga Untuk Berhemat

article image

Image source: bacaterus.com

Jangan lupa untuk mengajak serta anggota keluarga lainnya untuk mendukung berhemat dalam uang belanja. Perlu kamu ketahui jika keluarga memiliki peran yang penting untuk menghemat uang belanja, misalnya saja dengan menggunakan air secukupnya, mematikan alat elektronik yang tidak digunakan, dan lainnya. Dengan begitu kamu bisa menghemat uang belanja mingguan menjadi lebih mudah.


Itulah delapan cara hemat uang belanja mingguan yang efektif. Sebenarnya prinsip dasar untuk berhemat adalah kamu harus mengetahui mana kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan. Jadi kamu bisa terhindar dari membeli barang-barang kebutuhan yang sebenarnya kurang perlu.

Products

Cek juga Gotomalls sebelum belanja mingguna, karena aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. Belanja pun bisa jadi lebih hemat.

Malls

featured image source: bareksa