Diet Sehat dan Cepat Tanpa Olahraga, Ampuh Turunkan Berat Badan

Apakah kamu sedang menjalani program penurunan berat badan? Metode apa yang kamu lakukan untuk menurunkan berat badan? Umumnya seseorang akan memilih untuk melakukan aktivitas olahraga untuk mendukung program penurunan berat badan. Namun terkadang cara ini terasa begitu sulit dan belum memberikan hasil yang signifikan, sehingga orang-orang ingin cara yang lebih mudah.

Sebenarnya ada cara ampuh menurunkan berat badan tanpa olahraga. Kamu bisa melakukan diet sehat dan beberapa tips yang bisa dicoba. Yuk simak cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga berikut ini.

Mengunyah Makanan Pelan-Pelan

article image

Image source: galamedianews.com

Langkah pertama adalah kamu harus menerapkan mindful eating dengan cara mengunyah makanan pelan-pelan. Otak perlu waktu untuk mengakses apa yang kita kerjakan. Nah, ketika makan otak harus mengakses bahwa kita sudah cukup kenyang untuk berhenti makan.

Dengan mengunyah makanan pelan-pelan akan membuat kita sadar bahwa kita sedang makan. Terkadang seseorang tidak benar-benar sadar ketika makan karena otak memikirkan hal lain seperti tugas kantor, pekerjaan rumah dan lain-lain sehingga otak pun tidak memiliki waktu untuk memproses bahwa kita sudah kenyang.

Mengunyah pelan-pelan juga akan meningkatkan rasa kenyang. Makan dengan santai merupakan salah satu cara diet sehat yang efektif dan cepat tanpa olahraga.

Mengonsumsi Banyak Protein

article image

Image source: sfidn.com

Kamu yang sedang diet wajib untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein. Alasannya karena protein berfungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang dan membantu kamu mengurangi kalori. Protein juga dapat merangsang hormon ghrelin yang menstimulasi rasa kenyang.

Kamu bisa menambahkan telur yang kaya protein untuk menu sarapan. Makan telur untuk sarapan dipercaya dapat membantu mengurangi asupan kalori untuk makan siang, bahkan sepanjang hari. Selain telur, kamu bisa mengonsumsi dada ayam, greek yoghurt, ikan dan kacang almond.

Makan dengan Piring Kecil

article image

Image source: m.brilio.net

Cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga berikutnya adalah makan dengan piring atau wadah yang kecil. Mulai sekarang coba biasakan memakai piring atau wadah berukuran kecil untuk makan terutama ketika kamu mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Piring kecil dapat membuat porsi makanan terlihat lebih banyak dan otak akan menangkap kesan tersebut. Sebaliknya, gunakan piring yang lebih besar untuk makanan yang sehat.

Perbanyak Makan Serat

article image

Image source: freepik.es

Mengonsumsi banyak serat merupakan cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga yang sudah banyak diterapkan. Makanan yang mengandung banyak serat akan membantu kita merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Cobalah untuk mengonsumsi serat kental yang dapat mempercepat penyerapan nutrisi dan memperlambat pencernaan sehingga lambung tidak cepat kosong. Serat kental yang bisa kamu konsumsi untuk diet antara lain sereal gandum, biji rami, sayuran dan kacang-kacangan.

Minum Air Putih Sebelum Makan

article image

Image source: delight-service.online

Minum air putih sebelum makan dapat membuat kita untuk makan sedikit kalori. Perlu diketahui bahwa dehidrasi dapat memicu rasa lapar karena saat dehidrasi otak kebingungan menangkap sinyal tubuh sehingga diterjemahkan sebagai rasa lapar.

Kalau kamu minum air putih sekitar 0,5 liter setidaknya 30 menit sebelum makan akan dapat mengurangi rasa lapar. Kamu pun tidak perlu makan dalam porsi besar. Namun usahakan untuk minum air putih ya, dan hindari minuman yang manis.

Cek juga artikel tentang diet dan makanan sehat lainnya di bawah ini:

Articles

Kurangi Porsi Makan

article image

Image source: health.grid.id

Jika kamu terbiasa makan dalam porsi besar, cobalah untuk mengurangi porsi makan secara perlahan. Pada awalnya mungkin kamu akan merasa kesulitan. Namun jika kamu melakukan metode diet sehat ini secara perlahan, kamu pun akan terbiasa makan dengan porsi yang lebih sedikit.

Sebaliknya makan dalam porsi justru akan mendorong kamu untuk makan lebih banyak. Maka dari itu, makanlah dengan porsi cukup sebagai salah satu cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga.

Jangan Simpan Makanan Tidak Sehat di Tempat yang Terlihat

article image

Image source: liveaderra.com

Makan camilan yang tidak sehat akan menaikkan berat badan kamu. Diet sehat dan cepat tanpa olahraga yang efektif adalah dengan cara mengurangi atau tidak mengonsumsi camilan sama sekali.

Mulai sekarang biasakanlah untuk menyimpan camilan atau makanan yang tidak sehat di tempat yang tidak terlihat. Jangan menyimpan camilan di tempat yang mudah dijangkau karena akan membuat kamu tergoda untuk memakannya. Cara efektif lainnya adalah sediakanlah ruang lebih banyak untuk sayuran dan buah-buahan di dalam lemari es.

Jangan Makan Sambil Melakukan Aktivitas Lain

article image

Image source: hellosehat.com

Jangan memikirkan hal lain atau melakukan pekerjaan lain saat makan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu tidak benar-benar sadar ketika makan karena otak sedang memikirkan hal lain. Akibatnya, tanpa sadar kamu akan makan lebih banyak karena otak lambat memproses rasa kenyang.

Jadi kamu harus menghindari makan sambil menonton televisi atau saat sedang bekerja di depan komputer. Otak yang terdistraksi saat makan akan bikin kamu mengonsumsi 25% kalori lebih banyak dibanding otak yang tidak terdistraksi.

Jaga Pola Tidur dan Hindari Stres

article image

Image source: beritagar.id

Hormon leptin yang merangsang rasa lapar dan hormon ghrelin yang menstimulasi rasa kenyang akan terganggu jika kamu kurang tidur. Sedangkan stres dapat meningkatkan hormon kortisol yang dapat mengganggu kerja hormon-hormon yang lain. Jika semua itu terganggu kamu akan sering merasa lapar dan keinginan untuk makan pun meningkat.

Aktif Bergerak

article image

Image source: parentingclub.co.id

Kalau kamu ingin membakar kalori tanpa olahraga, bergeraklah dengan aktif. Diet sehat dan cepat tanpa olahraga bukan berarti kamu tidak bergerak sama sekali. Kamu tetap harus aktif bergerak misalnya dengan mengajak anjing peliharaan jalan-jalan, melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu atau mengajak si kecil bermain.

Melakukan program penurunan berat badan jangan sampai membuat kamu menjadi malas. Sebaliknya cobalah untuk lebih aktif dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih semangat.


Itulah 10 cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa mulai secara perlahan hingga menjadi terbiasa. Selamat mencoba! Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini kamu bisa temukan ratusan info promo, diskon, kupon, dan event-event yang ada di mall.

Malls