6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Sepatu Yang Menyengat

Sepatu yang bau memang sangat menjengkelkan apalagi jika kita sedang bertamu dan harus membuka sepatu, tahu-tahu kemudian mengeluarkan bau tak sedap dari sepatu kita. Pastinya kita bakal malu banget kan?

Sebenarnya ada tidak sih, cara jitu untuk menghilangkan bau sepatu yang menyengat? Jawabannya tentu ada, guys, dan ternyata cara menghilangkan bau sepatu bisa dilakukan dengan metode dan bahan sederhana saja. Penasaran apa saja cara menghilangkan bau sepatu? Yuk simak tips berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan Kaki

article image

Image source: mionhealth.com

Hal paling utama yang harus kamu lakukan untuk menghindari bau tak sedap dari sepatu adalah menjaga kebersihan kaki. Kaki yang tidak bersih akan merangsang pertumbuhan bakteri dan akan menghasilkan produksi asam yang berbau. Kamu bisa mencegahnya dengan menjaga kaki tetap kering.

Kami bisa membunuh kuman penyebab bau kaki dengan bahan-bahan alami seperti cuka, garam dan kantung teh. Cuka dengan kadar asam yang tinggi sangat efektif dalam membunuh kuman. Cukup campurkan segelas cuka dengan satu baskom air, lalu rendam kaki kamu selama 15 menit. Lakukan langkah ini secara rutin satu kali dalam seminggu.
Langkah kedua adalah dengan menggunakan garam.

Bumbu dapur ajaib ini bisa mengurangi kelembapan pada kaki dan membunuh bakteri penyebab bau kaki. Kamu bisa mencampurkan garam dengan satu baskom air hangat, lalu rendam kaki kamu selama 20 menit. Kamu bisa melakukan cara ini setiap hari agar kaki kamu terbebas dari kuman.

Satu lagi yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan kantung teh. Pilih teh dengan aroma yang tajam, lalu rebus dua kantung teh dengan satu liter air selama 15 menit. Setelah itu tambahkan dengan dua liter air dingin, masukkan ke dalam sebuah wadah dan rendam kaki kamu selama 30 menit. Cara ini efektif untuk menutup pori-pori dan mengurangi jumlah keringat pada kaki.

2. Menggunakan Kaus Kaki yang Tepat

article image

Image source: bp-guide.id

Pemilihan kaus kaki yang tepat juga akan berpengaruh terhadap bau sepatu. Kaus kaki dengan bahan nilon tidak menyerap keringat sehingga akan membuat kaki terasa lembap. Sebaliknya, kaus kaki dengan bahan katun akan membuat kulit kaki kamu bisa bernapas.

Kalau kamu memiliki keringat berlebih, sebaiknya selalu sediakan kaus kaki cadangan di dalam tas. Gantilah kaus kaki secara berkala atau ketika kaus kaki kamu sudah terasa lembap. Jika kamu jarang mengganti kaus kaki, sepatu kamu akan tetap mengeluarkan bau tak sedap karena sudah penuh bakteri.

3. Menyimpan Bahan Tertentu di dalam Sepatu

article image

Image source: waktuku.com

Cara berikutnya adalah menyimpan bahan-bahan tertentu di dalam sepatu. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti kopi, baking soda, minyak atsiri, koran bekas hingga spiritus.

Kopi bukan hanya sekadar minuman penghilang kantuk. Selain itu, kopi ternyata bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau sepatu secara efektif. Pastikan dulu sepatu kamu dalam keadaan bersih dan kering, kemudian masukkan bubuk kopi yang dibungkus tisu ke dalam sepatu. Diamkan semalaman untuk hasil yang lebih efektif.

Bahan lain yang bisa kamu gunakan adalah baking soda. Bahan ini juga bisa menyerap bau tak sedap. Kamu cukup menaburkan baking soda ke dalam sepatu dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bersihkan baking soda dengan menggunakan sikat.

Minyak atsiri bisa menjadi alternatif berikutnya. Kamu hanya perlu meneteskan minyak atsiri secukupnya ke dalam sepatu. Kemudian tambahkan beberapa lembar kertas untuk menjaga bau minyak atsiri. Kamu juga bisa membungkus sepatu dengan koran bekas dan menyimpan sepatu di tempat yang agak dingin semalaman.

Kamu juga bisa menggunakan spiritus dengan cara mencampurkan bahan kimia tersebut dengan air, lalu semprotkan ke bagian dalam sepatu. Langkah ini efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau.

4. Menyimpan Sepatu di Tempat yang Tepat

article image

Image source: lovila.co.id

Tips berikutnya adalah simpanlah sepatu di tempat yang tepat. Tempat seperti apa yang tepat untuk menyimpan sepatu kamu? Kamu sangat disarankan untuk menyimpan sepatu di tempat yang dingin dan kering karena dalam kondisi tersebut pertumbuhan bakteri dan jamur akan bisa dihambat.

Untuk sepatu yang jarang kamu pakai, simpanlah pada kotak sepatu dengan rapi. Jangan lupa untuk menambahkan silica gel atau kamper ke dalam kotak sepatu untuk menjaga kelembapan. Selain itu silica gel atau kamper juga dimaksudkan untuk menghindari dari bakteri dan jamur.

Baca juga artikel sepatu lainnya di bawah ini:

Articles

5. Rajin Menjemur Sepatu

article image

Image source: marketplays.id

Selain menyimpan sepatu di tempat yang tepat, kamu juga perlu menjemur sepatu di bawah paparan sinar matahari secara rutin. Biarkan sepatu kamu hingga benar-benar kering. Supaya bahan kulit sepatu kamu tidak rusak, kamu bisa memosisikan sebagian sepatu di bawah sinar matahari langsung dan sebagian lain bisa dibungkus dengan kertas koran.

6. Mengganti Sol Sepatu Dalam

article image

Image source: moedah.com

Langkah berikutnya adalah mengganti sol sepatu dalam. Bahan sol sepatu dalam yang baik adalah bahan yang dapat mengantisipasi produksi keringat pada kaki sehingga kaki tidak mudah bau. Kamu bisa memilih sol sepatu dengan bahan anti jamur.

Alternatif lain kamu bisa menggunakan sol sepatu dengan bahan katun. Namun pada intinya, sol sepatu dengan bahan apa pun akan aman bila kamu rajin mengganti sol sepatu tersebut secara berkala.


Nah, itu tadi keenam tips cara menghilangkan bau sepatu yang efektif. Lakukan langkah-langkah tadi supaya kamu terhindar dari bau sepatu yang menyebalkan. Jangan sampai deh malu-maluin kalau ketahuan punya sepatu dengan bau menyengat! Ikuti terus perkembangan info-info menarik seputar gaya hidup dan hiburan lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: liputan6.com