7 Game Buatan Indonesia Populer dan Sukses Hingga Mendunia

Dunia gaming saat ini benar-benar pesat, sudah banyak game-game yang bermunculan dan selalu baru setiap tahunnya. Bahkan tak hanya dipenuhi dengan developer luar negeri, banyak developer Indonesia juga yang turut mengambil bagian dalam industri game. Tak mengherankan jika game-game yang ada di Indonesia ini semakin berkualitas dan bahkan populer hingga mendunia. Nah berikut ini beberapa game buatan Indonesia yang sukses dan terkenal hingga ke berbagai negara.

Infectonator: Survivors

article image

Image source: armorgames.com

Sesuai dengan namanya, Infectonator merupakan monster penyerang yang berusaha menginfeksi siapa pun yang menjadi lawannya. Jadi dalam game buatan Indonesia ini menggunakan strategi dan pertempuran yang akan sangat menentukan kemenangan. Game infector zombie ini tidak kalah menariknya dari game Plant Versus Zombie yang cukup terkenal itu. Game ini memiliki penggemar sendiri terutama bagi para gamer yang menyukai pertempuran dan melawan kejahatan.

Dreadout

article image

Image source: urbandigital.id

Bagi kamu penggemar game bertema horor, mungkin akan sangat menyukai game Indonesia yang satu ini. Game ini hadir dengan menampilkan nuansa horor yang benar-benar khas Indonesia, membuat siapa pun yang bermain tentunya akan merasa menegangkan. Game Buatan Indonesia ini booming hingga ke berbagai penjuru dunia setelah dimainkan olah gamer populer dalam konten Youtube PewDiePie. Game yang dikembangkan developer Digital Happiness ini cukup sukses mendunia dengan menghadirkan karakter bernama Linda dan menggunakan kamera video digital yang digunakan untuk berinteraksi bersama dengan berbagai hantu-hantu khas Indonesia. Grafis yang bagus serta ceritanya yang menarik memang membuat game yang satu ini sangat layak diapresiasi.

Football Saga

article image

Image source: gcube.id

Game android buatan Indonesia yang juga sukses mendunia adalah Footbal Saga. Game sepakbola memang punya penggemar tersendiri bahkan tak tanggung-tanggung di Indonesia sudah banyak penggemar game yang satu ini. Sama seperti permainan sepak bola pada umumnya, pemain harus bisa mengatur strategi dalam permainan sepak bola mulai dari pergantian pemain, transfer pemain, hingga mengatur formasi tim. Game yang satu ini patut dibanggakan karena telah diunduh hingga ratusan ribu pengunduh hanya dalam waktu sepekan saja.

Akan lebih seru jika kamu bermain game dengan menggunakan earphone gaming khusus.

Earphone Gaming Plextone G20

article image

Beli Sekarang

Sage Fusion

article image

Image source: id.techinasia.com

Game RPG yang bertema fiksi sains ini telah dirilis pada tahun 2012 silam dan menjadi salah satu game kebanggaan dari Indonesia. permainan ini dirancang Yohan Alexander dan Yusdi Saliman bersama pula dengan komposer musik Tony Sugianto. Kemudian dikembangkan bersama Kidalang untuk dirilis pada iOS dan Blackberry 10. Game yang satu ini berhasil mendunia karena gameplay yang cukup unik dengan plot cerita yang cukup bagus. Sage Fusion bisa dimainkan gratis dengan kualitas dan grafik yang patut diacungi jempol. Bahkan saking suksesnya, Kidalang telah merilis Sage Fusion season kedua dan berhasil menjuarai Tizen App Challenge serta membawa pulang hadiah senilai 2.8 Milyar Rupiah.

Save The Hamster

article image

Image source: app4smart.com

Game buatan Indonesia kali ini diciptakan Team Solitude Studio dan berhasil mengalahkan game-game dari berbagai negara lainnya dalam kompetisi Microsoft Imagine Cup 2013 dan memenangkan game terbaik. Save The Hamster ini mempunyai jalan cerita yang cukup sederhana, pemain harus berhasil memandu empat ekor hamster yang tersesat, caranya adalah dengan menyelesaikan puzzle yang tersedia dan perhitungan matematis. Meskipun sederhana, namun game ini memang cukup menarik dan adiktif untuk dimainkan.

Game Tahu Bulat

article image

Image source: medcom.id

Mungkin game yang satu ini menjadi yang paling populer dalam daftar game buatan Indonesia terbaik. Bahkan rasanya tak ada orang Indonesia yang tidak mengenal game yang satu ini. Mengusung konsep reality game, yang mana game ini menampilkan aktivitas manusia dalam kesehariannya yaitu berjual beli. Tema lokal yang digunakan dalam game ini memang menawarkan sisi yang menarik dibandingkan sederetan game yang lebih menggunakan gaya kekinian. Apalagi nama tahu bulat memang jadi makanan yang cukup populer di Indonesia.
Dibalik kepopulerannya, Game Tahu Bulat ini berhasil menyabet berbagai gelar dunia, seperti Game of The Year dalam kompetisi Game Prime Awards 2016 serta Guilty Plaeasure dalam ajang Internasional Mobile Game Awards SEA 2016. Meskipun simpel, namun game ini memiliki banyak hal menarik yang mengesankan Indonesia “banget”.

Ghost Parade

article image

Image source: today.line.me

Satu lagi game horor lainnya buatan Indonesia yang sukses dan populer hingga mendunia adalah Ghost Parade. Karena buatan Indonesia, tak heran jika pemain utama dalam game ini memang hantu-hantu khas Indonesia. Jika biasanya karakter hantu yang jadi pemeran antagonis, namun berbeda dalam permainan yang satu ini. Ghost Parade menceritakan hantu-hantu yang berasal dari berbagai wilayah yang ada di Nusantara membantu Suri, toko utama dalam permainan untuk bisa kembali lagi ke rumah.

Game side scrolling 2D ini pun mengangkat musik tradisional serta memadukan antara gending Banyuwangi dan berbagai alunan musik Nusantara untuk dijadikan latar. Kesuksesan Game Horor ini membawanya hingga ke pasar internasional setelah dirilis Penerbit Internasional Aksys Game di dalam acara Anime Expo yang diselenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat.


Game buatan Indonesia memang patut dibanggakan saat ini karena tak kalah dari game-game yang diproduksi negara lainnya. Jadi, sudah sepantasnya sebagai warga Indonesia, kita mengapresiasi karya anak negeri dan memainkannya sebagai bentuk dukungan.

Products

Mau promo smartphone Android? Cari saja promonya di GoToMalls.com! GoToMalls memberikaan informasi lengkap mengenai promo diskon, kupon, dan event-event terbaru yang sedang diadakan di mall-mall terbaik Tanah Air.

Brands

Malls

Featured image source: malasi.co.id