Jangan Ngaku Pecinta Film Horor Kalau Belum Tonton 10 Film Terseram Ini

Film horor masih menjadi salah satu tontonan favorit banyak orang, terutama untuk para pecinta film horor. Di samping adegan-adegan yang memicu adrenalin, alur cerita menegangkan dan sulit ditebak juga sering menjadi alasan bagi banyak orang untuk menonton film horor. Film horor bisa berupa fiksi atau ada pula yang diadaptasi berdasarkan kejadian nyata. Jika filmnya mengisahkan kejadian sungguhan, hal itu akan membuat suatu film semakin menarik untuk ditonton. Pembawaan label "Based on True Story" ini memang terbukti ampuh untuk menambah daya tarik sebuah film!

Kalau kamu merasa pecinta film horor sejati, sebaiknya kamu jangan melewatkan 10 film di bawah ini! Mulai dari “The Amityville Horror” sampai “Ju-On” yang namanya sudah begitu legendaris!

1. The Amityville Horror (1979)

Film ini diadaptasi dari kisah nyata keluarga Lutz yang tinggal di sebuah rumah di Amityville, New York. Di rumah itu, mereka sering mendapat teror dari makhluk-makhluk astral yang menghuni bangunan rumah tersebut dan mereka pun meminta pertolongan kepada sepasang suami istri yang merupakan praktisi spiritual terkenal, yaitu Ed dan Lorraine Warren. Tetapi, sesuatu yang tak disangka-sangka justru terjadi setelahnya.

2. The Conjuring (2013)

Film horor yang cukup fenomenal pada masanya ini juga melibatkan Ed dan Lorraine. “The Conjuring” mengisahkan tentang sebuah keluarga yang baru pindah ke sebuah rumah besar yang berada di Pulau Rhode. Tapi kepindahan mereka malah mengusik para penghuni tak kasat mata di rumah tersebut, akhirnya mereka mulai mendapat banyak gangguan-gangguan aneh dan berujung pada peristiwa yang nyaris mencelakakan nyawa para anggota keluarga itu.

3. The Exorcist (1973)

Dalam kebudayaan barat terdapat suatu permainan pemanggilan makhluk astral bernama Ouija, mirip seperti permainan Jailangkung di Indonesia. Film ini berawal dari seorang anak bernama Robbie yang iseng bermain Ouija. Tetapi, akibat dari keisengannya tersebut, Robbie mulai sering kesurupan, bahkan ia harus dirawat di rumah sakit jiwa, karena orang-orang menganggap Robbie mengalami gangguan jiwa. Apa yang dialami Robbie pun sempat diwartakan dalam harian The Washington Post pada tahun 1949.

4. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

Ed adalah seorang pria yang memiliki gangguan kejiwaan, ia pernah membunuh ibu dan istrinya sendiri lalu merawat jasadnya selayaknya orang yang masih hidup. Pasca kejadian itu, kondisi kejiwaan Ed semakin tak terkendali. Dia pun mulai berkeliaran untuk menculik orang, membunuh, dan memutilasi mayatnya. Sosok Ed digambarkan memakai topeng yang terbuat dari kulit wajah korbannya dengan sebuah gergaji mesin yang dia gunakan untuk membunuh.

5. The Exorcism of Emily Rose (2005)

Film ini diilhami dari kisah nyata seorang gadis yang berasal dari keluarga religius. Gadis ini sering mengalami kejang tanpa sebab yang pasti. Orang tuanya sudah menempuh berbagai cara untuk menyembuhkan anak mereka, tapi hasilnya nihil. Seiring berjalannya waktu, penyebab dibalik penyakit kejang itu pun mulai terungkap. Gadis ini ternyata mengalami gangguan dari roh jahat. Dia dirasuki berbagai sosok mulai dari Lucifer, Judas Iscariot, sampai Hitler!

Baca juga artikel lainnya tentang film di bawah ini.

Articles

6. The Haunting in Connecticut (2009)

Selain “The Amityville Horror” dan “The Conjuring”, kisah dalam “The Haunting in Connecticut” juga merupakan salah satu pengalaman Ed dan Lorraine Waren lainnya, ketika mereka melakukan pengusiran roh jahat di sebuah rumah di Connecticut, Amerika. Rumah yang ditinggali oleh seorang ibu dan anaknya itu sering terjadi gangguan-gangguan makhluk halus. Setelah ditelusuri, ternyata rumah itu dulunya pernah dihuni oleh seseorang yang sering melakukan ritual-ritual terlarang.

7. Danur (2017)

“Danur” diadaptasi dari Novel karya Risa Saraswati yang berjudul “Gerbang Dialog Danur”. Film ini mengisahkan salah satu pengalaman hidup Risa yang merupakan seorang indigo, yang memungkinkannya mampu melihat dan berinteraksi dengan makhluk astral. Di sepanjang film penonton akan menemukan berbagai macam sosok makhluk astral, mulai dari yang pendiam sampai makhluk-makhluk pengganggu.

8. Shutter (2004)

Sosok-sosok hantu dalam film horor Asia memang terkenal sangat menyeramkan, termasuk film horor asal Thailand seperti “Shutter”. Film ini menceritakan kejadian-kejadian mengerikan yang dialami seorang fotografer bernama Tun setelah menabrak seorang gadis dan melarikan diri. Pasca kejadian itu, Tun mulai mengalami gangguan-gangguan aneh, mulai dari hasil jepretannya yang selalu gagal dan berbayang hingga kematian tak wajar yang dialami teman-temannya.

9. Pengabdi Setan (2017)

Kemunculan “Pengabdi Setan” pada 2017 silam telah sukses mengembalikan kejayaan film horor Indonesia yang sempat padam setelah sekian lama. Kesuksesan film remake ini tak lepas dari peran Joko Anwar dalam mengemas film yang pertama kali muncul pada tahun 1982 ini. Tidak seperti kebanyakan film horor Indonesia yang bernuansa sensual, “Pengabdi Setan” justru menghadirkan unsur horor dalam balutan nilai agama seperti dalam film-film horor Indonesia tempo dulu. “Pengabdi Setan” yang dirilis pada 2017 ini juga kembali mengisahkan tentang sebuah keluarga yang mengalami kejadian-kejadian mengerikan pasca meninggalnya sang ibunda, yang ternyata pernah terlibat dalam sekte pemujaan setan.

10. Ju-On : The Grudge (2004)

Film ini berawal dari kisah seorang gadis bernama Rika saat ia mendapat tugas kantor untuk mengunjungi sebuah rumah di Kota Tokunaga. Tetapi, selama Rika berada di rumah itu, ia menemukan ada banyak kejanggalan. Tak banyak dialog antar karakter dalam film “Ju-On: The Grudge”. Secara keseluruhan, film ini berfokus pada rumah tua yang dihuni oleh sosok-sosok misterius. “Ju-On The Grudge” juga merupakan salah satu film horor yang paling ikonik dan legendaris, sampai-sampai film ini sempat dibuat versi Hollywood-nya. Tapi sayangnya, Ju-On versi Hollywood tidak sesukses film originalnya.


Demikian 10 film horor yang terkenal seram dan sangat menegangkan! Mana kah yang sudah pernah kamu tonton? Cek film-film terbaru lainnya di bioskop-bioskop terdekat di kotamu.Akses Gotomalls.com, aplikasi berbasis website yang memberikan informasi terlengkap seputar promo diskon, kupon, dan event-event di mall-mall terbaik Tanah Air.

Malls

Brands

featured image source: broadway.com