Begini Cara Mendidik Anak agar Mandiri dan Berani

Memiliki anak yang mandiri dan tidak manja merupakan dambaan setiap orang tua. Harapan para orang tua adalah kelak anak akan tumbuh menjadi sosok yang berani dan tidak bergantung pada orang lain. Bagaimana cara mendidik anak agar mandiri?

Hal itu tergantung dari bagaimana orang tua mendidik si kecil sejak dini. Terkadang kebiasaan orang tua saat mengasuh si kecil tanpa disadari justru membuat anak menjadi manja. Ada beberapa kiat khusus cara mendidik anak agar mandiri. Mari simak tips berikut ini agar anak tumbuh menjadi anak yang tangguh dan berani.

Biarkan Anak Menentukan Pilihan Sendiri

article image

Image source: review.bukalapak.com

Cara mendidik anak agar mandiri yang pertama adalah mengajarkannya untuk menentukan pilihan sendiri. Orang tua tidak harus memaksakan anak untuk bisa mengambil keputusan atau pilihan tertentu. Apabila dipaksakan, anak justru akan merasa kurang nyaman.

Orang tua bisa memberi masukan mengenai keputusan yang akan dipilih anak. Jelaskan secara pelan-pelan mengenai sisi positif dan negatif terhadap pilihan tersebut. Jangan buru-buru marah apabila anak belum mampu memenuhi kewajibannya tanpa bantuan orang lain. Mulailah dari hal-hal sederhana lebih dulu, misalnya pilihan menu makan siang atau pilihan pakaian ketika akan bepergian.

Memperkenalkan Anak pada Dunia Luar

article image

Image source: outdoorfamiliesonline.com

Apabila anak masih merasa malu atau takut berbaur dengan orang-orang di sekitarnya, cobalah untuk lebih sering membawanya untuk bertemu dengan banyak orang. Anak yang pemalu bukan berarti kita tidak bisa mendidiknya menjadi mandiri dan berani.

Mulailah membawa si kecil ke lingkup sosial yang kecil dulu. Mula-mula ajaklah si kecil bermain di taman di mana banyak anak-anak seusianya yang juga bermain di sana. Dengan cara ini, anak tidak akan kaget ketika berhadapan dengan hal baru. Pertemukan si kecil dengan orang-orang secara bertahap karena anak-anak perlu waktu untuk bisa berinteraksi dengan orang lain selain keluarganya.

Memberikan Contoh Secara Langsung

article image

Image source: farmasi-ukraine.lviv.ua

Cara mendidik anak agar mandiri yang efektif adalah memberikan contoh secara langsung pada anak. Seorang anak akan meniru sikap dan perilaku orang tuanya. Jadi orang tua harus mencontohkan hal-hal sederhana pada si kecil agar ia dapat melakukan hal yang sama.

Sebagai contoh, orang tua bisa mencontohkan cara berkenalan dengan anak-anak seusia si kecil. Kemudian beri kesempatan pada anak untuk memperkenalkan diri pada teman-teman seusianya. Hal yang sama bisa orang tua lakukan ketika ingin mengajarkan si kecil berenang. Orang tua bisa masuk ke air lebih dulu agar anak mengerti bahwa tidak yang ada perlu ditakutkan saat berenang.

Jangan Selalu Membantu

article image

Image source: nakita.grid.id

Cara mendidik anak agar mandiri yang satu ini mungkin agak sulit dilakukan. Terkadang orang tua tidak bisa menahan diri untuk tidak membantu ketika anak melakukan sesuatu. Orang tua perlu memahami mana kegiatan anak yang perlu dibantu dan mana kegiatan yang seharusnya bisa anak lakukan sendiri. Misalnya biarkan anak belajar makan sendiri walaupun masih berantakan dan mengotori lantai. Orang tua hanya perlu memantau saat anak makan.

Orang tua bisa membantu anak untuk melakukan kegiatan yang lebih sulit. Salah satunya adalah kegiatan membuat prakarya di mana anak perlu dibantu ketika akan menggunting atau memotong kertas. Bila orang tua sudah mengidentifikasi kegiatan anak, maka anak akan terbiasa melakukan hal-hal yang seharusnya bisa mereka kerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Tanamkan Rasa Percaya Diri Sejak Dini

article image

Image source: kompasiana.com

Hal yang tidak kalah penting dalam cara mendidik anak agar mandiri dan berani adalah menanamkan rasa percaya diri sejak dini. Orang tua harus menanamkan pola pikir bahwa anak akan dapat melewati rintangan apabila anak berani untuk mencoba sesuatu. Hindari mengatakan hal-hal yang dapat menurunkan kepercayaan diri si kecil.

Sebagai contoh, apabila si kecil tiba-tiba menyanyi ketika berada di tempat umum, jangan buru-buru menyuruhnya diam. Beri kesempatan pada si kecil untuk mengekspresikan diri dan berikan pujian untuk membangkitkan rasa percaya dirinya.

Orang tua juga bisa memberi kesempatan pada si kecil untuk mengungkapkan pendapatnya dan mendengarkannya dengan baik, jangan buru-buru memotong ucapannya ya, Moms! Dengan begitu si kecil akan lebih percaya diri ketika ingin berpendapat.

Menghargai Setiap Usaha Anak

article image

Image source: wartapilihan.com

Apabila si kecil berhasil melakukan sesuatu yang sederhana sekalipun, jangan lupa untuk memberinya pujian. Ketika si kecil telah menunjukkan sikap berani dan mandiri, orang tua perlu memberinya kata-kata positif agar anak merasa usahanya dihargai.

Orang tua harus menunjukkan betapa bahagianya melihat usaha si kecil. Tetap berikan apresiasi meskipun anak melakukan hal sepele sekalipun, dengan begitu anak akan makin semangat untuk lebih berani dan mandiri ketika melakukan sesuatu. Bahkan orang tua harus tetap mendukung ketika mereka gagal, berilah kata-kata motivasi agar tidak patah semangat.

Anda juga bisa memberikan hadiah buat si kecil untuk setiap usaha yang telah dilalui anak.

Pie Face Game

article image

Beli Sekarang

Menjadi 'Pelindung' untuk Anak

article image

Image source: freegreatpicture.com

Salah satu peran orang tua adalah menjadi sosok pelindung bagi sang anak dan membuat mereka nyaman. Beberapa anak memiliki karakter senang mencoba hal baru dengan penuh semangat dan mudah saja ketika melakukan sesuatu. Sebagian anak lainnya lebih memilih diam karena masih malu, ragu dan takut gagal ketika ingin mencoba sesuatu.

Nah, apabila anak masih malu dan ragu, tahan diri untuk tidak marah atau membentak karena si kecil belum berani. Wajar saja apabila seorang anak belum merasa yakin saat akan melakukan hal yang terasa asing baginya. Misalnya saat berkenalan dengan orang baru, saat bermain bersama dengan teman-teman seusianya untuk pertama kali, atau saat belajar naik sepeda.

Tugas orang tua adalah membuat si kecil nyaman terlebih dahulu dengan suasana baru tersebut. Temani si kecil terlebih dulu saat akan berkenalan dengan orang baru atau saat akan belajar sesuatu yang baru. Tunjukkan bahwa hal-hal baru itu bisa menjadi hal yang sangat seru untuk membangkitkan semangat si kecil.

Products


Itulah kiat khusus cara mendidik anak agar mandiri dan menjadi lebih berani. Jangan buru-buru naik darah apabila anak masih enggan melakukan sesuatu ya, Moms! Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls

featured image source: appletreebsd.com