5 Transformasi Penyanyi Dangdut Tanah Air Dulu vs Sekarang

Dangdut merupakan salah satu genre musik populer tradisional khas Indonesia yang memiliki unsur Hindustan, Melayu dan Arab dan pada masa kini dipengaruhi pula oleh beberapa unsur lain seperti musik daerah, pop maupun musik DJ. Sejak dulu pada seputar tahun 70-an hingga kini, musik satu ini tidak pernah ada matinya dan selalu melahirkan seniman dan penyanyi dangdut yang fenomenal pada zamannya. Lalu apa kabarnya penyanyi-penyanyi dangdut lawas serta bagaimana transformasi penampilan mereka pada masa kini? Berikut ini merupakan transformasi 6 penyanyi dangdut lawas saat dulu dan sekarang.

Rhoma Irama

Pria satu ini kiprahnya memang tidak pernah pudar, semua generasi sangat tahu dengan sosok penyanyi kawakan Tanah Air bahkan generasi milenial sekalipun. Rhoma Irama yang kerap dijuluki Raja Dangdut dan Satria Bergitar ini telah berkarya sejak tahun 60-an hingga kemudian mulai berkibar bersama Soneta Group, band dangdut bentukannya sendiri pada tahun 70-an. Soneta Group dikenal dengan lagu-lagu dangdutnya yang berbeda karena memasukkan unsur musik rock. Selain menjadi seniman dangdut, pria bernama asli Raden Haji Oma Irama ini juga dikenal sebagai pemain film dan telah bermain dalam pada lebih dari 20 film dan telah menciptakan kurang lebih 1000 buah lagu. Akhir-akhir ini H. Rhoma Irama lebih sering aktif dalam kegiatan politik praktis bahkan pada tahun 2012 lalu sempat menyatakan siap untuk mencalonkan diri sebagai Presiden RI 2014.
Inilah wajah Rhoma Irama saat sang Raja Dangdut ini pada masa lalu

article image

Image source : youtube.com

Sementara yang ini adalah penampilannya sekarang. Bagaimana menurut pendapat kamu?

article image

Image source : republika.co.id

Camelia Malik

Camelia Malik yang paling dikenal dengan lagunya Colak Colek yang rilis pada tahun 1970 ini merupakan adik tiri dari musisi Ahmad Albar serta sempat mendapat julukan Diva Dangdut Jaipong. Sama dengan Rhoma Irama, wanita cantik ini juga dikenal sebagai pemain film dan telah bermain dalam kurang lebih 16 judul film. Setelah Colak Colek melejit, ia mulai menyanyikan dan memperkenalkan musik dangdut di kota Tokyo, Jepang, serta San Fransisco, Los Angeles dan New York, Amerika Serikat. Mau tahu wajahnya jadulnya ? Lihat tampilan fotonya di bawah ini

article image

Image source : lirik-lagu-dunia.blogspot.com

Kini, dengan menggunakan hijab, Mia demikian panggilan akrabnya, masih tetap kelihatan cantik dan awet muda

article image

Image source : tribunnews.com

Elvy Sukaesih

Jika Rhoma Irama mendapat julukan sebagai Raja Dangdut, maka Elvy Sukaesih yang mendapat gelar sebagai Ratu Dangdut. Wanita yang memiliki nama asli Else Sukaesih ini mengubah namanya menjadi Elvy setelah membaca sebuah novel yang berkisah tentang seorang wanita bernama Elvy. Mulai menikah pada usia yang sangat muda yaitu 14 tahun, wanita yang sangat dikenal dengan lagu-lagunya antara lain Cubit Cubitan dan Mandi Madu ini juga akhirnya merambah dunia film dan telah membintangi 16 judul film. Beginilah penampilannya di masa lalu.

article image

Image source : mp3fordfiesta.com

Hingga saat ini kita masih sering melihat penampilan wanita yang dianggap sebagai salah satu penyanyi dangdut yang memiliki kualitas suara terbaik ini.

article image

Image source : bintang.com

Mansyur S

Beralih kini ke pria kelahiran Jakarta bernama lengkap Mansyur Subhawannur yang lebih dikenal dengan Mansyur S. ini. Ia memulai karier bermusiknya saat merilis album perdananya bertajuk Pesan Perpisahan pada tahun 1969. Pria yang dikenal dengan suara merdu khasnya ini juga pernah menjajaki dunia akting dengan membintangi sebuah film berjudul Khana dan sebuah sinetron berjudul Kampung Dangdut. Seperti inilah tampilannya di masa lalu saat ia mulai dikenal orang.

article image

Image source : madrotter-treasure-hunt.blogspot.com

Dan seperti inilah penampilan pria peraih AMI Awards 2015 tersebut saat ini.

article image

Image source : laguindolagu.blogspot.com

Evie Tamala

Wanita bernama asli Cucu Suryaningsih ini sempat berada pada puncak kariernya sekitar tahun 90-an dan memiliki beberapa hits yang bisa jadi masih terdengar gaungnya hingga saat ini seperti misalnya Selamat Malam, Cinta Ketok Magic dan Dokter Cinta. Selain membawakan lagu dangdut, wanita kelahiran Tasik Malaya ini juga kerap menyanyikan lagu pop Sunda dan pop Jawa. Dari segi penampilan, rupanya wanita satu ini nyaris tidak ada perubahan dan tampak awet muda. Coba bandingkan penampilannya di masa lalu di bawah ini.

article image

Image source: mediamaya.net

Dan berikut adalah penampilannya saat ini.

article image

Image source : haryadi28.blogspot.com

Iis Dahlia

Kalau wanita satu ini masih kerap wara-wiri di layar televisi karena masih sangat aktif berkarya. Mulai dari bintang iklan, host acara televisi, pelakon FTV maupun sebagai juri ajang pencarian bakat penyanyi dangdut bahkan di layar lebar pun kita masih dapat melihat penampilannya. Memiliki nama asli Iis Laeliyah, wanita yang mengawali penampilannya sebagai bintang tamu untuk acara Wajah Baru di TVRI tahun 1985 ini melahirkan beberapa hits lagu dangdut seperti Tamu Tak Diundang, Payung Hitam, Cinta Bukanlah Kapal dan Seroja. Transformasi penampilannya cukup kentara, beginilah tampilannya di masa lalu

article image

Image source : youtube.com

Sementara pada masa kini penampilannya lebih matang dan semakin lama semakin cantik.

article image

Image source : haibunda.com


Dari enam musisi dangdut yang telah disebutkan tadi, adakah di antaranya yang pernah menjadi idola kamu atau mungkin juga hingga kini bahkan masih kerap kamu dengar lagu-lagunya? Tentunya masih banyak penyanyi dangdut yang bukan hanya mampu menciptakan hits namun juga telah membuat musik dangdut naik kelas serta sangat dikenal secara global. Dan kita terus dan tetap berharap masih akan ada lagi musisi dangdut pada masa mendatang yang membawa musik dangdut pada tingkat yang lebih tinggi lagi. Apakah kamu suka dengan musik dangdut, kamu bisa nostalgia dengan karaoke bersama teman-teman.

Cek rekomendasi tempat-tempat karaoke yang ada di mall dan cek lokasinya melalui Gotomalls. Aplikasi berbasis website ini menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Products

Malls

Brands

featured image source: youtube