Menjaga Kesehatan Mata

Berbagai aktivitas yang kita lakukan sehari-hari membutuhkan kondisi penglihatan yang baik untuk menjalankannya. Masalahnya, kita tahu bahwa fungsi mata bisa menurun seiring bertambahnya usia.

Tapi, kamu bisa melakukan beberapa upaya untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari resiko penurunan fungsi penglihatan. Mengingat fungsinya sangat penting, berikut tips menjaga kesehatan mata yang bisa kamu coba:

1. Periksa Mata Secara Rutin

article image

Image source: spindeleye.com

Setiap individu, mulai dari anak-anak hingga orang tua, dianjurkan untuk selalu memeriksakan kondisi mata secara rutin setidaknya setiap 2 tahun sekali. Bahkan, untuk orang dewasa dengan usia di atas 40 tahun disarankan untuk memeriksa mata setiap tahun.

Tujuan dari pemeriksaan mata secara rutin bukan lain untuk mencegah resiko penyakit mata yang berhubungan dengan usia, seperti katarak, degenerasi makula, dan glaukoma. Selain itu, pemeriksaan mata juga sangat dianjurkan bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit mata genetik yang diturunkan orang tua kepada anak.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

article image

Image source: eye7.in

Untuk memelihara kesehatan mata, sangat dianjurkan untuk menjaga pola konsumsi dengan memakan makanan yang mengandung nutrisi penting untuk kesehatan mata seperti vitamin A, C, E, lutein, selenium, serta omega-3.

Nutrisi tersebut diketahui bisa menangkal masalah-masalah mata yang berhubungan dengan usia. Kamu bisa mendapatkan gizi tersebut dari sayuran hijau, ikan salmon, ikan tuna, telur, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

3. Hindari Penggunaan Gawai Terlalu Lama

article image

Image source: bp-guide.id

Menatap layar hp atau laptop terlalu lama seringkali menyebabkan kualitas penglihatan seseorang terganggu. Biasanya akan sering muncul gejala-gejala seperti sakit kepala, mata kering/terasa pedih, nyeri leher, sakit bahu dan punggung, dan pandangan yang mulai kabur.

Jika kamu bekerja di depan layar laptop seharian, kamu bisa berhenti setiap 20 menit sekali untuk mengalihkan pandangan dari layar. Bila mata terasa kering, gunakanlah obat tetes mata.

4. Hindari Paparan Sinar UV

article image

Image source: Medical Center of Marin

Bukan cuma kulit, mata juga perlu tetap terlindung dari sinar ultraviolet yang berlebihan. Jika mata terlalu sering terpapar sinar UV, resiko mengalami katarak, kornea terbakar, degenerasi makula, bahkan kanker mata akan turut meningkat.

Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk mengenakan kacamata hitam ketika beraktivitas di luar ruangan saat siang bolong. Kacamata hitam akan melindungi bahaya sinar UVA dan UVB.

5. Hati-Hati Menggunakan Makeup

article image

Image source: makeuptutorials.com

Produk makeup berbentuk liquid atau cairan serta krim pada umumnya rentan menjadi tempat pertumbuhan bakteri bila sudah lama tidak dipakai. Oleh karenanya, sebaiknya buang makeup yang sudah lama tidak digunakan dan ganti dengan produk baru.

Selain itu, pastikan juga untuk membilas wajah sampai bersih setiap kali akan menerapkan atau membersihkan makeup. Jika terjadi iritasi atau infeksi mata akibat makeup, berhenti menggunakan produk tersebut dan segera periksakan mata ke dokter.


Demikianlah beberapa tips menjaga kesehatan mata. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: L'Oreal Paris