Begini Cara Mengetahui Handphone Disadap dan Tips Mencegah Penyadapan

Kemudahan yang didapat berkat kemajuan teknologi digital tidak serta-merta membuat kita aman dari tindak kejahatan. Ada saja trik-trik lihai yang dilancarkan para oknum tindak kejahatan demi membobol sistem keamanan, termasuk untuk menyadap perangkat telepon genggam. Oleh karena itu, kali ini Gotomalls akan membagikan cara mengetahui handphone disadap dan tips pencegahannya.

Cara Mengetahui Handphone Disadap

article image

Image source: curiosity.com

Ada dua cara mudah untuk mengetahui handphone yang disadap. Pertama, dengan mengenali ciri-ciri atau aktivitas tertentu yang tidak wajar pada perangkat gawai. Cara kedua, melakukan pengecekan status penerusan panggilan dengan kode dial USSD.

Kenali Ciri-Ciri Handphone Disadap

article image

Image source: komando.com

Penyadapan yang dilakukan dengan trik sederhana umumnya akan mengganggu performa smartphone itu sendiri. Kita bisa mengetahuinya jika ada anomali tertentu yang sering muncul ketika perangkat telah disadap. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
• Suhu gawai sering mengalami overheat walaupun tidak terpapar sumber panas dan tidak digunakan secara berlebihan.
• Terdapat aktivitas aneh berupa suara-suara padahal handphone sedang tidak digunakan.
• Percakapan melalui aplikasi pesan instan sudah menunjukkan status “read” padahal belum kita baca.
• Pemakaian data meningkat secara tidak wajar sehingga kuota internet cepat habis.
• Gawai sulit untuk dinon-aktifkan, terkadang proses shut down bisa berlangsung lebih lama dari biasanya.
• Menerima pesan teks tidak wajar yang berisi kombinasi angka, simbol, atau karakter random.
• Terdengar bunyi-bunyi aneh ketika melakukan panggilan telepon, dan itu bukan berasal dari handphone kita ataupun dari lawan bicara.
• Suara lawan bicara terdengar seakan-akan seperti berada di sebuah lorong, sehingga terdengar bergema (echo).
• Dalam beberapa kasus, ketika hendak melakukan panggilan malah mengalami salah sambung, padahal nomor panggilan tidak salah.
• Pesan yang dikirim seseorang tidak pernah sampai, sementara statusnya sudah terkirim.

Apakah kamu pernah mendapati anomali-anomali seperti yang disebutkan di atas pada perangkat gawai? Jika iya, sebaiknya segera periksa status penerusan panggilan.

Cara Mengetahui Handphone Disadap: Cek Status Penerusan Panggilan Dengan Kode Dial USSD

article image

Image source: misionesonline.net

Unstructured Supplementary Service Data atau lebih dikenal sebagai kode USSD adalah suatu protokol komunikasi yang sering digunakan pada ponsel GSM. Kode ini berfungsi untuk mendapatkan informasi tertentu baik dari operator jaringan ataupun perangkatnya itu sendiri.

Kode USSD yang paling sering kita jumpai umumnya berupa kombinasi 3 digit angka dengan kode awal bintang dan akhiran pagar/hash (#). Selain itu, masih ada ratusan kode USSD lainnya yang belum banyak diketahui, berikut dengan fungsi-fungsinya.

Dari sekian banyak kode kombinasi USSD, salah satunya ada yang berfungsi untuk mengetahui status penerusan panggilan (call forward) perangkat gawai. Kode yang dimaksud adalah *#21#.

Kode itu akan menunjukkan semua informasi terkait penerusan panggilan dari handphone, mulai dari panggilan suara, data, faks, SMS, sinkron, tidak sinkron, paket, hingga PAD.

Handphone yang tidak disadap akan menunjukkan status “Tidak Diteruskan”. Tapi jika salah satunya ada yang berstatus “Diteruskan”, padahal kamu tidak pernah melakukan perintah itu sama sekali, segera non-aktifkan penerusan panggilan tersebut dengan menjalankan kode dial ##002#. Kode ini akan menghapus semua izin penerusan panggilan dari handphone.

Tips Mencegah Penyadapan: Enkripsi Keamanan

article image

Image source: liputan6.com

Supaya tetap terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, kita perlu melakukan upaya lebih untuk mencegah penyadapan. Mulailah dengan melakukan enkripsi keamanan. Tindakan ini berfungsi untuk mengamankan data dengan metode pengkodean (coding) sehingga informasi tidak bisa dibaca tanpa melakukan deskripsi terlebih dahulu, yang mana membutuhkan keahlian khusus dan waktu yang tidak sebentar sebelum bisa membongkar kode enkripsinya.

Cara melakukan enkripsi pada perangkat ponsel berbeda-beda tergantung sistem operasi yang digunakan. Pada perangkat berbasis Android, fitur ini bisa ditemukan di menu Settings > Privacy & Security > Encrypt Device.

Sebelum menjalankan proses enkripsi, pastikan baterai terisi penuh atau setidaknya 80% dan perangkat harus sudah menerapkan kunci layar (lock screen). Selain itu, pastikan juga data-data yang tersimpan sudah di back-up agar tidak hilang jika prosesnya terganggu.

Jika perangkat ponsel yang kamu gunakan tidak memiliki fitur enkripsi keamanan, coba gunakan aplikasi atau software tambahan untuk menjalankan prosesnya. Beberapa aplikasi juga memungkinkan penggunanya untuk mencari tahu apakah perangkat disadap atau dalam kondisi aman.

Demikianlah cara mengetahui handphone disadap dan tips pencegahannya. Selalu perhatikan keamanan data pribadi dan waspada terhadap tindak kejahatan cyber.


Untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang menyenangkan.

Mall

featured image source: techworld.com