Makanan dan Minuman Kaya Antioksidan

Kamu pasti sering mendengar kata antioksidan. Ya kamu bisa menemukan minuman dan makanan antioksidan setiap harinya. Namun tahukah kamu apa fungsi dari antioksidan? Dan tahukah kamu bahwa antioksidan alami bisa kamu dapatkan dengan mudah di kehidupan sehari-hari? Simak penjelasannya berikut ini.

Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi yang nantinya akan menyebarkan radikal bebas. Radikal bebas merupakan hasil sampingan dari proses pengolahan makanan. Selain itu, radikal bebas juga bisa didapatkan dari udara bahkan dari reaksi tubuh terhadap matahari. Radikal bebas sebenarnya bisa digunakan tubuh untuk membunuh bakteri, virus dan sel yang rusak. Namun, apabila radikal bebas terlalu banyak tersebar di dalam tubuh bisa berisiko menimbulkan kerusakan oksidatif. Oleh karena itu tubuh memerlukan antioksidan sebagai benteng pertahanan.

Bila di dalam tubuh kadar antioksidan lebih rendah dibandingkan dengan radikal bebas maka akan mempercepat proses penuaan, merusak sel dan jaringan, sel akan bermutasi, aktivasi gen berbahaya dalam DNA dan sistem kekebalan tubuh menjadi berlebihan. Poin terakhir ini bisa menyebabkan sel memakan dan menghancurkan dirinya sendiri.

Jenis dan Manfaat Antioksidan

Ada dua jenis antioksidan yakni endogeneous yang dihasilkan oleh tubuh dan exogeneous yang bisa didapatkan dari luar tubuh. Antioksidan dapat berupa vitamin C, vitamin E dan karotenoid yang mempunyai fungsinya masing-masing. Vitamin E dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung hingga penyakit mata. Vitamin C adalah jenis antioksidan yang paling banyak dikenal dan sangat berguna melindungi tubuh dari infeksi, mencegah kerusakan sel hingga membantu proses produksi kolagen. Di dunia kecantikan antioksidan berfungsi mencegah kerusakan kulit dan menunda proses penuaan dini. Antioksidan juga bisa mengenyalkan kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, bintik hitam serta jerawat.

Walaupun tubuh manusia bisa menghasilkan antioksidan sendiri, namun biasanya tubuh lebih bergantung pada antioksidan yang berasal dari luar. Walau begitu kamu juga harus memperhatikan konsumsi antioksidan. karena fungsinya akan lebih terasa apabila dikonsumsi dalam bentuk alami dibandingkan dalam bentuk suplemen. Berikut beberapa minuman dan makanan antioksidan pilihan.

Sebelum kamu berangkat cari Makanan dan Minuman sehat, kamu harus cek promo menarik di seputaran makanan sehat yang bikin kantong km makin irit.

Bayam

article image

Image credit: kumparan.com/

Bayam bisa ditemukan dengan mudah dan cukup murah. Cara memasaknya yang cukup simpel membuat sayur ini disukai oleh banyak orang. Tidak hanya itu, bayam juga makanan antioksidan dalam bentuk lutein dan betakaroten. Antioksidan jenis ini berfungsi melindungi mata dari radiasi sinar matahari yang bisa menimbulkan katarak dan degenerasi makula.

Brokoli

article image

Image credit: twitter.com/

Brokoli memang sangat terkenal dengan gizinya yang kaya, salah satunya adalah antioksidan. Senyawa antioksidan berupa vitamin C yang ada di dalamnya akan menjaga elastisitas kulit, mengurangi kerapuhan tulang dan menjaga pembuluh darah.

Bawang Putih

article image

Image credit: tribunnews.com/

Walaupun hanya digunakan sebagai bumbu dan mempunyai bau yang menyengat, usahakan untuk tidak menghilangkan bawang putih dalam masakan. Bawang putih sangat berguna mengendalikan tekanan darah, mencegah radikal bebas serta mencegah kanker. Sebaiknya memilih bawang putih yang tua karena kandungan antioksidannya lebih tinggi.

Kamu harus cek beberapa rekomendasi store dari gotomalls yang bisa menyediakan makanan dan minuman antioksidan tinggi.

Brands

Terong

article image

Image credit: daherba.com/

Terong sering sekali menjadi sayur yang tidak disukai karena teksturnya yang lembek. Namun ternyata, terong mempunyai kandungan antioksidan berupa antosianin dan bioflavonoid. Hebatnya lagi zat ini tidak mudah rusak walaupun sudah melalui proses pemasakan. Zat antioksidan yang dikandung hampir semua jenis terong dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol dan memelihara jantung.

Apel

article image

Image credit: doktersehat.com/

Tidak hanya rasa manis dan segar yang menjadi keunggulan buah ini. Kandungan antioksidan di dalamnya juga unggul dengan menjadi yang paling banyak dibanding buah lainnya. Antioksidan jenis flavonoid ini mampu menurunkan risiko penyakit kanker paru-paru sampai dengan 50%. Antioksidan apel juga mampu melawan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik yang ramah terhadap jantung.

Tomat

article image

Image credit: theworldnews.net

Di balik warna merah yang ranum, tomat juga menyimpan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan alami yang ada dalam tomat cukup banyak mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, beta karoten, likopen, lutein, beta cryptoxanthin hingga mineral penting lainnya. Gangguan mata, paru-paru, usus, payudara hingga prostat bisa dicegah dengan konsumsi antioksidan dari tomat.

Cek juga beberapa rekomendasi mall rekomendasi gotomall suntuk tempat kamu ngisi waktu lluang sambil cari kebutuhan nutrisi tubuh kamu.

Malls

Kacang-kacangan

article image

Image credit: pexels.com/martabranco

Kacang-kacangan dipercaya mempunyai antioksidan terbaik di antara keluarga sayuran. Di antara jenis kacang-kacangan, kacang merah, kacang hazelnut, kacang kenari, yang mempunyai zat antioksidan tertinggi.

Teh Hijau

article image

Image credit: gulalives.co

Teh hijau mengandung antioksidan jenis katekin dan falvonoid. Meminum teh hijau secara rutin dapat mencegah naiknya kadar gula darah, mencegah penyakit jantung dan melindungi dari pembekuan darah. Usahakan untuk meminum teh hijau murni karena teh yang instan atau yang kemasan botol biasanya kadar antioksidannya telah berkurang banyak.

Kopi

article image

Image credit: pexels.com/jessicalewis

Kopi biasanya disandingkan dengan teh, hingga kandungan di dalamnya. Jika teh mengandung antioksidan, begitu juga dengan kopi. Antioksidan jenis kuinin pada kopi biasanya disandingkan dengan magnesium akan menyeimbangkan tingkat gula darah sehingga mencegah risiko diabetes tipe 2.

Coklat

article image

Image credit: alodokter.com

Selain mempunyai rasa yang lezat dan zat tryptophan yang menghasilkan perasaan bahagia, cokelat juga punya kandungan antioksidan. Jenis coklat yang mengandung antioksidan paling banyak adalah dark chocolate. Kamu bisa menikmatinya dengan dijadikan makanan ataupun minuman.

Cek juga beberapa rekomendasi artikel dari gotomalls yang bantu kamu cari informasi baru seputaran makanan sehat dan nikmat.

Articles

Minuman Herbal

article image

Image credit: hellosehat.com

Selain mengobati berbagai keluhan kesehatan, minuman herbal biasanya kaya akan antioksidan sehingga mampu melawan radikal bebas dan bakteri yang merusak sel tubuh. Dengan meminum ramuan herbal juga dapat melegakan pernapasan karena aroma terapi yang dihasilkannya.

Air Lemon

article image

Image credit: tempatasik.com/

Vitamin C dalam lemon yang berfungsi sebagai antioksidan memerangi kerusakan akibat radikal bebas. Selain ini lemon juga mempunyai banyak manfaat lain yang tidak kalah pentingnya. Bahkan lemon yang bersifat asam pun masih disarankan untuk diminum di pagi hari.

Red Wine

article image

Image credit: fimela.com

Antioksidan jenis antosianin yang ada dalam minuman anggur merah membantu mengendalikan tekanan darah. Antosianin ini juga dapat mengurangi kerusakan pembuluh darah dan melindungi terhadap penyakit kardiovaskular.


Selain minuman dan makanan antioksidan di atas, masih banyak sumber alami l cainnya yang dapat diandalkan sebagai sumber antioksidan. Makanan antioksidan mempunyai banyak jenis dan banyak sumber sehingga mudah ditemukan di sekeliling kamu. Jadi untuk sehat tidak sesulit itu bukan? Temukan berbagai bahan-bahan makanan antioksidan di supermarket terdekat di kotamu. Untuk memudahkan berbagai informasi, kamu bisa cek GoToMalls.com. Di GoToMalls kamu bisa menemukan banyak promo, diskon, kupon, dan event-event yang sedang diadakan di mall-mall seluruh Indonesia.

Brands

Malls

Articles