Cara Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Wabah virus covid-19 terus meluas tak hanya berdampak pada perekonomian dan ancaman kesehatan fisik saja tapi juga kesehatan mental jika tidak bisa dikendalikan. Untuk itu, dalam menyikapinya kita harus tetap selalu waras meski dampak yang ditimbulkan sangat mempengaruhi psikologi setiap individu. Mulai dari rasa takut atau insecure, dan banyak kekhawatiran yang timbul seperti kebutuhan hidup sehari-hari dan banyaknya informasi yang membuat cemas. Jika dibiarkan terus menerus, tanpa sadar bisa menjadi gangguan kesehatan mental yang serius. Sekaligus untuk memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia pada 10 Oktober, berikut adalah hal-hal penting untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi. Bagaimana caranya? Selengkapnya di bawah ini:

Manajemen Stres dan Meditasi

article image

Image source: pngdownload.id

Pertama cara mengatasi kesehatan mental di masa pandemi adalah dengan manajemen stres. Stres dipicu oleh berbagai faktor yang mengganggu pikiran jika tidak bisa dikendalikan bisa menimbulkan gangguan mental. Di masa pandemi seperti ini kamu harus mampu dan belajar melakukan manajemen stres agar hidup lebih tenang dan berjalan dengan baik. Kamu bisa mengambil waktu dan berhenti sejenak dari aktivitas, belajar untuk mengontrol diri, bercerita kepada orang terdekat agar beban bisa sedikit terlepas, dan melakukan kegiatan yang kamu suka. Selain itu jangan lupa selalu bersyukur dan ambil waktu untuk meditasi di pagi hari agar pikiran jadi lebih rileks dan jernih untuk memulai aktivitas seharian.

Meluangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

article image

Image source: halodoc.com

Pandemi mengharuskan semua aktivitas dilakukan dari rumah saja. Kondisi seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk menggunakan waktu sebaik mungkin untuk diri sendiri. Seperti menonton film, fokus olahraga, bercocok tanam, membaca buku, mencoba resep baru dan masih banyak lainnya. Luangkan waktu untuk hal-hal yang kamu suka dan bisa membuat kamu lebih mengenal dengan diri sendiri.

Olahraga

article image

Image source: liputan6.com

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan berolahraga. Selama beraktivitas di rumah saja, kamu bisa meluangkan waktu untuk aktivitas fisik 30 menit hingga 1 jam setiap harinya. Kamu bisa lari-lari kecil atau jalan pagi di sekitar rumah sambil berjemur, yoga, atau ikut olahraga kelas online. Dengan melakukan olahraga rutin setidaknya 2-3 kali seminggu, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan, tentunya bisa membantu untuk meredakan stres, mengurangi rasa khawatir, dan mood pun jadi lebih baik.

Bijak Menerima Informasi

article image

Image source: tirto.id

Semakin meluasnya penyebaran virus covid-19 semakin banyak juga informasi-informasi secara tidak sadar memicu stres dan kecemasan. Semakin ke pikiran akan berbagai informasi akan berbahaya untuk kesehatan mental. Untuk itu belajar lebih bijak lagi untuk menerima informasi dengan cara membatasi pencarian mengenai pandemi ini.

Konsumsi Makanan Bergizi

article image

Image source: jovee.id

Masa pandemi tentu juga mengancam kesehatan fisik, maka kamu juga harus memberikan nutrisi yang baik dan seimbang pada tubuh. Pola makan yang sehat dan nutrisi yang tepat didapat oleh tubuh juga bisa membantu meningkatkan Susana hati dan mengurangi tingkat kecemasan. Kesehatan mental secara tidak langsung juga terjaga. Selain itu, konsumsi vitamin untuk menunjang kesahatan dan menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi.

Products

Hindari Catastrophizing

article image

Image source: psychbytes.com

Jika kamu terlalu cemas dalam menghadapi pandemi dan terlalu berpikir jauh ke depan akan hal-hal buruk yang belum terjadi, kamu harus berhati-hati. Bisa jadi kamu sedang mengalami Catastrophizing, kondisi di mana seseorang selalu berpikir semua tentang kemungkinan terburuk. Entah itu mencemaskan diri sendiri, anak, keluarga dan pasangan sampai tidak berdaya. Hal ini jika terus-terusan terjadi, justru mengganggu kesehatan mental.

Untuk menangani catastrophizing di masa pandemi:

  1. Ubah perspektif kamu. Tidak semua hal bisa kamu kontrol di dunia ini dan berharap bisa sesuai dengan keinginan kamu. Jika gagal, jangan berlarut dalam kesedihan jadikan semangat untuk pembelajaran di masa depan
  2. Hindari stres berlebih. Jika kamu sudah mulai merasakan gejala ini, cepat sadar dan berhenti sejenak dari segala aktivitas. Lakukan meditasi agar pikiran jauh lebih tenang
  3. Lebih mindfulness atau sadar dengan kondisi di masa sekarang agar bisa tetap berpikir secara rasional. Cara ini bisa bantu mengurangi kecemasan dan stres.

Nah itu dia beberapa cara dan pentingnya menjaga kesehatan mental di masa pandemi agar tetap selalu waras dan sadar. Kamu adalah orang yang memegang kendali atas pikiranmu sendiri. Jangan sampai terlarut ya dengan masalah dan kecemasan di masa pandemi, semua ada jalan keluarnya. Tetap semangat dan sehat selalu. Ikuti informasi lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls