5 Destinasi Wisata Malang Yang Hits Untuk Liburan

Malang atau lebih tepatnya Kabupaten Malang, merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang merupakan Kabupaten ketiga terluas di Pulau Jawa. Jika berbicara soal destinasi wisata, beberapa di antara kita kerap menghubungkan Malang dengan Kota Batu. Memang beberapa tahun belakangan kota Batu menjadi primadona tujuan wisata domestik dengan Museum Angkut, Jatim Park 1 &2 atau Eco Green Park-nya meskipun Batu bukan lagi merupakan bagian dari Kabupaten Malang sejak tahun 2001.

Tetapi berbicara soal tujuan wisata, tahukah kamu bahwa selain Kota Batu, wilayah Malang dan sekitarnya juga memiliki lokasi tujuan wisata lain yang menarik ? Mari kini kita jelajahi 5 destinasi wisata Malang yang hits untuk liburan.

Sebelum lanjut membaca, cek juga kupon diskon berikut yang mungkin menarik buat kamu!

Sumber Sirah

article image

image source: cintanegeri.com

Sumber Sirah merupakan destinasi wisata berupa mata air yang sangat sesuai buat kamu yang menginginkan kesejukan. Berlokasi di Jalan Sunan Gunung Jati, Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Malang ini masih memiliki lingkungan asri dan karena merupakan sumber mata air maka kamu dapat menemui kejernihan air di lokasi ini dan pemandangan yang luar biasa indah sehingga sangat cocok sebagai obyek foto atau swa foto. Bukan hanya pemandangan di sekitarnya yang indah tapi kamu bisa melihat dasar kolamnya yang dipenuhi dengan ganggang hijau.

Bagi kamu yang berminat berkunjung, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, hanya perlu menyediakan uang parkir sebesar Rp.1.000,00 sementara untuk fasilitas seperti ban renang untuk dewasa dikenakan biaya Rp.3.000,00 dan untuk anak-anak Rp.2.000,00. Perlu dicatat bahwa tempat ini buka setiap hari Senin-Minggu jam 7.00 - 17.00 WIB.

Pantai Tiga Warna

article image

image source : infopariwisatamalang.wordpress.com

Ingin mengunjungi wilayah pantai tetapi tidak ingin dirisaukan dengan kondisi pantai yang kotor akan sampah dan pengunjung yang berjubel? Silakan kunjungi pantai satu ini, pantai indah yang terletak pada salah satu kawasan konservasi Clungup Mangrove Conservation (CMC). Pantai yang terletak di desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang ini mengharuskan kamu membayar denda Rp.100.000,00 per item jika ada sampah yang tertinggal atau dibuang sembarangan.

Jika berminat berlibur di Pantai Tiga Warna, jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dulu ya, karena pengunjung per hari dibatasi jumlahnya. Satu reservasi atau rombongan maksimal 10 orang dengan biaya sebesar Rp.100.000,-. Jika berniat berkunjung pada akhir pekan, sebaiknya melakukan reservasi satu bulan sebelumnya. Kamu juga bisa camping dan mendirikan tenda di pantai Clungup atau Pantai Gatra dengan biaya sewa tenda Rp.25.000,00 per tenda dan Rp.25.000,00 untuk sewa lahan. Murah bukan?

Sumber Pitu Pujon

article image

image source : piknikasik.com

Air terjun Sumber Pitu, seperti namanya memiliki mata air yang muncul dari tujuh titik yang nyaris berdekatan dan memenuhi sisi tebing selebar kurang lebih 50 meter. Air terjun ini merupakan satu dari 30 air terjun (coban) yang terdapat di Kabupaten Malang. Air terjun unik dan cantik ini terletak di desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Pandesari, Kabupaten Malang dan berada pada wilayah hutan milik Perhutani Kabupaten Malang. Menuju lokasi coban ini perlu sedikit usaha, di mana dari pos informasi wilayah ini kamu masih harus berjalan melewati perkebunan sayur warga disambung hutan milik Perhutani sekitar 2 kilometer jauhnya. Harga tiket masuk lokasi ini adalah Rp.10.000,00 per orang.

Kampung Warna Warni

article image

image source : explorewisata.com

Jika yang kamu cari adalah spot foto unik dan menarik, seraya menikmati kota Malang yang sejuk, maka tentunya lokasi hits Kampung Warna Warni Jodipan dan Kesatrian ini perlu dikunjungi. Di sini kamu bisa melihat sebuah kampung di tengah kota yang mana bangunan-bangunannya diberi cat 17 warna dari mulai atap hingga bagian temboknya. Bukan hanya itu, pada banyak bagian di kampung ini memiliki beberapa spot unik untuk berfoto. Ada di Jembatan Embong Brantas, dinding warna warni, lorong payung, lukisan 3 dimensi dan tangga warna warni. Lokasinya berada sekitar 500 meter ke arah selatan dari Stasiun Kereta Api. Disini juga tersedia beberapa fasilitas umum seperti lokasi parkir, toilet, aneka kios serta pedagang minuman dan jajanan. Sementara itu, tiket masuk yang diberlakukan adalah Rp.2.000,00 per orang dengan tiket berbentuk stiker yang bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Candi Jago

article image

Image source : thejakartapost.com

Dari wisata air hingga wisata kota, kini kita mengarah pada wisata sejarah nan eksotis berbentuk candi. Menurut kitab Negarakertagama dan Pararaton, nama Candi Jago yang didirikan pada masa Kerajaan Singhasari ini berasal dari kata Jajaghu yang berarti keagungan. Candi dengan bentuk unik karena bagian atasnya hanya tersisa sebagian yang konon karena tersambar petir ini berlokasi di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kabupaten Malang. Lokasinya kurang lebih 22 kilometer dari kota Malang. Bentuk bangunannya yang bersusun, berselasar dan bergeser ke arah belakang merupakan bentuk yang umum ditemui pada banyak bangunan zaman Megalitikum yang pada umumnya digunakan sebagai tempat pemujaan arwah. Diperkirakan demikian juga maksud didirikannya Candi Jago meski memerlukan penelitian dan kajian lebih lanjut untuk membuktikannya. Fasilitas di tempat ini meliputi toilet, lahan parkir, warung/tempat makan, gazebo dan penginapan. Obyek wisata ini dibuka mulai jam 07.00 hingga 18.00, tanpa harus membayar tiket masuk, hanya perlu membayar biaya parkir saja.


Itulah tadi beberapa destinasi wisata di kota Malang dan sekitarnya selain yang berlokasi di kota Batu. Meski kamu sedang berlibur, yang perlu diingat adalah selalu menjaga stamina, dan tentunya jangan melakukan hal-hal yang merusak kelestarian dan keindahan tempat tersebut seperti misalnya membuang sampah sembarangan atau mencoret-coret dinding atau bagian lain dari lokasi wisata tersebut. Selamat menikmati liburan kamu!

Selama traveling jangan lupa membawa obat-obatan serta vitamin.

Tas Travel Obat P3K Medical First Aid Kit

article image

Beli Sekarang


Setelah puas menikmati destinasi wisata di Malang kamu bisa berkunjung ke mal-mal untuk menikmati kuliner khas Malang. Cek dulu Gotomalls.com untuk mendapatkan informasi promo dari semua merchant restoran. Makan-makan pun jadi lebih nikmat dan hemat dengan promo yang ditawarkan.

Products

Malls

Brands