Game Terpopuler di Indonesia

Kemajuan teknologi masa kini membuat pertumbuhan game online semakin cepat. Terutama di Indonesia. Orang banyak memanfaatkan waktu luang untuk bermain game lewat ponsel pintarnya. Terlebih saat ini kualitas handphone semakin bagus jadi semakin puas juga pengguna bergumul dengan bermainnya.

Saking pesatnya perkembangan game mobile, awal tahun lalu We Are Social and Hootsuite merilis perkembangan dan tren game mobile di Indonesia. Dari data tersebut munculnya beberapa nama game yang paling banyak diunduh dan begitu populer di Indonesia.

We Are Social and Hootsuite membagi laporan berjudul Digital 2021 dalam daftar 3 jenis kategori. Jumlah pengguna aktif perbulan, game paling banyak diunduh, dan game dengan pendapatan in-app purchase tertinggi. Dan berikut ini adalah daftar game terpopuler di Indonesia per tahun 2020.

1. Mobile Legend: Bang Bang

article image

Image source: bola.com

Bukan hal baru jika Mobile Legend: Bang Bang jadi game paling populer. Tidak hanya di Indonesia, di Asia pun penggemar game besutan Moonton ini sangat banyak. Dari yang awalnya hanya muncul dengan grafis sederhana, kini Mobile Legend berkembang dan sukses melengkapi permainannya dengan suguhan yang luar biasa.

Di Android sendiri, MOBA memiliki peringkat 4,1 dari 5, total diunduh sudah sebanyak 1 miliar kali. Sungguh angka yang fantastis bukan. Kini MOBA menawarkan fitur yang lebih menarik dan beragam hero beserta skin yang membuat betah penggemarnya.

2. Worms Zone

article image

Image source: hitekno.com

Game cacing, iya game yang dulu bisa kita mainkan di hp lawas sekarang sudah bertransformasi dengan begitu canggihnya. Permainan ini menawarkan pengalaman ngegame lebih menarik dengan desain yang memanjakan mata.

Tidak salah jika game cacing ini sudah didownload lebih dari 50 juta kali hingga mendapatkan rating 4,4 dari 5 di Play Store. Ini sudah bukan game kaleng-kaleng. Kepopulerannya sudah berhasil mengalahkan Sliter.io.

3. PUBG Mobile

article image

Image source: liputan6.com

Adalah rival dari Mobile Legend: Bang Bang yang juga melegenda di dunia gamers. Akhir-akhir ini game battle royale malah semakin populer. Benar, PUBG adalah pengembangan game versi PC, meski begitu versi mobilenya juga tak kalah memanjakan mata.

Setidaknya hingga akhir 2020, PUBG sudah diunduh sebanyak 600 juta kali di Play Store.

4. Among Us

article image

Image source: blibli.com

Game yang sempat viral di Twitter ini juga masuk dalam kategori terfavorit. Game ini mengandalkan strategi dan mungkin sedikit kelicikan, namun sangat seru jika dimainkan bersama teman-teman.

Sejak pertama kali muncul hingga kini, Among Us sudah diunduh sebanyak 100 juta kali pengguna Play Store.

5. Hago

article image

Image source: mrfdn.com

Berbeda dengan kelima game sebelumnya, Hago bisa dibilang seperti galeri game karena di dalamnya memuat berbagai mini game unik dan sederhana. Mau memainkannya sendiri maupun bareng teman pun bisa.

6. Free Fire

article image

Image source: kabargame.com

Seperti halnya Mobile Legend dan PUBG, Free Fire juga menawarkan aksi permainan battle royale yang menyenangkan. Ini adalah saingan terberat PUBG Mobile karena cara main dan gameplay-nya hampir sama.

Setidaknya Free Fire dinilai lebih ramah terhadap ponsel yang memiliki spesifikasi kecil. Main rasanya cepat tanpa lemot. Pantas saja sudah pernah terinstal sebanyak 500 juta kali.

7. Call of Duty: Mobile

article image

Image source: blackxperience.com

Sebagai rival PUBG, Call of Duty hadir menawarkan tampilan yang tak kalah menarik. Bedanya sebelum main multiplayer kamu terlebih dahulu harus memilih peran.

8. Minecraft Pocket Edition

article image

Image source: hybrid.co.id

Sekilas mirip Lego, Minecraft ternyata dikembangkan oleh Mojang Studio 10 sejak 10 tahun lalu dan kini sudah dimainkan setidaknya 95 juta pengguna.

Di dalam game tersebut pemain harus bertahan hidup dengan membangun camp mereka. Pemain juga punya otoritas untuk mengambil alih bangunan, hewan, manusia, dan makanan yang ada.

9. Clash of Clans

article image

Image source: uptodown.com

COC bukanlah game baru, namun demikian kepopulerannya masih terjaga hingga sekarang. Game bangun membangun memang butuh kesabaran dan imajinasi. Jika hasilnya menarik pasti bikin puas dan ingin main lagi.

10. Candy Crush Saga

article image

Image source: microsoft.com

Memang game ini termasuk game paling sederhana dibandingkan 9 game sebelumnya. Tapi peminatnya ternyata masih banyak lho!


Bahkan hingga kini belum ada yang pernah menyentuh puncak levelnya. Entah ada berapa ribu level lagi di atas yang jelas popularitas game “menata batu” begitu melegenda. Sampai-sampai yang memainkannya tidak hanya dari kalangan anak-anak saja, orang dewasa juga banyak yang tergila-gila.

Malls

Articles