Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

Rambut tipis dan rontok makin lama akan menyebar jika tidak segera diatasi. Kondisi seperti ini tidak hanya dialami oleh wanita, pria pun kerap menghadapi hal serupa, rontok yang kemudian mengakibatkan kebotakan pola. Bahkan itu dapat terjadi sejak berusia muda.

Penipisan rambut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penuaan alami, genetika, gizi buruk, sering menggunakan produk rambut komersial, alergi terhadap bahan kimia, dan penyakit. Apapun penyebabnya, tentu menjaganya tetap tebal alami adalah impian semua orang.

Untuk mengatasinya, mungkin kamu bisa mencoba cara alami di bawah ini agar rambut tetap terlihat tebal.

1. Telur

article image

Image source: plantbasenews.com

Telur kaya akan protein yang baik untuk tubuh dan juga membantu rambut kuat tebal alami. Kamu bisa mencoba perawatan telur untuk membantu memperkuat akar rambut.

Caranya mudah, siapkan 1-2 telur lalu kocok dan oleskan ke kulit kepala. Tunggu sampai 30 menit kemudian bilas dengan sampo. Lakukan berulang satu minggu sekali untuk hasil rambut yang lebih kuat.

2. Minyak Zaitun

article image

Image source: diadona.id

Minyak zaitun kayak akan omega3 dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan rambut. Ketika dioleskan ke kulit kepala dan rambut, kandungan dari minyak zaitun dapat membantu rambut tumbuh tebal dan berkilau.

Cara penggunaanya pun mudah. Panaskan minyak zaitun sampai mencapai suhu tubuh, angkat dan oleskan pada kulit kepala selagi hangat. Pijat perlahan dan biarkan sampai 30 menit kemudian bilas dengan sampo. Sebagian orang bahkan percaya jika membiarkan minyak zaitun semalaman di kepala jauh lebih baik.

3. Jeruk

article image

Image source: blusin.com

Vitamin C yang terdapat dalam jeruk dapat membantu rambut tumbuh lebih tebal dan cepat. Vitamin dan nutrisinya juga dapat meningkatkan kilau rambut secara alami.

Asam dalam jeruk membantu mencegah residu yang tersisa dari produk perawatan rambut berbahan kimia. Residu tersebut yang kemudian menghambat pertumbuhan rambut. Aroma yang dikeluarkan oleh pure jeruk juga lebih harum dari perawatan sebelumnya.

Kamu bisa mendapatkan pure jeruk dengan memblender jeruk segar dan kemudian mengoleskannya ke akar rambut sambil dipijat perlahan selama beberapa menit. Diamkan setidaknya 30-60 menit dan kemudian bilas dengan sampo.

4. Lidah Buaya

article image

Image source: halodoc.com

Siapa sih yang tidak tau manfaat dari tanaman ini. 5 tahun terakhir ini rasanya lidah buaya begitu populer dan menjadi ekstrak untuk beberapa produk kecantikan termasuk rambut.

Tanaman lidah buaya sangat baik untuk tubuh, kulit, kulit kepala, dan tentu saja rambut. Mengaplikasikan langsung minyak dari lidah buaya ke akar rambut dan kulit kepala akan membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Langkah ini juga dipercaya dapat menebalkan rambut dari waktu ke waktu.

Saat ini bahkan beberapa produk komersial mulai menggunakan lidah buaya sebagai bahan aktifnya. produknya biasa berbentuk gel atau cream yang kemudian bisa dioleskan langsung ke kulit kepala dan rambut.

Kamu juga bisa melakukannya sendiri tanpa harus beri produk dengan harga selangit. Caranya cukup siapkan lidah buaya, potong salah satu sisi kulitnya dan oleskan minyak lidah buaya langsung ke kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 30-60 menit dan bilas. Kamu juga bisa mendiamkannya semalaman untuk hasil maksimal. Lakukan berulang 2 hari sekali.

5. Alpukat

article image

Image source: facetofeet.com

Alpukat kaya akan vitamin E dan banyak orang percaya jika buah ini baik untuk melembabkan kulit. Pun untuk rambut juga sangat berkhasiat. Kamu bisa membuat masker rambut dari alpukat dan diaplikasikan ke kulit kepala 2 kali seminggu.

Caranya mudah, campurkan 1 buah alpukat yang sudah dikupas dengan 1 sendok minyak zaitun. Hancurkan dan aduk hingga tercampur rata kemudian oleskan campuran di kulit kepala hingga ujung rambut. Pijat perlahan dan diamkan selama 3 menit. Jangan lupa bilas ringan dengan sampo.

6. Minyak Jarak

article image

Image source: sehatq.com

Minyak jarak juga tinggi akan vitamin E dan asam lemak. Vitamin E dikenal untuk membantu menjaga kesehatan rambut dan mengembalikan kilau alaminya.

Oleskan minyak jarak ke kulit rambut. Gosok perlahan dengan pijatan halus. Biarkan minyak kelapa meresap hingga 30 menit kemudian bilas dengan sampo.

7. Hindari Mencuci Rambut dengan Air Panas

article image

Image source: firstforwoman.com

Selain menuterisi akar rambut kamu juga perlu memperhatikan hal-hal yang dapat melemahkan rambut. Salah satunya adalah mencuci rambut dengan air panas.

Ketika kamu mencuci rambut dengan air panas, itu akan membuat rambut mudah kering dan gampang patah. Jika ingin rambut tetap tebal kamu bisa menggunakan suhu air normal.

Selain 7 cara di atas kamu juga bisa mendapatkan rambut tebal alami dengan memberinya vitamin rambut. Selain itu kamu juga perlu menghindari menyisir rambut saat dalam kondisi basah.

Malls

Articles

Featured Image Source: bahasa.newsbytesapp.com