Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat kerap membuat orang frustrasi, apalagi jika bekasnya tidak kunjung menghilang. Parahnya ada bekas jerawat yang bisa bertahan hingga bertahun-tahun seperti luka permanen.

Nah, untuk kamu yang juga kerap frustrasi dengan bekas jerawat jangan sedih dulu. Sesungguhnya bekas jerawat bisa diobati dan dihilangkan dengan perlahan. Bahkan bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa pergi ke dokter kulit.

Berikut ini beberapa kandungan bahan yang ampuh menghilangkan bekas jerawat hanya dengan perawatan di rumah.

1. Salicylic Acid

article image

Image source: sociolla.com

Kamu pasti tidak asing dengan kandungan di atas. Salicylic acid banyak direkomendasikan karena keampuhannya membasmi bekas jerawat.

Kini salicylic acid bisa kamu temukan dengan mudah pada beberapa produk perawatan kulit. Salicylic acid membantu membersihkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan kotoran lain yang menyebabkan jerawat dan pori-pori tersumbat.

Penggunaan salicylic acid juga membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan di area jerawat. Dengan menggunakan senyawa ini kemungkinan kulit bopeng akibat jerawat pun akan semakin berkurang.

Salicylic acid juga bagus menghilangkan bekas luka di kulit. Namun perlu diperhatikan, pemilik kulit sensitif bisa menguji produk dengan kandungan salicylic acid sebelum digunakan teratur. Karena kandungan ini dapat menyebabkan kulit kering atau iritasi jika tidak cocok.

2. Retinol

article image

Image source: theasianperent.com

Saat ini produk retinol sudah banyak dipasarkan. Mulai skincare Korea sampai brand dalam negeri pun punya produk dengan kandungan retinol yang super ampuh menghilangkan bekas jerawat.

Retinol banyak direkomendasikan karena dapat mengurangi bekas jerawat, peradangan, dan mempercepat regenerasi sel kulit. Menurut beberapa sumber yang menyatakan bahwa zat retinol ini juga bisa meringankan bekas jerawat hiperpigmentasi, termasuk pada orang dengan warna kulit lebih gelap.

Seperti kandungan sebelumnya, retinol juga dapat membuat kulit semakin sensitif apalagi dengan sinar matahari. Untuk itu dianjurkan menggunakan produk retinol pada malam hari dan di pagi harinya jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya.

3. Alpha Hydroxy Acids (AHA)

article image

Image source: beautynesia.com

AHA dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Banyak dokter kulit merekomendasikan AHA sebagai obat jerawat dan atau mengurangi munculnya bekas jerawat.

Alpha Hydroxy Acids (AHA) merupakan bentuk asam ringan yang dapat mengikis lapisan luar kulit untuk menampilkan kulit baru di bawahnya. Proses pengangkatan sel kulit mati ini dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan membuat kulit tampil lebih segar.

4. Lactic Acid

article image

Image source: beautynesia.com

Lactic acid bekerja mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan ini dapat membantu mengurangi munculnya bekas luka dan menghaluskan tekstur kulit secara merata.

Lactic acid juga dapat meringankan jaringan kulit yang cekung dan gelap akibat jerawat atau hiperpigmentasi. Banyak produk kecantikan memiliki kandungan ini, bahkan kamu juga bisa menemukannya pada cuka sari apel.

5. Obat Alami

article image

Image source: jovee.com

Jika kamu ragu untuk mencoba kandungan kimia bisa juga untuk memanfaatkan obat-obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun perlu diperhatikan lagi, beberapa ada yang dapat menyebabkan iritasi jadi perlu kamu coba sebelum menggunakan secara rutin.

Adapun bahan alami yang dapat mengobati bekas jerawat adalah; minyak kelapa, lidah buaya, madu, baking soda, dan air lemon.


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: scmp.com