Cara Menghias Kamar Tidur

Kamar tidur sudah semestinya dirawat sebaik mungkin agar selalu nyaman dan tertata rapi. Hanya dengan begitu kualitas tidur kita akan jadi lebih optimal. Apalagi kalau dihias dengan konsep desain yang menarik, tentunya suasana kamar akan semakin nyaman.

Namun, mendekorasi ruangan dengan desain yang bagus biasanya membutuhkan budget yang tidak sedikit, karena kita harus menyediakan berbagai ornamen, material, atau mungkin furnitur baru yang sesuai dengan konsepnya.

Belum lagi jika menyewa jasa dekorasi untuk menghias kamar tidur, kemungkinan besar biayanya akan bertambah dua kali lipat. Itulah sebabnya sebagian orang enggan mendekorasi kamar dengan gaya-gaya estetik.

Cara Menghias Kamar Tidur

Sebetulnya, yang paling kita butuhkan bukanlah modal lebih, melainkan kreativitas dan sedikit improvisasi. Dengan budget seadanya, kamu tetap bisa menciptakan desain kamar tidur yang estetik sesuai selera.

Mau tahu tipsnya? Berikut cara menghias kamar tidur estetik yang lebih hemat biaya:

1. Kenali Karakter Suasana yang Diinginkan

article image

Image source: Goodnewsarchitecture.com

Sebelum menentukan desain maupun material yang akan digunakan, pertama-tama kenali dulu suasana yang ingin kamu ciptakan. Dengan begitu, kamu bisa menebak tema dan konsep apa yang sekiranya cocok tanpa butuh banyak biaya.

Selanjutnya, jika ingin mengubah tema warna, sebaiknya gunakan warna-warna primer. Warna ini cocok dipadukan dengan berbagai warna lain sehingga akan lebih banyak opsi yang tersedia untuk menghemat biaya.

Perkirakan juga ukuran ruangan dengan jumlah cat yang akan dibutuhkan. Namun, jika ternyata anggaran untuk membeli cat tidak cukup, kamu bisa pertimbangkan wallpaper sebagai alternatifnya.

Saat ini sudah banyak tersedia wallpaper dekoratif yang dijual dengan harga terjangkau. Untuk pemasangannya, sebaiknya lakukan sendiri saja dengan mengikuti tutorial-tutorial di internet.

2. Manfaatkan Barang Bekas untuk Membuat Ornamen DIY

article image

Image source: Bizimtube.com

Jika di rumah terdapat barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai, manfaatkan itu sebagai bahan membuat ornamen hiasan. Misalnya, gulungan tisu toilet yang sudah habis yang ditata menjadi pola-pola tertentu di dinding.

Selain itu, kepingan CD/DVD bekas yang menumpuk di gudang bisa dikreasikan menjadi pola ornamen yang unik dan menarik. Ini adalah cara menghias kamar tidur yang simpel namun hasilnya akan cukup memuaskan.

Kalau kamu ingin membuat semacam pajangan gantung, kerajinan makrame dari tali atau kain-kain bekas bisa menjadi ornamen interior yang cantik, terutama untuk desain interior vintage.

Gunakan imajinasimu untuk membayangkan hal-hal menarik yang bisa diolah dari barang-barang bekas di rumah. Selain hemat biaya, kamu juga akan berkontribusi untuk lingkungan dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

3. Cat Dinding Satu Sisi untuk Menciptakan Aksen

article image

Image source: Fabelio via Medium.com

Jika cat dinding di kamar masih dalam kondisi baik dan tidak pudar atau terkelupas, kamu bisa mewarnai salah satu sisinya saja untuk menciptakan aksen. Trik ini bisa kamu terapkan jika budget untuk membeli cat tidak cukup.

Tapi, perhatikan dulu ragam warna yang akan kamu pilih. Pastikan warnanya cocok dipadukan dengan warna dinding yang sudah ada. Untuk warna dinding putih, perpaduan yang cocok diantaranya yaitu hitam, abu-abu, krem, moka, aquamarine, turquoise, teal, atau jade.

Cukup pilih satu warna saja untuk catnya, lalu buat bingkai pembatas antara warna aksen dengan bagian dinding yang tidak dicat. Bingkainya bisa kamu buat dari washi tape.

4. Menciptakan Motif Dinding dengan Washi Tape

article image

Image source: Pinterest

Selain itu, washi tape juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat motif di dinding. Kamu bisa menciptakan pola-pola dengan beragam bentuk vertikal atau horizontal, atau bisa juga membuat pola geometris yang lebih rumit untuk mendukung konsep desain yang kamu terapkan.

Washi tape merupakan sejenis selotip yang memiliki bermacam-macam warna dan motif dengan durabilitas yang cukup tinggi. Tapi, sebaiknya kamu tambahkan lem perekat agar lebih tahan lama.

5. Daur Ulang Furnitur

article image

Image source: Pinterest

Alih-alih mengganti furnitur baru yang tentunya lebih butuh banyak budget, kenapa tidak coba saja mendaur ulang furnitur lama dengan sedikit modifikasi ringan?

Kumpulkan barang-barang di rumah yang sekiranya tidak akan terpakai lagi, misalnya koper tua, gentong wine, palet kayu, bathtub bekas, drum minyak, dan lain sebagainya.

Walaupun akan memakan lebih banyak waktu dan tenaga, hasilnya dijamin akan memuaskan, karena barang-barang hasil kreasi sendiri punya sisi kepuasan dan kebanggan tersendiri pula.

Untuk panduannya, kamu bisa ikuti tutorial di YouTube tentang pembuatan furnitur DIY dari barang-barang daur ulang. Ada banyak konten yang menawarkan beragam desain furnitur unik yang terbuat dari barang bekas.

Demikianlah 5 cara menghias kamar tidur estetik yang lebih hemat biaya.


Simak juga informasi dan tips menarik seputar gaya hidup lainnya di Gotomalls.com, platform direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event seru di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa beli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: homelizm.com