Cara Merawat Hewan Peliharaan

Cara merawat hewan peliharaan dengan baik tidak cukup hanya dengan memperhatikan pola makan dan kesehatannya saja. Meskipun dua hal itu penting, masih ada beberapa faktor lain yang mesti diterapkan agar peliharaan kesayangan kita tetap nyaman berada di rumah.

Jika mereka merasa nyaman diam di dalam rumah, tentunya kita bisa lebih tenang dan tidak perlu khawatir mereka menyelinap kabur.

Lantas, bagaimana tips merawat hewan peliharaan tersebut? Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

1. Selalu Menjaga Kebersihan Rumah

article image

Image source: Shopee

Tips pertama dalam merawat hewan peliharaan dengan baik yaitu menjaga kebersihan rumah. Hal ini sebenarnya sangat penting, namun kerap kali disepelekan oleh beberapa pemilik hewan peliharaan.

Selain soal kenyamanan, kebersihan rumah juga dapat mempengaruhi kesehatan peliharaan dan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Jika kondisi rumah kotor dan jarang dibersihkan, hewan peliharaan kita akan lebih beresiko terserang penyakit yang disebabkan bakteri, jamur, hingga virus-virus berbahaya.

Selain itu, pastikan juga kotoran mereka selalu dibersihkan setiap hari. Sediakan tempat sampah khusus untuk menampung kotoran hewan peliharaan dan letakkan di tempat yang jauh dari tempat tidur atau tempat bermain mereka.

2. Gunakan Kandang Hanya Jika Diperlukan

article image

Image source: litter-robot.com

Untuk kucing atau anjing, terutama yang memiliki karakter aktif dan mudah beradaptasi, sebaiknya biarkan mereka bebas tanpa dikandangkan. Meletakkan hewan-hewan yang terbiasa berkeliaran bebas di dalam kandang tidak baik untuk psikologis mereka.

Gunakan kandang seperlunya saja, misalnya ketika baru selesai operasi. Kucing dan anjing tidak boleh bergerak terlalu aktif jika baru selesai operasi, oleh karenanya perlu dikandangkan sampai benar-benar pulih.

3. Ajak Bermain dan Berkomunikasi

article image

Image source: ijemr.net

Sama halnya dengan manusia, hewan juga bisa merasa bosan dan jenuh jika tidak ada aktivitas lain yang dilakukan sehari-hari. Sesekali, ajaklah mereka bermain dan berkomunikasi. Cara merawat hewan peliharaan ini dinilai efektif untuk merangsang pertumbuhan mereka.

Selain itu, dengan membangun komunikasi secara intensif, kita bisa membangun ikatan emosional yang erat dengan hewan peliharaan kesayangan.

Membangun komunikasi yang intensif bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Kamu bisa mengajaknya berbicara, menggendong sambil mengelus tubuhnya, atau memberikan respon saat mereka mengeluarkan suara.

4. Memberi Asupan Bergizi

article image

Image source: whiskas.co.uk

Cara merawat hewan peliharaan berikutnya adalah dengan memberikan makanan dan minuman bergizi sesuai kebutuhannya. Hal ini menjadi penting karena jika kondisi kesehatan mereka baik, penampilan fisik dan perilaku mereka akan selalu dalam kondisi prima.

Jika kamu mendambakan hewan peliharaan menjadi gemuk dan senang bermain, maka poin keempat ini wajib diterapkan. Usahakan pula untuk selalu memberi makan secara teratur setiap harinya. Letakkan mangkuk makanan mereka di tempat yang sama dan sediakan air bersih setiap saat.

Selain memberi pakan yang berkualitas, kamu juga bisa memberikan suplemen tambahan seperti vitamin atau minyak ikan. Hal ini sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh mereka dan merangsang pertumbuhan.

5. Berikan Snack Atau Camilan

article image

Image source: fluffyplanet.com

Tips yang satu ini bisa berguna untuk meningkatkan nafsu makan hewan peliharaan, terutama kucing dan anjing. Memberikan snack atau camilan dinilai cukup efektif untuk merangsang nafsu makan hewan peliharaan ketika mereka bosan dengan makanan yang selalu sama setiap hari.

Ada beberapa jenis snack yang bisa kamu pilih, yaitu snack basah, snack kering, jerky, dan freeze-dried. Snack khusus hewan peliharaan mengandung formulasi yang bisa merangsang selera makan mereka. Snack juga biasanya mengandung nutrisi dan mineral tinggi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi.


Nah, demikianlah beberapa cara merawat hewan peliharaan agar selalu nyaman dan betah di dalam rumah.

Simak juga informasi dan tips menarik lainnya di Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia!

Malls

Brands

Articles

Featured image source: Paws Planet