5 Games Untuk Acara Gathering Keluarga

Acara kumpul keluarga apalagi keluarga besar memang menyenangkan, tetapi kerap kali tidak ada kegiatan yang membuat semuanya terlibat di dalamnya dan sering kali hanya menjadi acara mengobrol bersama, itu pun kemungkinan hanya dengan beberapa orang anggota keluarga yang dekat dengan kita. Anggota keluarga jauh atau mungkin memang memiliki domisili yang jauh sehingga jarang ikut kumpul bersama cenderung merasa asing atau tidak terlalu akrab, bahkan kadang memisahkan diri. Lalu sebaiknya diisi kegiatan apa ya sehingga semuanya turut terlibat dan mempererat tali persaudaraan? Bermain game sepertinya merupakan pilihan yang tepat. Kegiatan ini juga sangat cocok diselenggarakan ketika ada kumpul keluarga. Inilah 5 rekomendasi games (permainan) seru untuk acara gathering keluarga.

Truth Or Lie

article image

Image source : pinterest.com

Kamu harus membagikan kertas kepada para peserta, lalu beri pengarahan agar mereka menulis 2 kebenaran dan 1 kebohongan dalam kertas tersebut, mengenai diri mereka masing-masing. Setelah itu, ambil masing-masing kertas dan tukarkan dengan kertas milik orang lain. Setiap anggota tidak boleh mendapatkan kertas mereka sendiri. Lalu minta anggota untuk menebak di antara yang tertulis itu, manakah satu hal yang merupakan kebohongan. Yang perlu diingat, data kebohongan dan kejujuran harus dibuat agak mirip sehingga orang akan sulit membedakan mana yang benar dan mana kebohongan. Peserta yang pandai bergaul dan mengenal hampir semua pribadi yang datang maka ia tidak akan menemui kesulitan dalam menebak.

Jenga

article image

Image source : pinterest.com

Yang satu ini merupakan permainan menyusun balok kayu mungil yang dalam bahasa Swahili artinya adalah membangun. Diperlukan kurang lebih 54 balok kayu persegi panjang disusun secara vertikal menjadi 18 tingkat. Setiap peserta harus mengambil satu balok dari balok-balok yang telah tersusun untuk dipindahkan pada bagian atas susunan balok, tetapi tidak diperbolehkan menghancurkan atau merobohkan susunan balok yang telah terbangun. Setiap peserta memiliki kewajiban untuk memindahkan balok tersebut, dan jika ada yang gagal sehingga susunan berantakan, maka ia wajib untuk menyusunnya kembali.

The Trust Walk

article image

Image source : youtube.com

Diperlukan dua orang peserta untuk masing-masing kelompok dan buat kelompok sesuai jumlah peserta yang ada. Salah satu peserta dari masing-masing kelompok harus ditutup matanya sementara rekan lain memberikan instruksi dan menuntunnya ke arah tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pemenangnya adalah yang mampu mencapai tujuan dengan tepat dan paling cepat. Games ini dapat bermanfaat untuk melatih kekompakan, dan kepercayaan. Keseruan akan tercipta tatkala masing-masing peserta yang ditutup matanya menabrak peserta yang lain.

Ikuti Gerakan

article image

Image source : centralmaine.com

Jika peserta gathering cukup banyak, maka permainan satu ini bisa dimainkan. Pertama-tama, kumpulkan seluruh peserta dalam satu barisan. Pilihlah satu orang peserta untuk memulai permainan dengan cara membuat sebuah gerakan atau tarian, dan sebaiknya pilih gerakan yang tidak terlalu sulit. Ikuti dan pelajari gerakan mudah ini, lalu berlanjut ke peserta lain untuk membuat gerakan baru sehingga gerakan yang tadi harus dilanjutkan dengan gerakan baru berikutnya. Kombinasikan semua gerakan yang telah dibuat oleh masing-masing peserta lalu praktikkan secara keseluruhan bersama-sama. Apabila ada yang salah dalam melakukan gerakan maka ia harus dihukum. Games ini pastinya seru dan mengundang tawa ya!

Charades

article image

Image source : theautismhelper.com

Game satu ini akan menimbulkan keseruan dan tawa serta memancing kreativitas pesertanya. Diskusikan seseorang peserta yang mempunyai tugas pertama untuk memulai permainan memperagakan gaya. Kemudian yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah kertas dan kemudian tuliskan beberapa hal yang nanti akan diperagakan oleh peserta tadi seperti misalnya beberapa nama artis, benda, atau profesi tertentu.

Hanya satu peserta tersebut yang tahu tulisan yang tertera, sementara peserta yang lain harus menebak kira-kira apa atau siapa yang diperagakan oleh satu peserta tadi. Jika ada yang bisa menjawab maka peserta yang berhasil menjawab tadi yang selanjutnya harus memperagakan gaya dari sesuatu atau seseorang yang tertulis pada kertas dan terus berlanjut ke peserta lain. Permainan ini umumnya akan menjadi ramai dan seru kala para peserta memperagakan gaya-gaya yang lucu.


Lima permainan di atas, bisa dilakukan di dalam ruangan atau indoor. Jika permainan dilakukan di outdoor maka kamu dapat memilih beberapa permainan seru lain seperti misalnya permainan Ranjau Darat dengan meletakkan bendera warna-warni yang dianggap sebagai ranjau sehingga tidak boleh diinjak, Stick Transfer dengan memindahkan stick dari peserta satu ke peserta lain dengan menggunakan bahu atau leher, Tangkai Sapu Ajaib yang lagi-lagi memberi kesempatan lebih saling mengenal antar peserta dengan menampilkan gaya menggunakan tangkai sapu, dan masih banyak yang lain.

Mudah dan tampak mengasyikkan bukan? Anak-anak menyenanginya sementara orang tua merasa terhibur. Dengan cara seperti ini tidak ada alasan untuk seluruh anggota keluarga terlibat sehingga meskipun family gathering tidak sering dilakukan tetapi tetap berkesan di hati dan siapa tahu kedekatan dan keharmonisan tetap dapat dipertahankan dengan cara seperti ini. Cara simpel untuk mendapatkan kenangan yang mengesankan.

Baca juga artikel tentang game atau permainan lainnya.

Articles

Jangan lupa akses GoToMalls, aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Jangan lupa cek-cek promo terbaru dari Gotomalls, setelah puas bermain game bersama keluarga, kamu bisa mengajak makan-makan di mal dengan promo yang menarik. Kumpul keluarga jadi lebih hemat dan menyenangkan.