Cara Memilih Kacamata

Sedang mencari kacamata yang cocok? Kamu perlu mengenali bentuk wajahmu dulu sebelum menentukan pilihannya.

Wajah bulat, persegi, oval, dan lainnya memiliki karakter yang berbeda pula. Tidak semua jenis kacamata cocok pada jenis wajah tertentu.

Agar lebih mudah, berikut ini cara memilih kacamata sesuai jenis bentuk wajah.

1. Kacamata untuk Bentuk Wajah Persegi

article image

Image source: coastal.com

Cara memilih kacamata untuk wajah persegi tidaklah sulit. Wajah persegi memiliki karakter tegas dan bersudut serta memotong garis lurus dari dahi hingga rahang.

Kacamata dengan bentuk bulat tipis sedikit lebar tampaknya sangat cocok dengan jenis wajah persegi. Lebih mudahnya, pilih kaca mata dengan bentuk bulat atau sedikit oval.

Kacamata bentuk ini dapat menyamarkan bentuk tegas dari wajah kita. Perpaduannya membuat wajah tampak lebih luwes dengan garis melengkung dan membuat wajah tampak panjang.

Jangan memilih kacamata dengan bingkai kotak. Itu akan membuat wajah semakin kaku.

2. Kacamata untuk Bentuk Wajah Bulat

article image

Image source: coastal.com

Nah untuk si pemilik wajah bulat kamu bisa memilih bingkai kacamata dengan bentuk sebaliknya, yakni persegi. Persegi atau kotak akan membuat bentuk wajah kamu terlihat lebih panjang.

Jenis kacamata ini juga dapat menyamarkan bentuk pipi yang cenderung terlihat chubby. Harusnya kamu semakin percaya diri dengan jenis kacamata ini.

Perlu dihindari bentuk kacamata bundar dengan gagang tebal dan gelap.

3. Kacamata untuk Bentuk Wajah Oval

article image

Image source: coastal.com

Memiliki wajah berbentuk oval mungkin banyak mendapatkan keuntungan. Bentuk wajah jenis ini sering kali cocok dengan jenis bingkai kacamata model apapun. Baik kotak maupun lingkaran.

Menariknya, kamu bisa berganti kacamata sesuai dengan tren model kacamata yang tengah naik. Garis wajah oval tidak terlalu rumit disandingkan dengan jenis apapun.

Namun perlu dihindari juga bingkai kacamata dengan lebar melebihi garis wajah terluas. Karena itu akan membuat wajah tampak tenggelam.

4. Kacamata untuk Bentuk Wajah Segitiga

article image

Image source: coastal.com

Segitiga yang dimaksud tidak semata-mata tegas seperti garis segitiga. Namun biasanya bagian bawah, rahang memiliki garis wajah yang lebih lebar daripada dahi.

Untuk bentuk wajah seperti ini kamu bisa memilih kacamata dengan bingkai atas lebih lebar daripada bagian bawahnya. Jenis bingkai nylor atau half frame kemungkinan akan sangat cocok.

Tampilan kacamata half frame akan mengesankan sesuatu lebih simetris. Jadi akan sedikit menyamarkan bentuk dagu yang lebar dari pada dahi. Sekilas akan terlihat sangat seimbang.

Yang perlu kamu hindari adalah kacamata dengan bingkai gagang yang lebar.

5. Kacamata untuk Bentuk Wajah Hati (Heart)

article image

Image source: coastal.com

Bentuk yang satu ini bisa dibilang agak unik tapi juga riskan dalam memadu-padankan jenis kacamata. Sedikit saran, kamu bisa memilih kacamata dengan bingkai tipis kecil atau bisa juga yang frameless alias tanpa bingkai kaca.

Jenis ini dapat membuat tampilan dahi dan rahang nampak seimbang. Tidak ada satu bagian yang terlihat lebih kecil atau lebih lebar.

Untuk jenis wajah hati, pertimbangkan lagi untuk tidak memilih bingkai kacamata dengan bentuk bundar dan gagang tebal.

6. Kacamata untuk Bentuk Wajah Wajik (Diamond)

article image

Image source: coolwinks.com

Untuk model wajah ini kamu bisa memilih kacamata dengan frame-nya melebar pada bagian atas dan lebih lebar pada bagian bawah. Kamu bisa memilih kacamata model nylor untuk lebih gampangnya.

Pemilik wajah wajik bisa menghindari kacamata dengan model eye cat dengan sisi luar yang sedikit runcing.


Demikianlah cara memilih kacamata. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: leightonsoptical.com