Bahan Alami Pembersih Alumunium

Aluminium adalah bahan logam yang paling populer untuk peralatan dapur. Bahan jenis ini sangat terjangkau, ringan dan tahan lama tentu saja. Namun seperti logam lainnya, bahan alumunium juga mudah kotor dan berkerak seiring waktu.

Jangan buru-buru dibuang ya, saat barang dapurmu berkerak. Kamu bisa membersihkan peralatan dapur berbahan aluminium dengan beberapa bahan alami di bawah ini.

1. Cuka

article image

Image source: whizbliz.com

Cuka tidak hanya bisa kita gunakan sebagai bahan masakan saja. Kandungan cuka ternyata juga ampuh mengusir kotoran membandel pada peralatan aluminium.

Satu cara paling banyak dilakukan adalah dengan menambahkan cuka dan air. Perbandingannya 50:50. Tuangkan campuran cuka dan air di atas wajan lalu letakkan wajan di atas kompor dan nyalakan api. Biarkan sedikit mendidih. Cara ini cukup ampuh menghilangkan bekas makanan gosong di panci dan wajan alumunium.

Cara lainnya kamu juga bisa mencampurkan cuka dengan tepung dan garam. Aduk campuran tersebut hingga rata hingga mengental seperti pasta. Jika sudah oleskan pada peralatan aluminium menggunakan kain. Tunggu 15 menit hingga 1 jam kemudian bilas.

2. Lemon

article image

Image source: jovee.com

Lemon juga dapat menjadi solusi untuk semua kerak di alumunium. Untuk bekas gosong, lemon dapat membantu membersihkan dasar wajan dan panci dengan mudah.

Kamu cukup potong lemon dan tambahkan air biarkan mendidih di atas kompor. Tingkat keasamannya dapat mengangkat sisa kotoran dan gosong pada wajan.

Sedangkan untuk kotoran di pantat wajan bisa campurkan lemon dan garam. Lalu gosok perlahan di bagian luar wajan kemudian bilas dengan air bersih.

3. Baking Soda

article image

Image source: kompas.com

Soda kue atau baking soda juga banyak dipercaya dapat membersihkan berbagai jenis kerak membandel termasuk untuk peralatan berbahan aluminium. Baik untuk dalam panci maupun luarnya bisa kamu bersihkan dengan mudah.

Kamu bisa mencampur baking soda dan cuka untuk hasil yang lebih maksimal. Kombinasi tersebut dapat melarutkan noda membandel. Kamu bisa mencampurkan baking soda, cuka dan air sampai menjadi seperti pasta.

Kemudian oleskan perlahan pada bagian panci yang bernoda. Biarkan beberapa menit dan kemudian bisa dibilas dengan air hangat. Jangan lupa cuci dengan sabun piring setelahnya.

4. Air Panas Mendidih

article image

Image source: thoughtco.com

Cara ini biasanya banyak digunakan untuk mengangkat kotoran dan sisa gosong di dalam panci atau wajan yang berkerak. Daripada susah mencuci dengan sabun cuci saja, kamu bisa merebus air panas mendidih di wadah tersebut.

Biarkan air mendidih itu menyelimuti bagian yang kotor. Diamkan beberapa menit saja kemudian gosok perlahan. Bilas dengan sabun cuci.

5. Rebusan Kulit Apel

article image

Image source: eatthis.com

Kulit apel jangan dibuang ya! Kamu bisa memanfaatkannya sebagai cairan pembersih perabotan aluminium lho.

Zat asam yang terkandung dalam kulit apel ternyata ampuh menghilangkan noda membandel akibat makanan gosong ataupun api.

Cara buat cairannya pun mudah. Kamu tinggal ambil kulit apel lalu masukkan dalam panci atau wajan yang bernoda, tambahkan air dan nyalakan api. Biarkan rebusan kulit apel sedikit mendidih lalu bilas dengan air bersih.

6. Saus Tomat

article image

Image source: skykeymart.com

Kamu sering geram lihat peralatan dapur mulai berkarat? Tenang, yuk coba manfaatkan saus tomat untuk menghilangkan nodanya.

Yang perlu kamu lakukan hanya mengoleskan saus tomat ke bagian peralatan dapur yang memiliki noda membandel. Biarkan selama 15 menit kemudian gosok lembut. Setelah itu kamu tinggal membilasnya dengan sabun cuci piring.

Mudah kan semua cara-caranya. Sekarang saatnya kamu praktikkan tips jitu di atas.

Malls

Articles

Featured Image Source: rozanaspokesman.in