Cara Menghilangkan Komedo

Setiap hari, kulit kita mengumpulkan banyak kotoran dari debu, polusi, dan make up yang menghasilkan sebum, minyak serta sel kulit mati. Kotoran tersebut dapat menyebabkan pori-pori tersumbat yang akhirnya menyebabkan komedo dan jerawat.

Komedo dapat muncul ketika minyak dan sebum menyumbat pori-pori kulit. Hal ini dapat terjadi ketika kulit tidak dibersihkan dengan benar. Bahkan jika kita sangat rajin pun biasanya komedo masih suka muncul.

Tapi tenang saja, sebenarnya komedo bisa dihilangkan dengan beberapa pengobatan rumahan. Berikut ini beberapa cara menghilangkan komedo secara alami.

1. Minum Banyak Air

article image

foodandnutrition.org

Mengkonsumsi banyak air dapat membantu menghidrasi kulit. Permukaan kulit yang terhidrasi dengan baik akan menjauhkan blok minyak penyebab komedo dan jerawat.

Jika tidak ingin komedo makin meradang, kamu harus rajin melembabkan kulit. Tentu bukan hanya dengan skin care, kamu juga perlu minum air dengan jumlah cukup dan pilih makanan yang sehat.

2. Rajin Mengganti Sarung Bantal

article image

Image source: indiatvnews.com

Tahukan kamu selain efek polusi, make up yang tidak dibersihkan dengan benar, dan minyak, ternyata komedo juga bisa muncul karena tempat tidur tidak bersih. Saat tidur, minyak dan kotoran wajah akan bergesekan dengan sarung bantal dan seprai.

Apabila kamu tidak rajin menggantinya, maka akan menyebabkan akumulasi kotoran yang dapat berpindah ke wajah yang selanjutnya akan menyumbat pori-pori dan berubah menjadi komedo. Ada baiknya untuk mengganti sarung bantal sesering mungkin.

3. Soda Kue

article image

Image source: alodokter.com

Cara menghilangkan komedo secara alami berikutnya adalah dengan soda kue. Soda kue dapat menghilangkan penghalang minyak kulit, menyeimbangkan tingkat pH kulit dan membantu mencegah infeksi pada wajah. Soda kue juga merupakan exfoliator alami yang bagus dan dapat mengangkat sel kulit mati.

Cara penggunaannya pun mudah. Pertama, campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan air. Campur hingga terlarut dan menjadi halus. Gosokan campuran tersebut secara perlahan ke wajah selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

4. Masker Telur dan Madu

article image

Image source: cashkaro.com

Putih telur dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan kelebihan kotoran, minyak, dan mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah. Serta tentu saja dapat menghilangkan komedo secara alami. Sedangkan madu bagus untuk kulit berminyak karena dapat menjaga kelembaban dan menutrisi kulit.

Kamu dapat mencampurkan satu putih telur dengan 1 sendok makan madu dalam mangkuk. Campur dan oleskan pada wajah biarkan mengering selama 15-20 menit.

5. Kayu Manis dan Lemon

article image

Image source: blogspot.com

Bubuk kayu manis memiliki sifat antijamur, antioksidan, dan antibakteri. Efeknya dapat mengencangkan pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah. Sedangkan lemon sangat bagus untuk memerangi komedo, jerawat, serta komedo putih yang sering meradang.

Mulailah dengan mencampurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dengan sendok makan air lemon. Campur sampai menjadi kental lalu oleskan pada area yang diinginkan. Biarkan selama 20 menit lalu segera bilas dengan air hangat. Lakukan setidaknya 3-4 kali dalam seminggu.

6. Teh Hijau

article image

Image source: indozone.com

Cara menghilangkan komedo secara alami berikutnya adalah dengan teh hijau yang memiliki kandungan antioksidan dan mampu menghilangkan minyak berlebih. Teh hijau juga diklaim dapat membuka pori-pori dan menghilangkan kotoran serta dapat meredakan peradangan.

Itu mengapa teh hijau sangat efektif menghilangkan komedo membandel. Kamu cukup campurkan 1 sendok makan daun teh hijau kering dengan air. Aduk sampai mengental lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Jangan lupa bilas dengan air hangat.

7. Kunyit dan Minyak Kelapa

article image

Image source: urbancompany.com

Kunyit mengandung antioksidan dan komponen anti-inflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit sedangkan minyak kelapa dengan lembut menenangkan dan menghidrasi kulit. Perpaduan tersebut telah terbukti menjadi obat rumahan yang paling efektif di antara semuanya.

Untuk menggunakannya kamu dapat mencampurkan 1 sendok makan kunyit dengan minyak kelapa, campur sampai mengental. Oleskan pada daerah yang diinginkan dan biarkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.


Nah, demikianlah 7 cara menghilangkan komedo secara alami. Simak juga info dan tips menarik lainnya bersama Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Articles

Featured image source: boldsky.com