Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tidak hanya mengikuti protokol kesehatan saja atau sekedar minum suplemen saja agar bisa terhindar dari penyebaran virus corona tapi imunitas tubuh juga harus ditingkatkan. Imun tubuh atau daya tahan tubuh berperan penting terhadap kesehatan kita agar tidak mudah terserang berbagai penyakit maupun virus. Oleh karena itu, kita wajib memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Bagaimana caranya? Simak cara meningkatkan imunitas tubuh di bawah ini selama di rumah saja:

Olahraga Teratur

article image

Image source: netralnews.com

Cara meningkatkan imunitas tubuh yang pertama kamu bisa lakukan di rumah adalah dengan olahraga secara teratur. Setidaknya 30 menit dalam sehari bisa meningkatkan imun tubuh. Paling mudah adalah olahraga jalan kaki di sekitar rumah dan sangat dianjurkan berolahraga di bawah sinar matahari pagi. Dengan olahraga teratur kamu bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan respons antibodi dan juga melawan bakteri yang masuk ke tubuh.

Tidur Cukup

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Siapa yang masih sering bergadang dan kurang tidur? Nah mulai sekarang cobalah untuk memperbaiki pola tidur agar tidak terserang berbagai risiko penyakit yang paling sering seperti flu atau infeksi dan juga menurunkan imunitas tubuh. Untuk itu, disarankan untuk tidur teratur setidaknya 7-8 jam tiap malam agar imun tubuh juga meningkat.

Hindari Stres

article image

Image source: kompasiana.com

Ternyata stres adalah salah satu penyebab imun tubuh semakin menurun tanpa disadari dan salah satu sumber dari timbulnya berbagai penyakit. Jika stres tidak terkendali maka produksi hormon kortisol makin meningkat akibatnya fungsi kekebalan tubuh pun semakin menurun. Jika terus-terusan maka tubuh dengan mudah diserang oleh berbagai penyakit. Jadi, cara meningkatkan imunitas tubuh adalah harus mengerti bagaimana mengelola stres yang tujuannya untuk memperbaiki kualitas hidup jadi lebih baik juga.

Berjemur di Pagi Hari

article image

Image source: popbela.com

Mewabahnya penyebaran virus corona membuat orang jadi melakukan sebagian besar aktivitas dari rumah saja. Nah cara meningkatkan imunitas tubuh yang paling gampang dilakukan juga dari rumah adalah berjemur setiap pagi di bawah sinar matahari. Dengan rutin berjemur bisa meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Durasi yang tepat adalah selama 15-20 menit di antara pukul 8-9 pagi atau pukul 11.00 sampai 13.00 siang hari. Kamu juga bisa berjemur sambil jalan santai di pagi hari.

Makan Sayur dan Buah

article image

Image source: friso.co.id

Cara meningkatkan imunitas tubuh berikutnya adalah mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki banyak kandungan nutrisi, mineral dan juga vitamin yang tinggi yang baik untuk menjaga imun dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran berwarna-warni setiap harinya. Yuk, mulai ubah isi piring dengan makanan yang berserat dan hindari buah dan sayuran dalam kemasan seperti jus.

Konsumsi Air Putih

article image

Image source: emc.id

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah mengonsumsi air putih yang cukup sebanyak dua liter hingga 2,5 liter per harinya. Jika kekurangan cairan dalam tubuh, kamu tidak hanya akan merasa dehidrasi tapi juga metabolisme juga menurun akibatnya imunitas tubuh kita pun juga ikut menurun. Biasakan dari sekarang mengonsumsi air putih secara teratur dan jumlahnya terpenuhi.

Jangan Lupa Bahagia

article image

Image source: halodoc

Hati yang senang dan gembira ternyata salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh. Meski terkesan sepele, banyak tertawa bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan terhindar dari stres. Saat suasana hati senang maka hormon endorfin semakin meningkat dan salah satu manfaat dari hormon ini adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi mulai sekarang sering-sering untuk tertawa maka suasana hati pun lebih baik dan terhindar dari stres.

Products


Itulah tujuh cara meningkatkan imunitas tubuh selama di rumah saja agar tidak mudah terkena berbagai jenis penyakit dan juga terhindar dari wabah virus covid-19. Jika imun tubuh kita sudah baik maka tubuh juga kuat melawan virus. Tetap jaga kesehatan dan ikuti protokol kesehatan. Semoga sehat selalu! Ikuti terus informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls