Fans Wajib Tahu! 10 Fakta Menarik Dari Manga One Punch Man

Kalau kamu penggemar manga terutama genre action comedy pasti sudah tidak asing dengan One Punch Man. Manga yang menceritakan seorang superhero bernama Saitama ini telah mencuri perhatian penggemar karena kisah yang tak biasa dari sosok superhero.

Ternyata di balik pembuatan manga One Punch Man, terdapat beberapa fakta menarik lho! Berikut ini adalah fakta menarik dari manga One Punch Man yang wajib kamu ketahui.

1. Telah Mendapatkan Lebih dari 55 Juta Pembaca

article image

Image source: allyouranime.net

One Punch Man pertama kali dipublikasikan pada 3 Juni 2009 oleh seorang penulis dengan nama samaran ONE. Usut punya usut, ternyata One Punch Man merupakan proyek manga iseng yang dibuat oleh ONE. Namun ternyata serial komik berbasis web tersebut menjadi populer.

Tercatat One Punch Man sudah mendapatkan lebih dari 55 juta pembaca dengan rata-rata 60.000 pembaca per hari. Dengan pembaca sebanyak itu, One Punch Man bahkan disebut-sebut mampu menyaingi popularitas Dragon Ball Z karya Akira Toriyama yang sempat ngetop di Indonesia pada era 90-an.

2. Karakter Saitama Terinspirasi dari Anpanman

article image

Image source: animenewsnetwork.com

Karakter Anpanman yang dibuat sejak 1973 sangat populer di Jepang hingga sang penulis Takashi Yanase meninggal pada 2013. Kalau kamu perhatikan, karakter Saitama yang menjadi tokoh utama di One Punch Man punya kemiripan dengan karakter Anpanman. Bahkan pelafalan One Punch Man dalam bahasa Jepang adalah Wanpanman yang sekilas terdengar seperti Anpaman.

Anpanman dibuat dengan kostum merah, sarung tangan dan sepatu boot kuning. Menariknya, kalau warna kostum Anpanman dibalik maka kalian akan melihat kostum Saitama. Selain itu, karakter Saitama digambarkan dengan kepala botak sama seperti halnya Anpanman.

Kreator manga One Punch Man, ONE, berpikir sudah terlalu banyak karakter pahlawan dengan penampilan tampan dan keren. Menurut dia, kehebatan seorang pahlawan dilihat dari semangatnya, bukan dari penampilannya.

3. Nama Perfektur di Jepang

article image

Image source: japanesestation.com

Nama Saitama terdengar unik dan sempat membuat penggemar bertanya-tanya kira-kira apa arti nama Saitama itu. Ternyata ONE menyebutkan bahwa nama Saitama diambil dari nama perfektur tempat dia tinggal. Sepertinya ONE tidak mau pusing dalam pemilihan nama.

4. Parodi dari Beberapa Manga

article image

Image source: tvandmovienews.com

Manga One Punch Man merupakan parodi serial manga yang lain seperti Dragon Ball Z, Naruto hingga film superhero Hollywood. Umumnya manga di Jepang akan membuat beberapa episode bagi karakter utama untuk mengalahkan satu musuh paling kuat. Kalau kamu mengikuti serial Dragon Ball Z, kamu pasti ingat perlu beberapa episode bagi Son GoKu untuk mengalahkan musuhnya.

Namun hal sebaliknya berlaku di One Punch Man. Saitama hanya membutuhkan satu episode untuk mengalahkan musuh terkuat. Bahkan dia hanya memerlukan satu pukulan (one punch) saja untuk mengalahkan musuh.

Hal menarik lainnya, dalam komik-komik Jepang biasanya karakter utama akan berubah menjadi berambut panjang ketika mengeluarkan kekuatan penuh. Namun hal itu tidak berlaku bagi Saitama, dia tetap konsisten dengan tampilan kepala botak.

5. Tulisan 'Oppai' pada Sweater Saitama

article image

Image source: japanesestation.com

Kalau kamu perhatikan, Saitama sering memakai sweater dengan tulisan 'oppai' dengan gambar dua setengah lingkaran kecil yang menyatu dan terdapat titik di tengahnya. 'Oppai' dalam bahasa Jepang berarti payudara dan gambar yang ada di bawah tulisan itu merupakan gambar payudara yang disamarkan.

6. Memiliki Kecepatan yang Luar Biasa

article image

Image source: youtube.com

Saitama memiliki kecepatan yang tidak tertandingi. Hal tersebut dibuktikan dalam pertarungan terakhir One Punch Man season pertama melawan Boros yang merupakan musuh terkuat di serial manga tersebut. Boros memukul Saitama hingga mengempaskannya ke bulan.

Ketika berusaha kembali ke bumi, Saitama terbang dengan kecepatan yang bila dihitung dengan ilmu fisika mencapai 260.000 km per detik dan mendarat di bumi hanya dalam waktu 3 detik saja. Kecepatan Saitama tersebut menyamai kecepatan cahaya.

Hebatnya lagi, Saitama belum mengeluarkan tenaga penuh. Dia membuat bulan hancur saat mengambil ancang-ancang untuk terbang ke bumi. Luar biasa bukan, bagaimana ONE menciptakan sosok Saitama?

7. Asosiasi Pahlawan

article image

Image source: gamespot.com

Asosiasi Pahlawan atau Hero Association merupakan tribute untuk Saitama oleh sang pemilik. Diceritakan sebelum menjadi pahlawan, Saitama menyelamatkan seorang anak dari Crabman. Ternyata anak itu adalah cucu Agoni, miliuner yang mendirikan Asosiasi Pahlawan.

Agoni mendirikan Asosiasi Pahlawan setelah mendengar apa yang terjadi antara Saitama dan cucunya. Semua orang di Asosiasi Pahlawan dan Saitama tidak tahu latar belakang dibentuknya organisasi tersebut. Bagi orang-orang dalam Asosiasi Pahlawan, Saitama hanyalah seorang pahlawan kelas B.

8. Makan Sayur untuk Berhemat

article image

Image source: mariviu.com

Sebelum menjadi pahlawan, Saitama menjalani hidup yang sulit dan memiliki masalah keuangan. Ia selalu membeli sayuran untuk berhemat. Bahkan setelah bergabung dengan Asosiasi Pahlawan, Saitama masih melanjutkan kebiasaan tersebut.

Meskipun Saitama sehari-hari hanya makan sayuran, ternyata dia menyukai kentang goreng. Dalam sebuah episode spesial, Genos mengikuti Saitama pergi ke restoran untuk makan malam. Ketika mengikuti Saitama, Genos jadi tahu fakta kalau Saitama lebih suka kentang goreng yang panjang dibanding kentang goreng yang pendek dan renyah. Penting banget enggak sih, fakta ini?

9. Latihan Berat Saitama

article image

Image source: youtube.com

Genos bertanya pada Saitama tentang metode latihan yang menjadikan dirinya memiliki kekuatan super. Saitama menjelaskan bahwa dia menjalani menu latihan yang terdiri dari berlari 10 kilometer, 100 kali sit up, 100 kali push up dan 100 kali squad selama tiga tahun. Saitama juga mengatakan bahwa ia melakukan menu latihan tersebut setiap hari walaupun dia sedang sakit.

10. Saitama Penggemar Komik

article image

Image source: anime.stackexchange.com

Saitama menyukai komik dan hal tersebut terlihat jelas di rak belakang kamarnya. Ia sering membaca komik saat senggang. Apabila diperhatikan, ada manga yang berkaitan dengan seri ciptaan ONE yang lain, yakni Mob Psycho 100.
ONE sering memasukkan easter egg dari Mob Psycho 100 sepanjang dua musim anime maupun di manga. Salah satu yang paling kentara adalah ketika Saitama mengenakan pakaian dengan tulisan 'Mob Psycho 100000'.


Nah itulah 10 fakta menarik dari manga One Punch Man yang wajib kamu ketahui. Dengan berbagai hal konyol yang melekat pada karakter Saitama, tentu membuat penggemar menjadi terhibur dan ketagihan mengikuti serial One Punch Man. Kalau kamu belum membaca manga One Punch Man, coba deh untuk mengikuti serial action comedy yang unik ini.

Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan info-info menarik seputar gaya hidup dan hiburan lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: modapkdl.io